5 Manfaat Tuak Lontar Untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki harta berlimpah dalam jenis tumbuhan yang dapat hidup dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Dengan kondisi tumbuhan yang melimpah tersebut maka banyak sekali ditemukan manfaat yang positif dari sebuah tumbuhan bagi kesehatan baik itu sayuran, buah, empon empon, umbi, kacang kacangan, dan berbagai hal lainnya. Melimpahnya tumbuhan juga menjadikan negara kita sebagai salah satu yang paling banyak penggunaan obat herbal atau tradisionalnya.

Penggunaan tumbuhan atau tanaman tertentu memang masih menjadi salah satu warisan nenek moyang yang meskipun di era modern ini sudah tidak banyak yang menjalaninya tapi tetap saja beberapa diantaranya masih diamnfaatkan terutama di daerah pedesaan. Salah satu bentuk hasil bumi yang mungkin belum banyak diketahui manfaatnya adalah tuak lontar yang banyak berasal dari daerah tuban maupun gresik di jawa timur. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat tuak lontar dalam penjelasan di bawah ini.

Mengenal Lebih Detail Mengenai Tuak Lontar

Tuak merupakan salah satu jenis olahan dari buah lontar atau siwalan yang dijadikan sebagai salah satu minuman khas daerah gresik dan tuban atau pesisir utara jawa timur. Buah lontar atau siwalan sendiri merupakan buah yang berasal dari pohon lontar yang menyerupai pohon kelapa. Bentuk buahnya mirip dengan kolang kaling berwarna putih bening dengan tekstur buah yang lembut seperti buah kelapa. Buah lontar atau siwalan tersebut dapat dimakan langsung dan cairan yang keluar dari tangkai tandan bunga yang dipotong akan diolah menjadi tuak.

Tuak sendiri merupakan minuman yang memiliki kandungan alkohol dan banyak digemari oleh masyarakat dimana buah lontar tersebut tumbuh subur.  Proses pengolahan tuak berlangsung cukup panjang yang diawali dengan proses penyadapan air dari tanaman siwalan tersebut. Air hasil sadapan tersebut akan dicampur dengan kulit pohon sebagai bahan yang membantu proses fermentasi sehingga menghasilan minuman yang disebut tuak. Adanya proses fermentasi tersebutlah yang menjadikan tuak memiliki kandugan alkohol dan menjadikan beberapa manfaat air nira berkurang dan hilang.

Beberapa orang mungkin akan sedikit kebingungan ketika membedakan tuak dengan minuman lain yang berasal juga dari air sadapan pohon siwalan tersebut yakni legen. Legen dan tuak memiliki perbedaan pada prosesnya yakni jika tuak dicampur bahan tambahan fermentasi maka legen diolah dan dibiarkan berfermentasi sendiri sehingga kadar alkoholnya sangat kecil. Untuk membedakan tuak dan legen maka dapat dilakukan dengan cara merasakannya, tuak akan memiliki rasa yang panas ditengorokan dan mengarah ke rasa pahit sedangkan legen manis.

Manfaat Tuak Lontar

Minuman tuak lontar tentu tidak hanya dimanfaatkan sebagai minuman biasa namun berkembang dengan berbagai manfaatnya yang dipercaya oleh masyarakat. Berikut beberapa manfaat tuak lontar dalam penjelasan yang diantaranya seperti :

  1. Menghangatkan tubuh

Salah satu manfaat dari konsumsi tuak lontar yang mengandung alkohol adalah membantu menghangatkan tubuh. Manfaat tersebut sering digunakan untuk menemani para kaum pria yang sedang bergadang untuk berbagai tujuan. Bagi mereka yang tidak biasa mengkonsumsi minuman dengan kandungan alkohol maka dapat memabukkan. Rasanya yang kurang enak menjadikan setiap orang yang ingin memanfaatkan tuak sebagai penghangat tubuh tentu akan mengkonsumsinya sedikit demi sedikit dan perlahan seperti halnya manfaat wine.

  1. Membantu menenangkan tubuh

Manfaat tuak lontar lainnya adalah membantu untuk memberikan efek ketenangan pada orang yang sedang mengalami kondisi stres. Kandungan alkohol yang terdapat di dalam tuak tersebut dapat menstimulus dan memberikan sifat relaksan serta mampu menenangkan pikiran. Bukan hanya menenangkan, tuak juga dapat membantu mengusir stres yang cukup kuat namun sesaat.


  1. Mengatasi sariawan

Meskipun memiliki kandungan alkohol, tuak juga mengandung beberapa nutris penting bagi tubuh yang salah satunya adalah vitamin C. Kandungan alkohol dan vitamin C yang terdapat di dalam tuak tersebut dapat membantu dalam mengatasi kondisi sariawan. Mengatasi sariawan juga bis dengan menggunakan manfaat adem sari.

  1. Mengatasi permasalahan pada pencernaan

Selain alkohol, tuak juga memiliki kandungan nutrisi lain yang dapat digunakan untuk membantu memberikan manfaat tertentu bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari tuak lontar yang dapat berdampak positif bagi kesehatan adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi permasalahan yang sering muncul seperti contohnya sembelit.

  1. Manfaat lainnya

Selain beberapa manfaat yang disebutkan tersebut, ada beberapa dampak positif lain dari tuak lontar yang juga merupakan manfaat air legen yang perlu diketahui yakni membantu menurunkan demam, mengatasi diabetes, menyehatkan tulang, dan beberapa manfaat lain yang tidak secara langsung berhubungan dengan kesehatan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat tuak lontar untuk kesehatan yang perlu diketahui. Meskipun ada beberapa manfaatnya, kandungan alkohol pada tuak lontar dapat memicu berbagai macam masalah pisikis maupun fisik yang terjadi akibat banyaknya alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan alkohol pada tuak lontar harus benar benar dijelaskan pada mereka yang muslim karena menurut islam alkohol merupakan salah satu bahan yang dianggpa haram.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman