9 Manfaat Mendengarkan Musik DJ Sebagai Mood Booster

Mendengarkan musik memberikan banyak sekali manfaat tak hanya bagi kesehatan tubuh tapi juga kesehatan mental seseorang. Namun saat ini terdapat banyak sekali jenis atau genre musik yang sering diperdengarkan dan salah satunya yang dikenal dengan EDM atau electronic dance music atau musik DJ.

Apa Itu Musik DJ?

DJ sendiri merupakan singkatan dari Bahasa Inggris yaitu Disc Jockey atau kalau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah disjoki. Disjoki sebenarnya adalah sebuah profesi pekerjaan yang berkaitan dengan musik dimana seorang disjoki tak hanya memiliki kemampuan dalam membuat musik tapi juga memodifikasi musik yang sudah ada sebelumnya sehingga lebih menarik didengar dengan berbagai macam teknis DJ. Seorang DJ biasanya bekerja di klub-klub yang sering memperdengarkan musik dari genre EDM walaupun sebenarnya berbagai genre bisa dimodifikasi oleh seorang DJ agar dapat sesuai dengan tema acara namun memang khusus untuk musik ini cenderung menggunakan musik elektronik.

Manfaat Mendengarkan Musik DJ

Disamping memberikan rasa gembira dan menghidupkan suasana pesta karena memang pada umumnya para DJ memainkan musik mereka saat ada perayaan atau pesta yang biasanya diadakan di klub-klub adakah manfaat musik DJ yang lain yang mungkin perlu kita ketahui?

  1. Membantu Memperbaiki Mood

Bicara soal mood ada kalanya mood itu turun naik akibat berbagai faktor yang kebanyakan tidak diketahui sebabnya. Namun salah satu manfaat mendengarkan musik DJ atau musik EBM ini adalah dapat membantu memperbaiki mood yang sedang down sama halnya seperti manfaat mendengarkan musik metal dengan ketukan nada yang cepat.

  1. Sebagai Mood Booster di Penghujung Hari

Ada beberapa jenis musik yang enak di dengar di pagi hari menemani Anda memulai hari sementara musik EBM lebih cocok didengarkan di penghujung hari seperti ketika pulang kantor dan harus menghadapi macet di jalan, musik DJ ini bisa menjadi­ mood booster yang paling tepat di penghujung hari.

  1. Menambah Semangat Saat Berolahraga

Banyak penelitian yang sudah menyebutkan bahwa musik-musik dengan ketukan atau nada-nada cepat justru sangat direkomendasikan untuk didengar saat berolahraga dan salah satunya adalah musik EBM ini. Cobalah dengarkan musik DJ ini sambil berolahraga dijamin waktu berolahraga Anda tak hanya menjadi menyenangkan tapi tubuh Anda juga menjadi lebih bersemangat.

  1. Membantu Mengurangi Tingkat Stress

Tidak mudah mengatasi atau mengurangi stress namun ternyata penelitian menyebutkan bahwa mendengarkan musik bisa menjadi pereda stress yang ampuh. Salah satu genre musik yang bisa dijadikan pereda stress adalah musik EBM. Tidak heran banyak orang memilih untuk pergi ke klub-klub hanya untuk sekedar menghilangkan stress karena memang music jenis ini terbukti mampu membantu mengurangi tingkat stress.

  1. Mengubah Suasana Menjadi Gembira

EBM atau musik DJ ini memang didesain khusus untuk suasana-suasana pesta jadi tidak heran jika mendengarkan musik ini dapat mengubah suasana yang tadinya biasa saja menjadi lebih gembira dan membuat para pendengarnya menjadi lebih bersemangat. Jika Anda sedang berada disituasi yang galau cobalah mendengarkan musik DJ dijamin semangat akan kembali terpompa kembali.

  1. Cocok untuk Digunakan Menari

Seperti disebutkan pada poin sebelumnya, musik DJ atau EBM ini memang didesain dan sering sekali dimainkan saat suasana pesta jadi tidak heran jika musik ini sangat cocok untuk digunakan menari. Jika Anda sedang kebingungan memilih lagu untuk tema menari Anda cobalah ganti playlist lagu Anda dengan beberapa musik EBM yang ear-catching didengar.

  1. Mengoptimalkan Kinerja Otak

Tak hanya cocok untuk hura-hura ternyata EBM juga bisa digunakan untuk mengoptimalkan kinerja otak. Banyak penelitian mengacu pada manfaat musik klasik ketika bicara soal manfaat mendengarkan musik saat belajar. Namun, jika Anda bosan dan merasa mengantuk ketika harus mendengarkan musik-musik klasik saat belajar, cobalah ganti playlist dengan musik DJ dijamin semangat akan bertambah.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika kinerja otak bekerja secara optimal dan secara psikologis mental Anda juga terbebas dari tekanan dan stress maka akan berpengaruh langsung terhadap sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian Anda menjadi tidak mudah jatuh sakit.

  1. Dapat Mengurangi Rasa Sakit

Khususnya ketika berolahraga ada kalanya otot-otot mulai merasa lelah padahal waktu olahraga masih belum seberapa. Itu artinya Anda membutuhkan penyemangat secara psikologis dan mendengarkan musik DJ bisa membantu mengurangi rasa sakit sehingga Anda bisa lebih lama berolahraga.

Beberapa penelitian menyebutkan banyak sekali manfaat mendengarkan musik dari berbagai genre mulai dari manfaat musik kontemporer sampai musik modern yang diantaranya adalah EDM ini yang memang sering dianggap sebagai musik pesta dan musik yang hanya untuk kalangan tertentu saja. Padahal sebenarnya jika Anda mau memperkaya playlist musik Anda dan diisi dengan berbagai macam jenis genre musik yang tidak homogen Anda akan dapat menemukan banyak sekali manfaat bahkan ternyata ada juga manfaat mendengarkan musik metal khususnya untuk kesehatan mental. Namun penting untuk diingat bahwa mendengarkan musik EDM seharusnya tidak menggunakan headphone dengan volume tinggi karena justru dapat berpotensi merusak gendang telinga.