10 Manfaat Penelitian Kualitatif Serta Kelemahannya

Jika Anda seorang pelajar atau mahasiswa pasti tidak terlepas dari yang namanya penelitian. Namun jenis metode penelitian seperti apa yang paling cocok dengan objek studi Anda penentuannya sangat penting untuk dilakukan. Secara umum terdapat dua metode penelitian yaitu kualitatif dan kuantitatif. Lalu apa yang membedakan kedua metode penelitian tersebut?

Metode Kualitatif dan Kuantitatif

Secara umum metode kualitatif dan kuantitatif memeliki perbedaan yang sangat mendasar dimana dari hasil atau tujuan penelitian, metode kualitatif lebih menekankan pada hipotesa, catatan observasi, dokumen yang biasanya berbentuk penjelasan yang sangat mendalam (depth analysis) terhadap suatu objek penelitian sementara penelitian kuantitatif hasil yang didapat biasanya berupa data angka, perhitungan, peta atau sejenisnya.

Manfaat Penelitian Kualitatif

Bicara soal manfaat kedua metode penelitian tersebut memiliki manfaat yang sama yaitu menghasilkan penelitian dengan hasil atau data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Namun secara spesifik berikut adalah manfaat penelitian kualitatif yang perlu diketahui, mungkin saja metode inilah yang paling tepat dengan jenis penelitian yang saat ini sedang Anda lakukan.

  1. Digunakan Untuk Pengembangan Teori

Ada banyak sekali teori-teori yang belum terpecahkan sepenuhnya. Penggunaan metode kualitatif dapat menjadi pengembangan baru terhadap teori-teori tersebut. Hasilnya bisa saja berupa pengungkapan atau bahkan temuan baru.

  1. Penelitian Kualitatif Menghasilkan Hipotesa yang Lebih Rinci

Salah satu fokus penelitian kualitatif adalah pada prosesnya dimana penelitian ini akan menghasilkan hasil penelitian berbentuk deskripsi dan analisa setiap kegiatan atau prosesnya secara rinci sehingga memang lebih mudah dipahami.

  1. Bermanfaat Bagi Perumusan Kebijakan

Manfaat penelitian kualitatif yang lain adalah bisa juga dimanfaatkan untuk membantu perumusan kebijakan. Lewat manfaat mempelajari budaya politik dan ekonomi, penelitian kualitatif bisa menunjukkan adanya urgency terhadap isu-isu politik dan ekonomi yang sedang beredar sehingga berpengaruh terhadap kebijakan yang harus dibuat.

  1. Penelitian Kualitatif Dapat Dimanfaatkan Sebagai Pemberian Solusi atau Kritik

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya penelitian kualitatif sangat dekat dengan pemecahan masalah dari isu-isu yang sedang hangat jadi bisa dimanfaatkan sebagai pemberi solusi dan kritik yang valid.

  1. Memiliki Cakupan Penelitian yang Sangat Luas

Cakupan penelitian kualitatif sangat luas karena tak terbatas pada hitungan tapi kebanyakan membahas isu sosial yang bersifat fenomonologi, etnografi yang berhubungan dengan budaya atau manfaat antropologi, studi kasus untuk masalah-masalah yang lebih terperinci, pengembangan teori dasar serta penggalian sejarah.

  1. Bisa Menjadi Sumber Beberapa Studi Kasus

Disebutkan pada poin lima dimana penelitian kualitatif bisa dimanfaatkan untuk memperdalam suatu studi kasus. Pada prosesnya, metode penelitian kualitatif akan banyak sekali menemukan kasus-kasus yang terkait dengan objek penelitian. Kasus-kasus tersebut bisa dijadikan studi lanjutan untuk mengembangkan penelitian sebelumnya ataupun berdiri sendiri.

  1. Menghasilkan Penelitian yang Lebih Mendalam

Dibandingkan dengan penelitian kuantitatif yang berfokus pada angka dan statistis, penelitian kualitatif akan menghasilkan penelitian yang lebih mendalam karena disajikan dalam bentuk hipotesa dan deskripsi yang rinci.

  1. Bersifat Deskriptif Analitik

Ada banyak sekali manfaat laporan observasi dan proses penelitian kualitatif mulai dari wawancara, pengamatan, analisis, dokumentasi semuanya erat kaitannya dengan observasi yang hasil obervasinya lebih banyak berupa catatan atau pemaparan sehingga tak hanya terpaku pada angka-angka.

  1. Penelitian Kualitatif Memiliki Sifat yang Fleksibel

Tentu saja karena cakupan penelitian yang luas serta bersifat deskriptif analitik penelitian kualitatif jadinya bersifat fleksibel dimana peneliti bisa dengan bebas membawa penelitiannya ke tujuan yang ingin dicapai tentunya sesuai dengan data yang didapat dari proses penelitian.

  1. Hasilnya Bisa Disajikan dengan Sistematis, Jelas dan Terperinci

Salah satu manfaat penelitian kualitatif yang paling mendasar adalah bahwa hasil penelitian akan disajikan dalam bentuk yang sistematis, jelas dan terperinci karena berbentuk deskripsi dan uraian.

Kelemahan Penelitian Kualitatif

Disamping manfaat penelitian kualitatif, sebelum Anda memutuskan apakah objek penelitian Anda membutuhkan metode ini, penting juga untuk mencari tahu kelemahan dari metode penelitian ini.

  • Sejauh ini penelitian kualitatif sangatlah bergantung dengan kemampuan si peneliti. Semakin baik kemampuan si peneliti dalam mengamati, mengambil data, membuat hipotesa dan menulis penelitian maka semakin baik pula hasil penelitiannya. Namun sebaliknya jika peneliti tidak memiliki kemampuan yang baik maka hasil penelitiannya juga akan mengikuti.
  • Dibandingkan dengan penelitian kuantitatif, belum ada standar khusus apakah suatu penelitian kualitatif dianggap valid atau tidak karena hasil penelitian yang memberikan manfaat hipotesis atau penjelasan terpirinci. Satu-satunya jalan untuk menentukan hasil penelitian tersebut valid atau tidaknya adalah dengan melakukan pengujian lanjutan terhadap hasil penelitian.
  • Penelitian kualitatif juga sangat bergantung dengan objek penelitiannya dan narasumber. Dengan kata lain jika terjadi perubahan perilaku atau narasumber yang tidak jujur maka dapat berpengaruh juga terhadap kevalidan hasil penelitian.

Terlepas dari itu semua kelemahan yang disebutkan di atas manfaat penelitian kualitatif dalam bidang akademis sangatlah penting karena dibandingkan dengan penelitian kuantitatif yang bersifat khusus dan terperinci, penelitian kualitatif justru menghasilkan banyak sekali objek atau kasus penelitian baru yang bisa dikembangkan menjadi suatu penelitian baru.