7 Manfaat Oncom Hitam Untuk Kesehatan Tubuh Yang Positif

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengna keanekaragamannya yang tinggi pada berbagai hal mulai dari suku, ras, agama, budaya, keyakinan, flora dan fauna, serta olahan makanan. Hampir pada setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya sendiri sendiri yang menjadikan citra daerah tersebut dikenal bukan hanya di tingkat lokal dan nasional namun juga di International. Salah satu jenis olahan makanan yang cukup khas dan hanya ada di daerah tertentu adalah oncom.

Oncom merupakan makanan khas sunda yang dibuat dari hasil fermentasi yang dilakukan oleh kapang sejenis jamur yang juga sama dalam proses pembuatan tempe. Yang membedakan antara oncom dan tempe adalah oncom dimanfaatkan setelah menghasilkan spora. Rasa oncom yang khas terutama oncom hitam ternyata memiliki manfaat tertentu bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat oncom hitam sebagai salah satu jenis oncom yang perlu diketahui dan bisa jadi belum banyak yang memahaminya dalam penjelasan di bawah ini.

1. Mengurangi produksi racun alfatoksin

Dalam proses pengolahan makanan, ada beberapa bentuk mikroba yang dapat masuk ke dalam olahan makanan tersebut dan menyebabkan terbentuknya racun alfatoksin yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dalam proses pembuatan oncom, racun alfatoksin dapat ditekan pembentukannya sehingga tidak menimbulkan gangguan karena memang dalam tahapan pembuatan oncom yang dilakukan melalui proses fermentasi, sanitasi proses dijaga dengan baik agar tidak ada mikroba lain yang dapat menyebabkan gangguan dalam pembuatan oncom. Mengurangi produksi racun alfatoksin merupakan salah satu manfaat oncom bagi kesehatan tubuh.

2. Mencegah terjadinya perut kembung

Perut kembung merupakan kondisi permasalahan kesehatan pada saluran cerna yang dapat disebabkan oleh karena konsumsi makanan tertentu atau karena ada penyakit yang sedang dialami. Meskipun terbilang ringan, kondisi perut kembung tentu akan menganggu dan perlu untuk diatasi. Salah satau manfaat oncom hitam bagi kondisi kesehatan adalah membantu mencegah terjadinya perut kembung sebagai salah satu bentuk permasalahan kesehatan. Dampak positif oncom hitam ini sama halnya dengan manfaat oncom goreng.

3. Sumber nutrisi tubuh

Manfaat lainya dari oncom adalah sebagai sumber nutrisi bagi tubuh mengingat hasil fermentasi yang dilakukan oleh kapang pada kacang tanah dapat menjadikan oncom hitam memiliki nilai kandungan nutrisi yang melimpah. Oncom memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang baik untuk memenuhi kebutuhan harian. Oncom hitam dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan sesuai dengan selera masing masing sehingga rasanya akan tetap nikmat.

4. Mengurangi kadar kolesterol 

Kolesterol menjadi salah satu bentuk permasalahan pada tubuh yang dapat beresiko buruk bagi kesehatan dan pastinya akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Bagi penderita kolesterol, mencari pengobatan traditional dan alternatif diperlukan untuk mengurangi ketergantungan pada pengobatan medis jangka panjang yang pastinya memiliki efek samping tertentu. Salah satu manfaat oncom hitam untuk kesehatan tersebut dalam mengurangi jumlah kolesterol tubuh sudah cukup lama dipercaya di masyarakat. Dampak positif oncom hitam ini mungkin bisa jadi sama dengan manfaat tempe busuk.

5. Melancarkan peredaran darah

Lancarnya peredaran darah menjadi salah satu kondisi yang seharusnya terjadi pada tubuh yang kesehatannya terjaga. Kandungan retinol dan asam rerinoat di dalam oncom dipercaya sebagai senyawa yang dapat membantu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah di seluruh tubuh. Adanya manfaat oncom hitam untuk pembuluh darah tersebut dapat membantu menghindarkan tubuh dari berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi yang hampir sama dengan manfaat leunca.


6. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain bermanfaat bagi berbagai anggota tubuh secara langsung, konsumsi oncom ataupun makanan yang mengandung oncom dapat membantu menjaga kondisi kesehatan pencernaan. Gangguan pencernaan memang merupakan salah satu bentuk permasalahan kesehatan yang sering terjadi. Kondisi kesehatan pencernaan yang terjaga tentu secara tidak langsung juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan penyerapan nutrisi bagi kebutuhan tubuh juga dapat terjadi dengan baik.

7. Manfaat kesehatan lainnya

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari konsumsi oncom hitam selain manfaat yang disebutkan diatas tersebut diantaranya seperti membantu membersihkan darah sebagai salah satu penyebab terjadinya beberapa permasalahan di tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit tertentu, serta membantu dalam melindungi rongga hidung agar tetap memiliki kemampuan dalam fungsinya menyaring udara yang masuk ke dalam saluran pernafasan seperti halnya manfaat gurah.

Itulah beberapa manfaat oncom hitam untuk kesehatan yang perlu diperhatikan dengan baik dan bisa dimanfaatkan memang ketika dibutuhkan. Namun perlu diperhatikan dengan baik ketika mengkonsumsi oncom hitam segar karena kemampuannya yang hanya akan bertahan di ruangan terbuka selama 1 sampai 2 hari saja. Selepas 2 hari, oncom akan mengalami kerusakan akibat terdegradasinya protein yang terkandung di dalam oncom oleh enzim proteolitik sehingga terbentuk ammonia yang menjadikan oncom hitam tersebut tidak layak untuk dikonsumsi kembali. Karena kondisi tersebut maka sebaiknya hanya konsumsi oncom yang memang masih layak untuk dikonsumsi untuk menghindari efek samping pada saluran pencernaan maupun dampak buruk lainnya dari adanya ammonia berlebih di dalam tubuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan