Sponsors Link

29 Manfaat Tanaman Hias Secara Umum

Sponsors Link

Tanaman hias memiliki berbagai macam manfaat yang belum diketahui oleh banyak orang. Yang mereka tahu hanyalah tanaman hias memiliki manfaat untuk membuat halaman rumah dan rumah menjadi lebih cantik. Selain itu banyak yang tidak tahu apa saja manfaat tanaman hias di dalam kehidupan ini. Tanaman hias memiliki berbagai macam manfaat, tidak hanya sebagai penghias ruangan dan halaman rumah saja. Namun bisa bermanfaat bagi kesehatan, kecantikan dan tentunya lingkungan. Manfaat dari tanaman hias tidak boleh dianggap remeh.

Pengertian

Tanaman hias merupakan sekelompok tanaman yang berfungsi untuk memperindah ruangan dan halaman rumah. Selain itu tanaman hias dengan jenis tertentu memiliki fungsi tertentu. Tanaman disebut sebagai penghias dikarenakan bentuk, warna dan coraknya yang indah. Berbeda dengan corak dari tanaman biasa.

Manfaat Tanaman Hias Untuk Kesehatan

Manfaat tanaman hias salah satunya untuk kesehatan. Jika kita meletakkan tanaman hias di dalam rumah kita, banyak keuntungan yang akan kita peroleh. Keuntungan tersebut adalah sebagai berikut ini :

  1. Mengurangi Debu Dalam Ruangan

Tanaman hias jika diletakkan di dalam ruangan dia bisa berfungsi sebagai pengurang debu di dalam ruangan. Alasannya adalah sebagai berikut ini :

  • Tanaman hias menciptakan kelembaban.
  • Kelembaban tersebut bisa mengurangi jumlah debu yang ada di dalam ruangan.
  • Kelembaban juga bisa menyerap debu yang ada di dalam ruangan.
  1. Tidak Membuat Mengantuk

Jika anda tidak ingin cepat mengantuk, duduklah di dekat tanaman hias. Anda tidak akan mudah mengantuk. Alasannya adalah sebagai berikut ini :

  • Tingginya kadar karbondioksida atau CO2 di dalam ruangan bisa membuat kantuk, lelah dan lesu.
  • Adanya tanaman hias di dalam ruangan bisa menyerap CO2 di dalam ruangan tersebut dikarenakan tanaman hias juga akan melakukan fotosintesis.
  • Fotosintesis akan menyerap karbondioksida sehingga karbondioksida menjadi hilang dan tidak menyebabkan kantuk.
  1. Menyegarkan Ruangan

Ruangan yang segar juga akan ditimbulkan dan diciptakan dengan adanya tanaman hias. Hal itu dikarenakan saat tanaman hias melakukan proses fotosintesis, dia akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Ruangan yang memiliki banyak oksigen akan terasa lebih menyejukkan dan menyegarkan dibandingkan dengan ruangan yang penuh dengan karbondioksida. Ruangan segar lebih sehat untuk pernafasan.

  1. Mengatasi Stress

Tanaman hias juga bisa dijadikan sebagi penghilang stress. Hal itu disebabkan oleh tanaman hias yang memiliki corak, bentuk dan beraneka warna yang indah akan membuat mata menjadi segar. Tidak hanya itu saja produksi oksigen yang banyak juga bisa menyegarkan badan dan pikiran. Sehingga saat mata, badan dan pikiran segar kembali. Stress akan teratasi.

  1. Mengatasi Migrain

Banyak orang yang terserang migrain yaitu sakit kepala sebelah. Banyak faktor yang bisa menyebabkan migrain, salah satunya adalah tingginya kadar karbondioksida. Karbondioksida bisa dinetralisir dengan tanaman hias yang ada di dalam ruangan. Jika karbondioksida jumlahnya menurun atau bahkan hilang, migrain yang diderita pun akan membaik.

  1. Mengobati Batuk

Batuk bisa disembuhkan dengan tanaman hias jenis tertentu. Tanaman hias yang bermanfaat untuk menghilangkan batuk adalah jenis eucalyptus. Tanaman hias tersebut bisa melegakan sistem pernafasan dengan membuang dahak di dalam tenggorokan.

  1. Meredakan Hidung Mampet

Hidung mampet merupakan salah satu jenis tanda akan terjadinya influensa. Sama halnya dengan batuk, hidung mampet bisa diredakan dengan tanaman eucalyptus. Setelah menghirup aroma eucalyptus tersebut, hidung yang mampet pun akan lega kembali.

  1. Membunuh Bakteri

Tanaman dengan jenis eucalyptus bermanfaat untuk membunuh bakteri karena sifatnya sebagai antiseptik alami. Saat anda pusing karena flue dan batuk , hiruplah aroma dari bunga ini. Sakit kepala diakibatkan oleh flu akan mereda sedikit demi sedikit.

  1. Sebagai Aroma Terapi

Jenis tanaman hias dengan jenis tertentu ada yang berfungsi sebagai aroma terapi dikarenakan harumnya yang menawan. Dengan aroma terapi yang dikeluarkan, bisa menimbulkan efek tenang dan menimbulkan rasa segar. Orang juga bisa melakukan relaksasi menggunakan tanaman hias tersebut. Tanaman hias yang bisa berfungsi sebagai aroma terapi adalah jenis lavender.

  1. Obat Keluarga

Ada jenis tanaman hias yang selain berfungsi sebagai penghias lahan rumah namun juga berfungsi sebagai tanaman obat keluarga. Tanaman itu adalah jahe, lengkuas, kunyit dan masih banya lagi lainnya.

Baca juga : Manfaat apotek hidup

  1. Menumbuhkan Nafsu Makan

Fungsi tanaman hias lainnya adalah menumbuhkan nafsu makan. Tanaman kunyit bisa dipercaya sebagai penambah nafsu makan bagi anak-anak. Ada juga tanaman hias yang berfungsi sebagai penyedap masakan yaitu daun pandan.

  1. Menyehatkan Mata

Tanaman hias dengan jenis mawar merah bermanfaat untuk menyehatkan mata. Mata panda yang disebabkan oleh kelelahan dan kurang tidur bisa dikurangi dengan air rendaman bunga mawar. Radang mata juga bisa diatasi menggunakan air mawar. Caranya adalah dengan meneteskan air rendaman bunga mawar sebanyak 2-3 tetes, lalu tutup mata selama dua menit.

Baik untuk mata:

  1. Merapatkan Miss V

Air mawar untuk wanita sangat bermanfaat sekali, selain untuk merapatkan miss v. Air mawar juga berguna untuk mengharumkan miss v. Caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Campurkan bunga mawar menggunakan air hangat
  • Rendam selama 15 menit.
  • Cucilah miss v menggunakan air rendaman tersebut. Lakukan selama seminggu tiga kali.
  1. Mengatasi Bengkak Di Telapak Kaki

Bunga mawar bisa bermanfaat untuk mengatasi bengkak di telapak kaki. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus bunga mawar menggunakan 600 ml air kemudian minum air rebusaanya. Lakukan sehari dua kali.

Cara herbal mengatasi bengkak lainnya:

  1. Menurunkan Tekanan Darah Dan Kolesterol

Tanaman hias bunga mawar bermanfaat untuk kesehatan menurunkan hipertensi dan kolesterol tinggi. Bagian bunga mawar yang bermanfaat untuk menurunkan hipertensi dan kolesterol adalah bagian bijinya.

Baik untuk kolesterol :

  1. Manfaat Kesehatan Dalam Tanaman Hias Bunga Pagoda

Bunga pagoda merupakan bunga dengan warna merah yang segar. Bunganya kecil-kecil, di Bali bunga ini dikenal dengan senggugu. Batang bunganya ditumbuhi dengan rambut halus. Bunga ini termasuk ke dalam tanaman hias yang memiliki berbagai macam fungsi kesehatan. Fungsinya adalah sebagai berikut ini :

  • Akar dari bunga ini memiliki rasa pahit namun memiliki fungsi untuk meredakan radang, peluruhan air kemih, menghilangkan bengkak dan penyakit pembekuan darah. Akarnya juga berkhasiat untuk meredakan sakit pinggang, rematik, TBC, wasir dan juga batuk berdarah.
  • Daun dari bunga ini memiliki rasa manis dan asam. Sangat berkhasiat untuk mengobati bisul, koreng dan juka luka memar. Caranya hanya dengan meremas dan menghancurkan bagian daun kemudian ditempelkan pada bagian yang terkena bisul, koreng dan memar.
  • Bagian bunga sendiri bermanfaat untuk penambah hemoeglobin, pereda keputihan dan juga insomnia.
  1. Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Hias Jengger Ayam

Jengger AyamJengger ayam merupakan bunga dengan bentuk mirip jengger ayam. Warnanya pun juga seperti jengger ayam jago sehingga disebut dengan jengger ayam. Bunga ini sering digunakan sebagai tanaman hias outdoor. Tanaman ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Tanaman jengger ayam memiliki lemak, kemfreritfin, amaranthin dan juga pinitol.  Kandungan itu mengakibatkan rasa dari tanaman jengger ayam adalah manis. Rasa manisnya berkhasiat untuk anti radang, memberhentikan pendarahan, mengatasi keputihan dan juga membuat penglihatan lebih terang.
  • Bunga jengger ayam bermanfaat untuk obat mimisan, wasir, muntah darah dan juga batuk berdarah.
  1. Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Hias Bunga Melati

Siapa yang tidak kenal dengan bunga melati. Harum dan warnanya yang mempesona membuat siapapun suka dengan bunga ini. Bunga melati selain sebagai penghias halaman dan ruangan juga bermanfaat untuk kesehatan. Manfaatnya adalah sebagai berikut ini :

  • Bunga melati memiliki kandungan asam format, asam benzoat, asam asetat, asam salicylat dan berbagai macam kandungan yang lainnya. Kandungan tersebut membuat bunga melati memiliki rasa pedas, manis dan juga beracun. Bunganya bermanfaat untuk mengobati radang mata yang berwarna merah, mengatasi sengatan lebah/serangga dan juga mengobati sesak nafas.
  • Bagian daunnya bermanfaat untuk menghentikan produksi ASI yang berlebih.
  • Bagian akar bermanfaat untuk meredakan bengkak akibat gigitan binatang buas dan mengatasi insomnia.
  1. Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Hias Kembang Sore

kembang soreKembang sore merupakan tanaman hias yang sangat unik. Dinamakan kembang sore karena tanaman tersebut hanya akan mekar saat sore hari. Selain memiliki bunga yang cantik dan wangi. Tanaman hias kembang sore memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Hampir semua bagian dari bunga ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Manfaat kesehatan dari bunga ini adalah :

  • Mengatasi sakit gigi dan juga gusi bengkak. Ketika sakit ini anda bisa memanfaatkan bagian daunnya. Direbus sampai mendidih, air rebusan yang masih hangat digunakan untuk berkumur.
  • Mengatasi anak cacingan. Caranya adalah menumbuk biji kembang sore sampai halus, digulung seperti gulungan rokok kemudian dibakar. Asapnya ditiupkan di dubur sang anak.
  • Obat herbal untuk rematik. Cara penggunaanya sangat mudah yaitu dengan menggunakan rebusan air bunga kembang sore. Kemudian dipakai untuk mandi.
  • Mengobati kencing batu. Cara pengobatannya adalah dengan merebus bunga kembang sore untuk digunakan berendam.
  • TBC ringan. TBC dalam tahap ringan juga bisa diatasi dengan bunga kembang sore. Caranya adalah dengan mencampurkan 30 gram bagian akar, 30 gram akar lez asprelia, 15 gram mahoni kemudian direbus. Saring dan kemudian diminum saat dingin. Minum tiga kali sehari.
  • Meredakan radang telinga. Radang telinga bisa menyebabkan kualitas pendengaran seseorang menurun. Cara pengobatan dengan tanaman hias ini adalah dengan mengambil 60 gram bunga kembang sore yang masih segar. Kemudian direbus dan diminum.
  • Mengecilkan bisul. Bunga kembang sore bisa digunakan untuk mengobati bisul. Caranya adalah ambil satu buah dari biji kering bunga kembang sore. Ditumbuk sampai halus lalu diseduh menggunakan 1 cangkir air panas. Minum selagi hangat.
  • Mengobati ambeien. Caranya adalah dengan mengambil akar 150 gram akar kembang sore. Direbus sampai air rebusannya mengental. Minum air rebusannya.
  1. Melancarkan Pencernaan

Tanaman hias lidah buaya memiliki serat yang tinggi, terutama dibagian lendirnya. Cocok untuk digunakan pembuatan nata de coco lidah buaya. Nata de coco lidah buaya kaya akan serat sehingga bisa melancarkan pencernaan.

Manfaat Tanaman Hias Untuk Lingkungan

Tanaman hias bermanfaat bagi lingkungan rumah dan sekitarnya. Tidak hanya sebagai penghias ruangan saja, namun tanaman hias memiliki manfaat yang lainnya. Manfaatnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mengurangi Suara Bising

Bagi anda yang memiliki rumah tepat di pinggir jalan, ada baiknya anda menanam tanaman hias untuk meredam bising. Suara bising bisa dihasilkan dari suara kendaraan bermotor dan juga aktivitas beberapa orang yang lewat di jalan tersebut. Tanaman semak dan rumput bisa meredam bising dikarenakan sifatnya seperti karpet kedap suara.

  1. Penyejuk Ruangan Alami

Tanaman hias dengan jenis rambat bisa mendinginkan dan menyejukkan ruangan secara alami. Jika tanaman hias tersebut anda rambatkan ke tembok, tanaman hias itu bisa menghindari sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Dengan begitu suasana rumah menjadi dingin dan sejuk sebab jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan tidak terlalu banyak.

  1. Menyimpan Cadangan Air
sponsored links

Sama halnya dengan tanaman yang lainnya, tanaman hias bisa bermanfaat untuk menyimpan cadangan air hujan yang turun ke atas permukaan bumi. Lahan rumah yang tidak ditumbuhi tanaman akan terlihat kering dan juga gersang. Selain itu jumlah air tanahnya lebih sedikit dibandingkan dengan lahan yang ada tanamannya.

  1. Memperindah Ruangan

Bunga hias akan memperindah ruangan khususnyta ruang tamu. Gunakanlah tanaman yang masih berakar, jangan menggunakan tanaman yang sudah dipotong. Selain membunuh tanaman, bunga itu akan mudah layu.

Manfaat Tanaman Hias Untuk Kecantikan

Tanaman hias tidak hanya berguna untuk kesehatan dan lingkungan saja. Namun ada tanaman hias yang berfungsi sebagai kecantikan. Manfaat tanaman hias untuk kecantikan adalah sebagai berikut ini :

  1. Penghilang Jerawat

Tanaman hias bunga mawar bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di muka. Banyak pembersih dan susu pembersih yang menggunakan air mawar sebagai bahan dasarnya. Air mawar tinggi akan antioksidan dan bisa membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

  1. Melembabkan Kulit

Tanaman hias jika diletakkan di dalam ruangan akan membuat suhu ruangan menjadi lembab. Akibatnya adalah kulit tidak menjadi kering karena berada di tempat yang lembab. Tanaman hias dengan jenis bunga mawar juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Hal itu dikarenakan air mawar bisa menjaga kadar keasaman kulit sehingga ph kulit menjadi seimbang.

  1. Menyehatkan Rambut

Air mawar dari tanaman hias bunga mawar bermanfaat untuk kesehatan rambut dikarenakan mengandung penyejuk alami. Hal itu jika digunakan untuk membilas atau mencuci rambut, bisa melembabkan rambut. Rambut yang lembab akan terhindar dari kerusakan berupa rambut kering, rontok, mudah patah dan pecah-pecah.

Baik untuk rambut :

  1. Menghilangkan Flek Hitam Pada Kulit

Tanaman hias yang bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam adalah tanaman lidah buaya. Manfaatkan lendir lidah buaya, kemudian oleskan pada wajah yang ada flek hitamnya. Flek hitam akan segera menghilang.

  1. Menyuburkan Rambut Dan Menyehatkan Bulu Mata

Lidah buaya bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan juga menyehatkan bulu mata. Caranya adalah ambil lendirnya, kemudian oleskan pada rambut dan bulu mata.

Sudah terbukti bukan betapa besarnya manfaat tanaman hias yang anda pelihara, tidak ada ruginya merawat tanaman hias untuk berbagai keperluan sehari-hari kita.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 30th, March 2015 / 07:10 Oleh :
Kategori : Tumbuhan