Manfaat Orangutan Bagi Kehidupan Manusia

manfaat orangutanSiapa tak mengenal orangutan? Pasti semua mengenal salah satu spesies hewan yang saat ini sudah berada pada ambang kepunahan. Hal ini dibuktikan dari data statistik yang menunjukkan bahwa populasi orangutan di pulau Kalimantan sendiri orangutan tersisa sekitar 55.000 ekor, dan di Sumatra hanya tersisa 200 ekor saja. Orangutan sendiri merupakan salah satu spesies dari kera, yang juga memiliki perilaku dan sifat yang menyerupai manusia. Namun siapa sangka jika ternyata terdapat manfaat orangutan bagi kehidupan manusia dalam beberapa waktu?

Merupakan salah satu jenis primata yang dikenal cerdas dan juga dapat terlatih. Sudah terbukti, dari banyaknya pertunjukkan yang menunjukkan bahwa orangutan juga termasuk salah satu makhluk yang cerdas. Orangutan sendiri memiliki beberapa ciri-ciri fisik yang dapat dilihat secara kasat mata. Berikut ini adalah beberapa ciri fisik dan juga ciri umum dari hewan orangutan ini:

  1. Dari segi postur tubuh, orang utan memiliki tubuh yang gemuk dan besar, dengan lengan yang panjang dan juga kuat. Selain itu, orangutan juga tidak memiliki ekor. Orangutan dapat tumbuh hingga tinggi 1.25 hingga 1.5 meter.
  2. Orangutan memiliki bulu yang berwarna merah kecoklatan di seluruh tubuhnya, dengan dengan kepala yang besar dan juga posisi mulut yang tinggi
  3. Orangutan memiliki berat badan yang relatif sama dengan manusia, berkisar antara 50 hingga 90 kg untuk jantan, dan 30 hingga 50 kg untuk orangutan yang betina.
  4. Apabila dilihat lebih dalam lagi, orangutan memilki volume otak yang besar, sama seperti hewan primata lainnya, seperti simpanse dan juga gorilla.

Klasifikasi Ilmiah dari orangutan

Untuk lebih memahami mengenai orangutan, maka berikut ini adalah klasifikasi dari orangutan untuk lebih mengenal orangutan:

Kerajaan              : Animalia
Filum                    : Chordata
Kelas                     : Mamalia
Ordo                      : Primata
Famili                   : Hominidae
Upafamili            : Ponginae
Genus                   : Pongo

Orangutan sendiri terbagi menjadi dua jenis spesies, yaitu orangutan Kalimantan atau dikenal dengan nama Pongo Pygmaeus dan juga orangutan Sumatera atau dikenal dengan istilah Pongo Abelii. Orangutan dapat di temukan pada wilayah hutan hujan di Indonesia, seperti Kalimantan dan juga Sumatera. Anda tidak perlu takut dengan orangutan, karena orangutan kebanyakan memakan buah-buahan, meskipun meruapakn salah satu jenis hewan omnivora. Selain buah-buahan, orangutan juga sering mengkonsumsi madu, jamur, nektar dan juga tumbuhan lainnya di dalam hutan.

Manfaat Orangutan bagi Manusia

Orangutan ternyata juga memiliki manfaat yang penting untuk kehidupan manusia. Meskipun tidak terlalu terasa, namun demikian, ternyata orangutan juga memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan manusia. Apa saja manfaat dari orangutan? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari orangutan bagi manusia :

1. Sebagai Seed Disperser dalam Meregenerasi Tanaman

Orangutan merupakan spesies yang dapat bermanfaaat sebagai seed disperser yang memegang peranan penting untuk meregenrasi tanaman di hutan melalui biji-bijian yang telah dimanaknnya. Ini merupakan manfaat orangutan yang paling penting dari peranan bagi kehidupan manusia. Orangutan dapat membantu regenerasi tumbuhan-tumbuhan yang ada di dalam hutan. Orangutan ketika memakan tumbuhan, akan membuang biji tanaman itu di sembarang tempat di dalam hutan. Hal ini akan membuat biji yang dibuang sembarangan tersebut akan tumbuh menjadi pohon yang tumbuh secara alami.

Inilah manfaat orangutan yang juga penting, berkat orangutan, maka tumbuhan-tumbuhan di dalam hutan akan tumbuh dengan sendirinya, maka dari itu, kondisi kelangsungan ekosistem hutan dan juga tanaman di dalam hutan akan menjadi terjaga. Pohon-pohon tersebut akan sangat baik untuk kehidupan manusia, karena bermanfaat untuk:

  • Memberikan supplai oksigen
  • Memberikan kesejukan bagi lingkungan
  • Menjaga lapisan ozon
  • Dapat menjadi mata pencaharian

2. Sebagai Sumber Pembelajaran

Orangutan dapat menjadi salah satu pembelajran bagi kita. Kehidupan orangutan yang mirip seperti manusia, dapat menjadi pembelajaran hidup untuk manusia. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan ilmu pengetahuan yang dimilik oleh manusia.

3. Sebagai Lokasi Pariwisata

Orangutan juga dapat dimanfaatkan untuk lokasi pariwisata. Loakasi ini biasanya disebut dengan lokasi ekowisata, dimana kita dapat mempelajari kehidupan primata seperti orangutan, dan juga dapat menjadi lokasi untuk relaksasi di tempat wisata tersebut bersama dengan keluarga. Selain itu, lokasi ekowisata seperti ini juga dapat meningkatkan relaksasi bagi para pengunjung, dan juga sebagai pelepas stress.

Save Orangutan!!

Perlu diingat, saat ini populasi dari orangutan sudah semakin jarang dan langka, hal ini membuat orangutan menjadi salah satu hewan langka yang hampir punah. Untuk itu, kita sebagai manusia haruslah bisa menjaga populasi dari orangutan agar tidak dinyatakan punah. Caranya, adalah dengan mendukung penangkaran dan juga perawatan dari orangutan tersebut.Selain itu, bagi yang merupakan pengusaha, cukup lah dengan membuka lahan hutan tempat tinggal dari orangutan ini, jagalah lingkungan hutan dan cegah pembukaan lahan hutan, agar populasi dari orangutan dapat terjaga dengan baik.

Dengan begitu manfaat orangotan juga dapat di rasakan untuk kelangsungan kehidupan manusia dari generasi ke generasi sebagai bahan pembelajaran untuk anak-anak dalam mengenal hewan. Kemudian kita pun juga perlu mendukung program-program pemerintah untuk mendukung ekowisata dan juga perawatan lingkungan dan habitat dari orangutan.

,
Oleh :
Kategori : Hewan