Manfaat Kulit Ikan Patin untuk Bisnis Kerupuk

Ikan Patin adalah ikan yang sangat sering dikonsumsi apalagi untuk masyarakat di Indonesia hal ini dikarenakan ikan ini mudah didapatkan. Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang sangat mirip dengan ikan lele, ikan patin ini juga memiliki ciri-ciri memiliki kumis samahalnya dengan ikan lele. Selain rasanya yang lezat ikan patin ini tentunya juga memiliki gizi yang tinggi sehingga tak heran jika ikan patin sering dikonsumsi oleh masyarakat.

Biasanya ikan patin sering dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan masakan seperti sayur sup ikan patinn, abon, gulai ikan patin dll. Biasanya olahan ikan patin ini akan diolah dengan campuran bumbu Indonesia yang sangat kompleks sehingga menciptakan rasa masakan yang sangat lezat dan menggugah selera. Namun kebanyakan orang hanya mengolah daging ikan patin saja padahal kulit drai ikan patin juga dapat dimanfaatkan.

Sebagai Lahan Bisnis Kripik Kulit Ikan Patin

Taukah kamu bahwa ikan patin merupakan ikan yang mengandung beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. namun beberapa dari mereka tidak menyukai ikan patin, jadi ikan patin sering digunakan dengan bentuk olahan lain. berikut kandungan pada ikan patin

Selain itu ternyata ada beberapa orang yang berpendapat bahwa memang rasa dagingnya yang lezat pada ikan patin, tidak hanya itu, faktanya ikan pa

tin memiliki berbagai kandungan yang dimiliki seperti rendah kolestrol, kandungan Omega 3 dan masih banyak lagi yang tentunya sangat menyehatkan bagi tubuh, bagian lain yang juga bisa dimanfaatkan adalah kulit ikan patin. Kebanyakan orang menganggap bahwa kulit ikan patin tidak bisa dimanfaatkan kembali atau diolah kembali namun kini anda tidak perlu membuang kembali kulit ikan patin.

Adapun beberapa manfaat dari kulit ikan patin adalah dapat digunakan sebagai keripik, keripik dari kulit ikan patin sangat memiliki rasa yang gurih dan enak. ini dapat menjadi makanan rekomendasi kamu yang suka mngemil.

sudah banyak kini orang yang memanfaatkan kulit ikan patin menjadi kriprik kulit ikan patin. Kripik kulit ikan patin ini jika anda dapat mengelolanya dengan baik bisa digunakan sebagai lahan bisnis untuk mencari penghasilan. Kandungan yang dimiliki dari krupuk kulit ikan ini tentunya sangat banyak seperi lemak, protein, fosfor,  air, energi dan kalsium.

Cara membuat kripik kulit ikan ini tentunya membutuhkan beberapa alat yang digunakan seperti

  1. Gelas ukur
  2. Timbangan
  3. Gunting
  4. Bak plastik
  5. Alat penjemur
  6. Kompor
  7. Blender
  8. Alat penggoreng
  9. Plastik sealer.

Cara selanjutnya adalah dengan mengeraskan kripik kulit ikan patin dengan cara sebagai berikut :

  • Rendam kedalam air sirih (baca : manfaat kapur sirih)
  • Lakukan selama 7 hari
  • Usahakan berubah menjadi bubur kabur yang lembut
  • Bersihkan ikan patin dari duri-duri yang menempel
  • lakukan pembersihan lagi dengan menggunakan larutan kapur sirih
  • Lakukan selama 1-2 jam
  • Usahakan dan pastikan ikan patin tidak akan kembali lembek lagi. 

Kulit ikan patin yang sudah dilakukan pengerasan kemudian dibersihkan dengan air hingga kapur bahkan bau kapur hilang atau tidak tercium kembali. Setelah itu kemudian kulit ditiriskan dan dikeringkan. Setelah itu langkah yang dilakukan adalah menjemjr kulit ikan patin sampai benar-benar kering dan siap untuk digoreng kemudian dikemas secara menarik.

itulah manfaat yang dapat kamu perole dari memanfaatkan ikan patin, ikan patin menjadi rekomendasi bagi kamu penyuka ikan dan juga untuk membuka peluang bisnis menjual keripik ikan.

, ,
Oleh :
Kategori : Hasil Bumi