Manfaat Mawar Kuning untuk Kesehatan dan Lahan Bisnis

Bunga mawar merupakan salah satu bunga paling populer di dunia. Setiap disebut kata bunga maka kebanyakan orang akan teringat dengan bunga cantik berduri ini. Bunga mawar yang termasuk ke dalam genus rosa ini terdiri dari banyak spesies dan hadir dengan beragam warna mulai dari merah, merah muda, ungu, kuning, biru, hingga putih. Tumbuhan ini termasuk tanaman semak berduri sehingga anda harus berhati-hati ketika memetiknya. Umumnya bunga mawar memiliki 5 helai daun mahkota terkecuali ada satu spesies yang hanya memiliki 4 daun mahkota yaitu rosa sericea.

Bunga mawar tidak hanya cantik dan dipakai sebagai hiasan atau dekorasi saja. Bunga ini juga kerap dikonsumsi karena ada sekitar 13 manfaat bunga mawar untuk kesehatan dan kecantikan. Bunga mawar juga dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman seperti teh dan diketahui juga ada banyak manfaat teh bunga mawar bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu manfaat air mawar juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit dan wajah sehingga anda semakin terlihat cantik dan awet muda.

Mawar kuning

Setiap jenis bunga mawar hadir dengan kecantikannya masing-masing termasuk mawar kuning. Sesuai namanya bunga ini berwarna kuning dan memiliki aroma harum yang kuat sehingga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias, bunga potong, karangan bunga, dekorasi, bahan baku industri parfum dan kosmetik, dan lain sebagainya. Pemanfaatannya yang tinggi terutama untuk bunga potong terkadang tidak bisa diimbangi dengan produksinya yang terbatas sehingga budidaya mawar kuning masih sangat potensial untuk dilakukan.

Manfaat mawar kuning sebagai tanaman budidaya merupakan peluang usaha yang menjanjikan mengingat tingginya permintaan bunga ini baik dalam bentuk bibit atau tanaman dewasa sebagai tanaman hias. Warna dan bentuknya yang cantik serta aromanya yang harum menjadikan mawar kuning kerap dipilih sebagai tanaman hias untuk mempercantik ruangan, halaman, pekarangan, atau taman. Warna kuningnya memberikan kesegaran dan perasaan bahagia. Anda juga dapat menggunakan manfaat bunga anggrek, manfaat bunga kertas, manfaat bunga tagetes erecta, manfaat bunga begonia, manfaat bunga anyelir, dan berbagai jenis bunga lainnya sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik halaman atau ruangan.

Peluang Bisnis Mawar Kuning

Manfaat mawar kuning sebagai tanaman budidaya juga sangat potensial karena bunga ini banyak digunakan sebagai bunga potong untuk berbagai keperluan seperti hand bouqet, isi vas bunga, dekorasi ruangan, dan lain sebagainya. Mawar kuning kerap dipilih sebagai karangan bunga untuk berbagai keperluan seperti untuk menyemangati teman yang sedang sakit, ibu yang habis melahirkan, tanda persahabatan, dan lain sebagainya karena menggambarkan perasaan bahagia, kebebasan, semangat, dan hal-hal positif lainnya.

Selain itu mawar kuning juga dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam industri parfum dan kosmetik. Minyak mawar yang merupakan bahan baku dalam pembuatan parfum dihasilkan dari serangkaian proses. Dimulai dari proses pelumatan daun mahkota kemudian diuapkan dan akhirnya disuling hingga menghasilkan minyak mawar. Mawar kuning juga mengandung berbagai zat dan senyawa yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit sehingga juga banyak dimanfaatkan dalam industri kosmetik. Bahan baku industri parfum juga dapat dihasilkan dari tumbuhan lain seperti manfaat daun akasia, manfaat damar, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai manfaat bunga mawar kuning yang telah disebutkan di atas dapat kita lihat bahwa budidaya tanaman ini merupakan bisnis yang potensial. Pangsa pasarnya yang luas dan menjanjikan sudah cukup menjadi alasan untuk memulai budidaya dan bisnis tanaman ini. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai penyakit tanaman atau ketergantungan terhadap musim karena dengan kecanggihan ilmu pengetahuan seperti teknik kultur jaringan hal ini dapat diatasi. Yang terpenting adalah niat dan kerja keras untuk mewujudkannya.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan