4 Manfaat Lubang Hidung Yang Belum Banyak Diketahui

Setiap organ tubuh manusia tentunya dibentuk untuk memiliki fungsi tertentu yang mendukung setiap proses dan aktivitas yang dijalani oleh tubuh. Organ organ tersebut tentu akan saling mendukung satu sama lain dan tentunya akan bekerja sama sehingga adanya permasalahan pada organ atau bagian tubuh lain tentu dapat menimbulkan dampak untuk anggota tubuh lainnya. Mengenali fungsi dan peran dari setiap anggota tubuh tersebut tentu perlu untuk diketahui karena adanya beberapa manfaat mempelajari anatomi yang berkaitan dengan proses menjaga kesehatan tubuh.

Dalam pembahasan kali ini, manfaat.co.id akan memberikan penjelasan mengenai beberapa peran dan manfaat lubang hidung yang mungkin belum banyak diketahui dengan baik oleh setiap orang karena dianggap menjadi salah satu bagian tubuh yang sepertinya tidak akan memberikan peran dan dampak apapun pada tubuh selain sebagai salah satu pintu keluar masuknya senyawa atau zat dari dan ke dalam tubuh. Berikut beberapa manfaat lubang hidung yang perlu diperhatikan dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Pintu masuk dan keluarnya senyawa bentuk gas

Lubang hidung menjadi salah satu lubang pada tubuh manusia yang tentunya memiliki fungsi dalam memasukan dan mengeluarkan zat atau senyawa tertentu dari luar menuju ke dalam tubuh. Lubang hidung merupakan awal dari saluran pernafasan manusia yang berfungsi sebagai pintu masuknya nafas dan berbagai senyawa gas lainnya ke dalam tubuh. Bukan hanya senyawa berbentuk gas yang masuk namun senyawa gas sisa proses di dalam tubuh juga akan keluar dari lubang hidung tersebut. Lubang hidung secara tidak langsung juga menjadi jalan masuknya senyawa berbau yang dapat dikenali oleh hidung karena adanya sensor sensor yang terdapat di dalam rongga hidung.

  1. Salah satu bagian dari sistem pernafasan

Lubang hidung merupakan salah satu bagian dari hidung yang merupakan indera penciuman dan sistem pernafasan bagian atas. Lubang hidung termasuk dalam bagian sistem pernafasan yang akan menjadi jalan masuknya nafas dan jalan keluarnya nafas. Fungsi penting lubang hidung tersebut akan menyebabkan gangguan pernafasan ketika tertutup atau terhalang sesuatu sehingga menjadikan udara terhambat masuk maupun keluar dari tubuh. Lubang hidung dapat tersumbat akibat kelainan, karena adanya kondisi flu sehingga cairan ingus menyebabkan pembengkakan, dan gumpalan kotoran. Sumbatan hidung yang cukup parah perlu diatasi dengan menggunakan manfaat nebulizer dalam melegakan jalur nafas..

  1. Fungsi lubang hidung sesuai dengan posisinya

Tanpa disadari bahwa lubang hidung terbagi menjadi dua yakni bagian kiri dan bagian kanan ternyata memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain selain fungsi sebagai bagian dari sistem pernafasan dan tempat masuknya keluarnya senyawa gas. Berikut ini perbedaan kedua fungsi dari lubang hidung kanan dan lubang hidung kiri tersebut.

  • Lubang hidung kanan

Lubang hidung kanan seringkali dianalogikan sebagai matahari karena fungsinya yang akan mengeluarkan udara panas dari dalam tubuh ke lingkungan. Adanya udara panas tersebut dapat membantu mengeluarkan zat sekresi dari dalam tubuh yang bersifat asam. Bernafas menggunakan lubang hidung akan memberikan pengaruh pada aktivitas otak sebalah kiri. Mengatur pernafasan bisa menjadi salah satu efek positif yang sama dengan manfaat olahraga untuk otak.

  • Lubang hidung kiri

Lubang hidung kiri berbanding terbalik dengan lubang hidung kanan karena kemampuannya yang dapat berfungsi untuk mengeluarkan udara dingin sehingga disebut sebagai bulan. Adanya pengeluaran udara dingin tersebut dapat meningkatkan keluarnya alkali dari dalam tubuh yang bersifat basa. Jika bernafas menggunakan lubang hidung kanan memberikan pengaruh pada otak kiri, maka sebaliknya pernafasan dengan lubang hidung kiri akan memberikan pengaruh pada aktivitas otak sebelah kanan.


  1. Membantu mengatasi kondisi permasalahan penyakit tertentu

Manfaat lubang hidung lainnya yang belum banyak diketahui adalah kemampuannya dalam membantu mengatasi kondisi penyakit tertentu pada tubuh manusia. Manfaat tersebut dapat dirasakan ketika seseorang mengatur penafasannya untuk masuk dan keluar pada lubang hidung kiri atau kanan. Pengaturan penggunaan lubang hidung tersebut sangat berbeda fungsinya satu sama lain ketika menggunakan lubang hidung bagian kiri dan atau ketika menggunakan lubang hidung bagian kanan.

Menggunakan pernafasan yang lebih banyak melalui lubang hidung bagian kanan dapat membantu dalam mengatasi beberapa keluhaan dan gejala penurunan kesehatan diantaranya seperti sakit kepala, membantu menyembuhkan beberapa kondisi permasalahan atau gangguan pada pencernaan terutama dapat meringankan kondisi susah buang air besar. Sedangkan pernafasan yang lebih banyak pada bagian lubang hidung kiri dapat membantu mengatasi kondisi stres, mengurangi susah tidur atau kondisi insomnia yang juga dapat diatasi dengan menggunakan manfaat daun pegagan untuk otak.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat lubang hidung yang bisa jadi belum banyak diketahui dengan baik. Lubang hidung ternyata bukan hanya berfungsi sebagai salah satu dari lubang tubuh dimana dapat masuk senyawa tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh dan keluarnya senyawa hasil sisa proses atau yang tidak diperlukan oleh tubuh, namun juga dapat memiliki fungsi tertentu yang bahkan membantu dalam mengatasi beberapa kondisi permasalahan kesehatan yang terjadi pada tubuh. Dengan memahami peranan dan fungsi dari lubang hidung baik manfaat hidung pesek maupun mancung tersebut maka setiap orang dapat lebih maksimal dalam menjaga kondisi kesehatannya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan