4 Manfaat Kripik Pare untuk Kesehatan

Pernah mendengar Mak Kriwul ? mak kriwul merupakan salah satu jenis kripik pare yang dibuat di daerah Sidoharjo yang merupakan olahran dari pemberdayaan perempuan daerah Sidoarjo khususnya mereka yang ada di kelurahan Sidokumpul. Warga perempuan ini sengaja membuat perkumpulan untuk membuat kripik pare.

Mengapa mereka memilih kripik pare ? apakah terdapat manfaat yang banyak pada kripik pare ? sebelumnya kita sudah membahas mengenai manfaat pare belut, manfaat rebusan pare, manfaat pare ayam dan manfaat pare yang lainnya. Memang pare saat ini sedang populer karena kandungan manfaatnya yang cukup banyak.

Alasan membuat kripik ini adalah karena dulunya sering mengonsumsi masakan pare buatan orang tuanya, sehingga mereka berinisiatif untuk membuat makanan dari pare yaitu membuat kripik pare, namun siapa sangka bahwa kripik pare ini sangat diminati di pasaran. Selain itu kripik pare juga ternyata mengandung banyak manfaat tak terduga untuk kesehatan tubuh kita. Mari simak penjelasan berikut :

1. Membunuh sel kanker

Sel kanker memang harus segera diatasi dengan cepat, jika tidak dapat menyebabkan permasalahan yang baru yang akan menyebabkan kanker tersebut ke stadium yang lebih lanjut. Jika stadium kanker sudah lanjut akan lebih sulit untuk mengatasinya.

Untuk itu sebelum terkena kanker atau sebelum kanker menjangki lebih dalam pada tubuh lebih baik mulai sekarang seirng-sering konsumsi pare untuk membantu membunuh sel kanker tersebu.

2. Mengurangi kadar gula

Kadar gula darh yang tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes, penyakit diabetes ini memang disebabkan karen banyaknya asupan gula dalam tubuh. Sedangkan pada pare ini bukan gula yang lebih banyak tetapi rasa pahit yang melanda sehinga akan leibh mudah untuk mengurani kadar gula pada tubuh apabila kamu lebih banyak mengonsumsi kripik pare ini. Kripik pare merupakan camilan murah yang menyehatkan sehingga jangan ragu untuk membeli keripik ini agar kamu juga merasakan manfaatnya

3. Pemecah lemak

Selain mengatasi kadar gula, ternyata dapat pula untuk memecah lemak pada tubuh sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan mengatasi penumpukan racun dalam tubuh apabila lemak tidak dipecah.

4. Untuk kecantikan

Sudah banyak yang membuktikan bahwa pare dengan rasnaya yang pahit itu dapat membeirkan dampak positif bagi kecantikan, dengan mengonsumsi pare ini akan membantu untuk membuat kulit lebih sehat dan akan tampak lebih cerah berseri.

Itulah manfaat yang dapat kamu peroleh dari mengonsumsi keripik pare, keripik pare ini tentu sudah diramu khusus agar tidak terlalu memberikan rasa yang pahit namun tetap memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. 


Cara membuat kripik pare mak kriwil ini sangat mudah tapi bermanfaat simak penjelasan berikut :

  • Ambilah pare beberapa biji (hanya untuk mencoba)
  • Kupas lah pare dan bersihkan bagian dalam dan luarnya
  • Potonglah pare itu tipis-tipis
  • Rendam air garam selama kurang lebih 1 hmalam
  • Jika sudah, pagi harinya siapkan tepung
  • Siapkan bumbu
  • Siapkan minyak
  • Kemudian campurkan tirisan pare yang sudah direndam air garam semalam dan campurkan dnegan tepung dan bumbu
  • Goreng sampai kering

Mengapa sebelumya harus direndam dengan air garam ? hal ini bertujuan agar mengurangi rasa pahit pada pare tetapi tidak mengurangi kandungannya. Bahkan harga kripik pare ini dapat dikatakan sangat murah cukup dengan uang 12k kamu sudah dapat membawa pulang kripik pare dnegan berat 60gram. Sehat itu tidak mahal bukan ? jadi selamat mencoba ya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan