10 Manfaat Mawar Hitam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bunga mawar adalah tanaman hias yang memiliki batang berduri dan warna yang indah. Tanaman mawar pada awalnya berasal dari Eropa Timur, lalu berkembang ke Cina, Timur Tengah dan sekarang ini hampir ke seluruh bagian dunia. Bunga mawar yang kerap kita jumpai di Indonesia kebanyakan adalah mawar merah, putih dan merah muda. Bunga mawar yang warna merahnya sangat pekat hingga menyerupai hitam, disebut sebagai bunga mawar hitam, rose black atau dark red. Keberadaan mawar hitam kerap kali dianggap sebagai mitos dan dikaitkan dengan ilmu hitam sebagai salah satu bahan sesaji. Warna hitamnya berasal dari warna merah pekat yang terjadi karena sedikitnya paparan sinar matahari yang mengakibatkan penumpukan kadar antosianin di dalam tanaman tersebut sehingga tidak dapat teroksidasi. Suhu yang dingin juga menyebabkan keterlambatan penguraian reaksi metabolisme sehingga warnanya tidak mudah pudar.

Kegunaan Mawar Hitam

Mawar hitam memang termasuk langka karena cara penanaman dan perawatannya yang rumit. Mawar hitam hanya tumbuh di tempat yang dingin, sedikit sinar matahari dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Saat ini selain di pedalaman hutan, mawar hitam bisa didapatkan di negara Turki, tepatnya di wilayah Halfeti. Kedekatan lokasi dengan sungai Eufrat juga turut mempengaruhi pertumbuhan mawar hitam. Mawar hitam hanya mekar dua kali dalam setahun, yaitu pada musim gugur dan musim semi dan dalam waktu singkat yaitu hanya selama 15 hari saja. Ketika musim panas tiba, warna hitamnya akan memudar. Manfaat mawar hitam sebenarnya belum banyak diketahui kecuali bahwa bunga ini menyimbolkan kesedihan dan duka cita. Namun mawar hitam hanya berbeda dari sisi warna saja dengan bunga mawar lainnya, misalnya manfaat mawar merah muda, manfaat mawar putih dan manfaat mawar kuning yang juga memiliki berbagai manfaat selain sebagai tanaman hias.

1. Sebagai antiseptik

Manfaat mawar hitam berasal dari manfaat bunga mawar untuk kesehatan dan kecantikan sebagaimana mawar lainnya yaitu bisa digunakan sebagai antiseptik untuk membersihkan luka. Bunga mawar dipercaya dapat membantu mengurangi perdarahan, memiliki khasiat anti bakteri yang dapat mencegah infeksi yang bisa terjadi jika luka terkena bakteri atau kuman. [AdSense-B]

2. Sebagai antioksidan

Bunga mawar memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan bisa menjadi antioksidan yang sangat baik. Salah satunya adalah kandungan vitamin E dan C yang bisa berguna sebagai antioksidan sehingga khasiat ini paling banyak digunakan dalam tips – tips kecantikan. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu sebab utama dari penuaan dini, sehingga mawar seringkali menjadi bahan baku dalam produk kosmetik untuk cara mencegah penuaan dini.

3. Melancarkan haid

Konon bunga mawar bisa merangsang pengeluaran hormon yang dapat memicu datangnya menstruasi. Selain itu juga dapat meredakan kram perut, mual dan kelelahan ketika menstruasi atau ketika mengalami sindrom pasca menopause yang didapatkan dari manfaat minum air bunga mawar atau manfaat teh bunga mawar.

4. Untuk relaksasi

Mawar merupakan bunga yang beraroma khas dan menenangkan sehingga sangat berguna untuk relaksasi. Aroma bunga mawar cocok untuk digunakan sebagai bahan aromaterapi melalui pembuatan minyak esensial mawar yang cukup membantu relaksasi. Beberapa penelitian bahkan mengungkap bahwa bunga mawar bisa digunakan sebagai antidepresan.

5. Obat sakit tenggorokan

Manfaat mawar hitam dapat menenangkan tenggorokan melalui kandungan anti bakteri dan anti oksidan dari mawar yang bisa mengatasi sakit tenggorokan. Selain itu juga dapat membantu mencegah infeksi dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

6. Bagus untuk pencernaan

Manfaat mawar hitam juga diyakini bisa meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan dengan memperkuat sistem pencernaan, membuang limbah dari pencernaan dan merawat mukosa lambung. Mawar juga diyakini efektif untuk digunakan sebagai obat pencahar alami bagi masalah lambungnya.

7. Mengobati infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih biasanya terjadi pada saluran kencing yang menyebabkan timbulnya rasa tidak nyaman ketika sedang buang air kecil. Pada umumnya pemicu infeksi saluran kemih tersebut adalah bakteri.

8. Meningkatkan sistem imun

Antioksidan yang ada pada mawar membantu dalam melawan radikal bebas sehingga dapat mencegah infeksi. Adanya antioksidan secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, terlihat dari kandungan vitamin C tinggi yang dapat mencegah berbagai macam penyakit. [AdSense-C]

9. Melembapkan kulit

Manfaat mawar hitam sebagaimana bunga mawar lainnya juga dapat digunakan untuk melembapkan kulit, terutama untuk kulit wajah. Kelembapan yang sesuai adalah kunci dari kulit yang sehat dan bebas masalah, sedangkan kulit yang kelembapannya kurang akan mudah mengalami iritasi dan penuaan.

10. Mengatasi peradangan

Melalui manfaat anti inflamasi yang dimiliki, bunga mawar dapat berguna untuk mengatasi peradangan pada kulit wajah. Air mawar adalah hasil dari manfaat bunga mawar merah yang dapat digunakan oleh semua jenis kulit termasuk untuk kulit yang berjerawat.

Manfaat mawar hitam bisa diolah seperti jenis bunga mawar lainnya menjadi air mawar, essential oil, toner, face mist atau juga dapat digunakan untuk campuran pada masker wajah. Bunga mawar juga bisa ditemukan sebagai teh yang bermanfaat bagi kesehatan. Hanya saja karena bunga mawar hitam ini cukup langka dan sulit tumbuh di sembarang tempat, maka tidak banyak produk yang ditemukan menggunakannya sebagai bahan baku. Apabila Anda ingin mencoba khasiat mawar untuk kecantikan dan kesehatan, sebaiknya pilih yang sudah berbentuk produk siap pakai agar lebih aman misalnya manfaat air mawar untuk kecantikan yang produknya banyak tersedia di pasaran.