12 Manfaat Pir Singo untuk Kesehatan Pencernaan dan Berat Badan

Mengkonsumsi buah-buahan secara teratur memberikan banyak sekali manfaat dan salah satu buah yang mengandung banyak sekali manfaat kesehatan adalah pir singo. Apa itu pir singo? Tentunya Anda sudah sangat familiar dengan buah pir pada umumnya yang berbentuk unik seperti kendi, tapi pir singo memiliki bentuk lebih mirip buah apel, berwarna kuning keemasan, berukuran agak lebih besar serta memiliki lebih banyak kandungan air. Lalu apa manfaat pir singo untuk kesehatan?

Manfaat Pir Singo untuk Kesehatan

Secara umum semua buah-buahan baik untuk kesehatan namun ternyata pir singo menyimpan banyak sekali manfaat kesehatan yang tidak banyak orang tahu. Dari segi rasa memang tidak jauh berbeda dengan pir pada umumnya namun memang pir singo mengandung lebih banyak kandungan air. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa manfaat utama pir singo yang wajib Anda ketahui.

  1. Kaya Kandungan Serat

Salah satu manfaat pir singo adalah kaya akan kandungan seratnya. Hanya dengan mengkonsumsi satu pir singo berukuran sedang Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan harian serat Anda sampai 15%.

  1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Sudah merupakan rahasia umum bahwa semua makanan yang kaya akan kandungan serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu sistem pencernaan mengolah makanan yang dikonsumsi sehingga kinerja usus terbantu dan nutrisi dapat dihasilkan secara maksimal sementara zat-zat sisa akan diikat oleh serat untuk dikeluarkan dari sistem metabolisme.

  1. Mengatasi Masalah Konstipasi Secara Alami

Jika Anda sering sekali mengalami masalah konstipasi atau sembelit cobalah untuk mengkonsumsi buah pir singo secara rutin dijamin masalah konstipasi atau sembelit dapat diatasi secara alami tanpa perlu menggunakan obat-obatan yang justru memiliki banyak efek samping untuk kesehatan.

  1. Kaya Kandungan Antioksidan

Antioksidan pada buah pir singo sangatlah baik untuk kesehatan secara umum karena dapat menangkan radikal bebas dan pengaruh buruk yang bisa ditimbulkan seperti penyakit kanker ataupun penyakit jantung.

  1. Membantu Mencegah Kanker Usus

Salah satu kunci mencegah kanker usus adalah mengkonsumsi makanan sehat yang kaya serat sehingga kinerja usus dapat optimal. Kandungan antioksidannya juga akan memastikan sel-sel pada usus besar dapat terus beregenerasi dan mencegah oksidasi.

  1. Dapat Membantu Mengatasi Dehidrasi

Kandungan air pada pir singo sangatlah banyak sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang mengalami dehidrasi. Pir singo bisa dikonsumsi langsung tapi juga lebih segar untuk dibuat jus karena kandungan airnya yang banyak serta rasanya yang manis sehingga tidak perlu ditambah pemanis tambahan.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral dan salah satunya adalah pir singo yang kaya akan kandungan vitamin C.

  1. Mengandung Vitamin C yang Sangat Tinggi

Vitamin C sangat baik untuk kesehatan kulit karena membantu mengoptimalkan produksi kolagen yang membantu menjaga kekencangan dan keremajaan kulit. Selain itu vitamin C juga membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

  1. Baik untuk Kesehatan Mata

Tak hanya kandungan vitamin C ternyata pir singo juga mengandung beberapa zat akfit yang ternyata baik untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi pir singo secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit katarak ketika memasuki usia lanjut.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tentunya Anda sudah tahu bahwa buah seperti pir singo yang kaya akan serat, mineral penting serta vitamin yang dibutuhkan tubuh tentunya juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

  1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan mineral pada pir singo dapat membantu menurunkan kadar kolesterol begitu juga kadar seratnya yang tinggi. Serat pada pir singo akan mengikat kelebihan kolesterol jahat dalam sistem pencernaan untuk selanjutnya dibuang keluar dari sistem metabolisme tubuh hanya meninggalkan kolesterol baik yang berguna untuk tubuh.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang dalam proses penurunan berat badan mengkonsumsi pir singo sangatlah disarankan. Seratnya yang tinggi serta kandungan airnya yang banyak akan membantu Anda cepat kenyang sehingga akan mengurangi nafsu Anda untuk ngemil. Selain itu rasanya yang manis dan segar bisa menjadi pengganti cemilan sehat kapanpun Anda merasa ingin makan tanpa takut berat badan akan bertambah.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi buah pir singo secara teratur setiap hari dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan karena buah ini rendah kalori serta kaya akan kandungan antioksidan. Perlu diingat sama halnya dengan buah apel, kandungan serat yang paling banyak ditemukan pada bagian kulitnya sehingga penting bagi Anda untuk memilih buah organik sebagai buah pilihan untuk keluarga karena buah pir singo lebih baik dikonsumsi bersama dengan kulitnya namun demikian proses mencucinya juga harus diperhatikan yaitu menggunakan air mengalir, digosok sampai bersih agar terbebas dari berbagai macam kontaminasi yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan