8 Manfaat Rebusan Kayu Manis dan Cengkeh Untuk Penyakit dan Pernafasan

Dari sebuah studi yang baru baru ini dilakukan membuktikan jika manfaat rebusan kayu manis dan cengkeh memiliki banyak kegunaan untuk tubuh khususnya menyembuhkan penyakit. Dalam kayu manis memiliki beberapa jenis vitamin dan mineral seperti vitamin B1, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B12, vitamin B6, kalium, natrium, kalsium, magnesium dan zat besi. Sedangkan dalam cengkeh juga mengandung banyak nutrisi tidak kalah dengan kayu manis seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin B12, vitamin B16, magnesium, protein, kalium, natrium, zat besi dan juga serat. Dengan begitu banyak kandungan mineral dan vitamin dalam 2 jenis tempah ini, maka ada begitu banyak juga khasiat yang bisa anda dapatkan dengan cara mengkonsumsi air rebusan tersebut secara teratur seperti yang akan kami ulas berikut ini.

  1. Meningkatkan Fungsi Insulin

Air rebusan kayu manis dan cengkeh sangat baik dikonsumsi karena bisa meningkatkan fungsi insulin sekaligus menurunkan kadar trigliserida dan glukosa. Dengan meningkatnya fungsi insulin, maka air rebusan ini menjadi salah satu solusi terbaik yang harus dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Membantu Proses Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi air rebusan kayu manis dan cengkeh juga sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena dalam air rebusan ini bisa mengurangi kadar gula darah sehingga jumlah lemak yang tersimpan dalam tubuh akan dikurangi. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa minum 2 cangkir air rebusan ini saat pagi dan sore hari.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Teh atau air rebusan kayu manis dan cengkeh juga sangat baik bagi sistem pencernaan. Kedua rempah ini sangat ampuh untuk mengurangi gas dalam perut, mencegah mual dan muntah sekaligus solusi diare terbaik. Selain itu, air rebusan herbal ini juga bisa merangsang produksi air liur serta asam lambung serta mencegah peradangan pada usus.

  1. Mencegah Haid Tidak Teratur

Minum air rebusan ini juga menjadi salah satu obat rumahan bagus untuk mengatur siklus haid karena bersifat antikoagulan. Kombinasi kayu manis dan cengkeh akan mengatasi masalah haid terlambat sekaligus mengurangi rasa sakit selama masa menstruasi sehingga sangat disarankan untuk diminum para wanita karena kemampuannya dalam mencegah terbentuknya ateroma dan trombi yang bisa menghambat aliran darah.

  1. Menyembuhkan Flu

Saat sedang musim hujan, maka air rebusan ini menjadi salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi sebab mengandung antibiotik yang bisa menurunkan demam, mengurangi radang, solusi batuk, memberi kelegaan pada sakit kepala dan migrain sekaligus menjadi minuman yang nikmat.

  1. Menyembuhan Sakit Gigi dan Gusi

Dalam kayu manis dan cengkeh sama sama memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik digunakan untuk meredakan pembengkakan gusi, memutihkan gigi, mengatasi sakit gigi dan berbagai gangguan mulut lainnya. Selain bisa diminum dengan teratur, air rebusan ini juga bisa dijadikan obat berkumur untuk mengatasi segala masalah yang terjadi dalam mulut.


  1. Mengatasi Infeksi Sinus

Sinus juga bisa diatasi dengan minum 1 cangkir air rebusan kayu manis dan cengkeh khususnya saat pagi hari sehingga infeksi bisa segera diatasi sekaligus melegakan gejala yang ditimbulkan dari sinus. Selain itu, kandungan eugenol dan sumber antioksidan dalam cengkeh merupakan agen ekspektoran yang sangat kuat untuk membersihkan dahak serta sesak sekaligus memberikan kehangatan pada area tersebut.

  1. Menurunkan Demam

Rebusan kayu manis dan cengkeh juga tinggi akan kandungan magnesium dan beberapa jenis vitamin sehingga menjadi minuman yang tinggi akan nutrisi. Air rebusan ini akan bertindak sebagai antipiretik sehingga bisa menurunkan suhu tubuh saat demam, mengatasi lelah sekaligus meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

Manfaat rebusan kayu manis dan cengkeh sudah terbukti memiliki banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengatasi berbagai penyakit khususnya yang berhubungan dengan bakteri, virus dan juga kuman. Saran terbaik untuk mengkonsumsi air rebusan ini adalah saat pagi hari dan juga sore hari dengan teratur.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal