7 Manfaat Lahan Kosong di Kehidupan

Lahan kosong adalah sebuah lahan yang tidak digunakan dan tidak berdiri bangunan di atasnya, yang banyak di temukan di beberapa tempat baik dengan kondisi dijual atau terbengkalai begitu saja. Di samping menjadi incaran bagi penanam modal, lahan kosong juga dapat memberikan keuntungan jika digunakan dengan baik oleh pemilik perseorangan.

Namun tergantung dengan seberapa besar dan di mana letak lahan kosong tersebut, lahan kosong bisa disulap menjadi berbagai macam tujuan. Di samping banyaknya manfaat tanah bagi kehidupan manusia, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan memaksimalkan penggunaan lahan kosong:

1. Disewakan untuk memasang iklan

Sekecil apapun lahan kosong yang dimiliki, jika berada di tengah perkotaan dan di dekat jalur transportasi dapat disewakan sebagai tempat untuk memasang iklan. Misalnya saja untuk pemasangan papan iklan untuk pengiklanan bisnis atau untuk penyampaian pesan masyarakat. Hal ini tentunya menjadikan alternatif untuk mendapatkan manfaat lahan kosong yang kecil, namun bisa menghasilkan keuntungan.

2. Dimanfaatkan untuk apotek hidup

Menggunakan lahan kosong yang ada di sekitar rumah menjadi tempat penanaman apotek hidup tentunya juga sangat bermanfaat. Apalagi jika lahan kosong memiliki jenis tanah subur, karena salah satu manfaat tanah subur bagi manusia bisa ditanami berbagai macam jenis tanaman. Bahkan jika tidak, bisa menggunakan sistem hidroponik yang jika manfaat ini dikembangkan bisa berubah menjadi ladang bisnis di rumah.

3. Diperbarui menjadi ruang terbuka hijau

Padatnya dan berkembangnya pembangunan di perkotaan, ruang terbuka hijau diperlukan keberadaannya selain untuk mendapatkan manfaat rekreasi bagi masyarakat juga berkontribusi untuk penghijauan lingkungan. Adanya ruang terbuka hijau dapat membantu dalam peningkatan kualitas lingkungan dengan menunjang kelestarian tana dan air di tengah perkotaan.

4. Dapat berguna sebagai lahan bisnis

Manfaat lahan kosong lainnya adalah sebagai lahan bisnis, dimana akan meningkatkan guna dan bisa mendapatkan keuntungan. Lahan kosong bisa dipakai untuk membangun ruko untuk disewakan, bangunan untuk berbisnis sendiri maupun perubahan lain yang bertujuan untuk bisnis. Hal ini tentunya lebih bermanfaat dan menguntungkan daripada lahan kosong dibiarkan saja.

5. Didonasikan untuk keperluan masyarakat

Di samping memanfaatkan lahan kosong untuk keperluan bisnis, lahan kosong juga dapat didonasikan atau diwakafkan untuk mendapatkan manfaat seperti manfaat sedekah dalam Islam bagi kehidupan. Dengan begitu lahan kosong akan jauh lebih bermanfaat jika dibangun bangunan seperti masjid, panti asuhan atau lainnya yang bermanfaat untuk masyarakat banyak. Namun tentunya juga harus diperhatikan mengenai kebijakan yang berlaku.

6. Dibuat menjadi lahan parkir komersil

Salah satu masalah yang kini ada di kota besar, dimana bangunan berdempetan dengan penduduk sangat padat adalah kurangnya lahan untuk parkir kendaraan. Hal inilah yang membuat lahan kosong yang tidak digunakan bisa dimanfaatkan untuk mendapat keuntungan, dengan membuka jasa parkir kendaraan untuk masyarakat yang tidak memiliki tempat parkir kendaraan mereka.

7. Digunakan untuk budidaya ternak

Lahan yang kosong tidak hanya bisa digunakan untuk bercocok tanam saja, namun juga bisa diguanakan untuk mendapatkan manfaat peternakan bagi manusia. Misalnya saja lahan digunakan untuk membuat kolam untuk budidaya ikan, dibuat tempat peternakan unggas atau lain sebagainya. Jika dikelola dengan baik, budidaya ini bisa sekaligus dijadikan tempat pariwisata untuk mendapatkan keuntungan berlipat.

Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat lahan kosong yang bisa didapatkan, semoga bermanfaat.