Sponsors Link

12 Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Manfaat berjalan kaki oleh sebagian orang sering disepelekan sehingga tidak sedikit orang dimasa modern ini yang meninggalkannya. Berbagai faktor juga membuat orang semakin meninggalkan kebiasaan jalan kaki yaitu banyaknya kendaraan ibu kota yang penggunaannya semakin banyak. Seperti yang kita ketahui, jumlah kendaraan bermotor yang membludak di ibukota merupakan salah satu penyebab jarangnya kita melihat orang berjalan kaki saat menuju sekolah atau pun ke kantor.

manfaat jalan kakiManfaat berjalan kaki saat berangkat memulai aktivitas di pagi hari seperti ke kantor ataupun ke sekolah bisa bermanfaat untuk kesehatan. Jalan kaki bisa merupakan jenis olahraga yang sangat praktis, tanpa disadari berjalan kaki ke sekolah merupakan kegiatan olahraga yang memiliki manfaat seperti manfaat berenang. Tentu saja ada banyak manfaat yang tersimpan dari berjalan kaki ini, seperti berikut :

1. Mencegah Osteoporosis

Jenis penyakit tulang yang banyak terjadi pada para lansia ini terjadi karena massa tulang yang rendah serta  mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Pencegahan tulang keropos ini tidak hanya diperoleh dari kalsium pada  susu, namun harus diimbangi dengan gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya sekitar 15 menit sehari setiap hari.

2. Kesehatan Jantung

Berjalan kaki akan membuat tekanan darah berkurang yang mengurangi pelengketan antarsel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Pada saat berjalan kaki tubuh menjadi bergerak sehingga kolesterol baik (HDL) yang menyerap kolesterol jahat (LDL) mengalami peningkatan yang mampu menyehatkan jantung.

3. Menjaga kebugaran

Berjalan kaki setiap hari saat berangkat ke kantor akan menjaga kebugaran tubuh selama beraktivitas. Berjalan kaki 3 kali dalam seminggu mampu meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernapasan secara signifikan.

4. Meningkatkan Sistem Pernafasan

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga santai yang dapat dilakukan siapa saja. Aktivitas ini dapat membuat sistem pernafasan lebih lancar dan lebih kuat tentunya. Dengan berjalan kaki setiap hari anda dapat membantu nafas anda lebih panjang.

sponsored links

5. Menjaga Kestabilan tekanan darah

Proses metabolisme dalam tubuh juga dapat dibantu dengan berjalan kaki, dengan metabolisme tubuh yang lancar maka anda dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi maka ada baiknya anda mulai melakukan jalan kaki secara rutin di pagi hari.

6. Mencegah dimensia

Dimensia merupakan penyakit yang ditandai dengan menurunnya fungsi otak yang kebanyakan menyerang orang tua. Studi dan penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit dimensia ini dapat dicegah dengan melakukan jalan kaki secara rutin di berbagai kesempatan. Setidaknya ia dapat mengurangi risiko dimensia sebanyak 40%.

7. Fondasi Untuk Hidup Sehat

Jalan kaki secara rutin adalah fondasi yang kuat bagi setiap orang dalam menjalankan hidup sehat. Tidak heran beberapa produk susu menyarankan dan mengalakkan program 10.000 langkah setiap hari untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai kelainan & penyakit tulang.

8. Meningkatkan Sistem Imun

Dengan berjalan kaki anda sudah melakukan effort yang cukup untuk memberikan sistem imun yang lebih kuat pada tubuh. Keringat dan lancarnya metabolisme tubuh akan membantu imunitas tubuh agar tidak terserang dari berbagai penyakit berbahaya.

9, Meningkatkan vitamin D di Tubuh

sponsored links
Vitamin d dalam tubuh dapat diperoleh dari berbagai sumber, selain dari makanan, sinar matahari pagi merupakan sumber yang paling penting untuk membentuk vitamin D. Berjalan kaki akan otomatis memberikan tubuh sinar matahari yang cukup jika dilakukan di luar ruangan, yang artinya meningkatkan nutrisi vitamin D dalam tubuh anda. (Baca : Manfaat vitamin D)

10. Tidur lebih nyenyak

Jika anda melakukan jalan kaki 30 menit di setiap pagi hari, ini akan membantu dalam kenyenyakan tidur anda di malam hari. Sama seperti olahraga pada umumnya, jalan kaki akan sangat membantu metabolisme dan memberikan efek nyaman pada saat tidur nantinya.

Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas

Jika berjalan kaki saat berangkat ke kantor tidak mungkin bisa anda lakukan tapi jangan khawatir berjalan kaki tanpa alas disekitar halaman rumah bisa menjadi alternatif olahraga yang  baik, berikut ini manfaatnya :

11. Refleksi

Berjalan dipekarangan rumah denga diselingi lari kecil tanpa alas bisa menjadi yoga gratis. Kerikil-kerikil, batuan kecil yang terinjak bisa merangsang titik refleks kaki. Awalnya terasa sakit namun, bisa jadi pertanda baik untuk penyembuhan penyakit yang berada dalam tubuh

12. Yoga kaki

Berjalan kaki tanpa alas bisa memperkuat oto-otot, ligamen dalam, pergelangan kaki dan betis. Ini membantu mencegah cedera, ketegangan lutut, dan masalah punggung. Jalan bertelanjang kaki juga akan mengaktifkan kerja otot tertentu yang membantu menjaga postur tubuh dan keseimbangan badan. Otot ini tak aktif ketika mengenakan sepatu.

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh manusia memang cukup tinggi, salah satunya adalah untuk melatih jantung agar tetap sehat. Usahakan jalan kaki setiap hari tidak kurang dari 10 ribu langkah untuk membuat anda hidup sehat jangka panjang.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:32 Oleh :
Kategori : Olahraga