Sponsors Link

10 Manfaat Daun Ciplukan Untuk Pengobatan

Sponsors Link

Daun ciplukan yang biasanya hanya dikenal sebagai tanaman kecil, ternyata menyimpan sangat banyak manfaat yang perlu untuk diketahui. Bagi yang ingin mengetahui apa saja khasiat yang dikandung oleh daun ciplukan, berikut ini merupakan 10 manfaat daun ciplukan untuk pengobatan.

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Pengobatan Penyakit Ringan

manfaat daun ciplukan1. Dapat Mengobati Flu

Salah satu manfaat dari daun ciplukan karena khasiatnya yang dapat mengobati seseorang yang sedang terserang flu. Cara pembuatan obatnya pun tidaklah suit yaitu :

  • Potong-potong daun ciplukan hingga menjadi beberapa bagian
  • Kemudian rebus dengan air sampai mendidih
  • Minum air rebusannya, hingga sembuh

 

2. Obat Radang Tenggorokan

Tak hanya dapat mengobati flu biasa, namun daun ciplukan bahkan dapat menjadi obat untuk radang tenggorokan yang kerap kali menyerang anak-anak ataupun dewasa. Cukup dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan ini untuk meredakan radang tenggrokan secara alami. Khasiat untuk mengatasi radang tenggorokan ini, dapat juga ditemui pada :

3. Mengobati Pertusis

Daun ciplukan pun terbukti dapat menjadi obat bagi yang mengalami batuk rejan atau pertusis. Kandungan dalam daun ciplukan dapat meredakan batuk ini secara alami secara bertahap, namun tidak kembali lagi.

4. Mengobati Gondongan

Daun ciplukan juga memiliki manfaat untuk meredakan radang, hingga yang menyebabkan mengurangi nyeri seperti gondongan. Gondongan adalah kondisi dimana bagian kelenjar di bawah leher, mengalami pembengkakan. Ketika mengalami gondongan akan terasa nyeri, kemudian secara alami dapat dikurangi dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan.

5. Obat Untuk Bisulan

Sebagai anti radang yang sangat berkhasiat, daun ciplukan pun dapat digunakan untuk mengobati bisulan pada kulit. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan air rebusan daun ciplukan ke bisul yang sedang meradang. Namun pastian tangan anda dalam keadaan bersih.

6. Mempercepat Pengeringan Borok

Bagi yang menderita sakit borok pun dapat diatasi dengan daun ciplukan. Hanya dengan menumbuk daun ciplukan dengan alu, kemudian oleskan pada borok yang sedang meradang. Borok yang sedang dialami dapat semakin cepat mengering. Selain daun ciplukan, khasiat penyembuhan luka ini dapat ditemui pada :

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Pengobatan Penyakit Berat

sponsored links

7. Mengobati Kencing Manis

Manfaat lain yang dapat Anda rasakan dari daun ciplukan ialah karena khasiatnya yang dapat mengobati kencing manis. Penderita kencing manis hanya perlu meminum rebusan daun ciplukan secara rutin agar penyakit kencing manis dapat segera hilang. Tanaman herbal lain yang dapat mengatasi kencing manis ini seperti :

8. Mengurangi Penyakit Paru-Paru Basah

Khasiat daun ciplukan juga sangat besar bagi yang menderita penyakit paru-paru basah. Terutama air rebusan daun ciplukan yang dikonsumsi secara teratur, dapat mengurangi masalah kesehatan ini.

9. Mengurangi resiko Terjadinya Epilepsi

Bahkan, air rebusan daun ciplukan pun dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit epilepsi. Kemudian bagi yang memiliki penyakit tersebut, kemungkinan akan mengurangi kekambuhan penyakit epilepsi yang diderita.

10. Meredakan Gangguan Kelenjar Getah Bening

Apabila pernah mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, maka sangat disarankan untuk meminum air rebusan daun ciplukan secara rutin. Namun meminum air rebusan tanaman seperti daun ciplukan ini, harus diseimbangi dengan asupan manfaat air putih.

Untuk mendapatkan manfaat daun ciplukan ini, harus mengikuti saran penyajiannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Konsultasikan hal tersebut dengan dokter, untuk mendapatkan dosis yang tepat dan seimbang.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 03rd, February 2015 / 03:15 Oleh :
Kategori : Tumbuhan