4 Manfaat Kentut Setelah Operasi Yang Mungkin Belum Banyak Orang yang mengkhawatrikannya.

Kesehatan merupakan salah satu harta tubuh yang paling terpenting bagi setiap manusia karena dengan kesehatan yang terjaga maka semua aktivitas dapat berjalan dengan baik termasuk tidak ada biaya, tenaga, dan waktu yang harus terbuang untuk mengatasi kondisi permasalahan kesehatan yang sedang diderita. Menjaga kesehatan menjadi hal yang sebaiknya diperhatikan di era sekarang ini mengingat adanya banyak resiko penyakit disekitar lingkungan termasuk gaya hidup tidak sehat yang banyak dilakukan seperti merokok, minum alkohol, bergadang, dan lain sebagainya.

Meskipun berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah terjadinya permasalahan pada tubuh, tentu mengalaminya tetap memiliki resiko dan terkadang seseorang harus menjalani yang namanya operasi sebagai tindakan medis. Operasi merupakan pilihan yang harus diambil ketika memang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang dapat mengancam nyawa dan tentunya sudah dipertimbangkan oleh dokter sebelum memutuskannya.

Berkaitan dengan operasi tersebut, tentu bagi yang pernah merasakan atau yang pernah melihat teman dan orang terdekat menjalani operasi dalam bentuk apapun seringkali muncul istilah bahkan seseorang yang sudah berhasil menjalani operasi pada saatnya akan kentut untuk pertama kali sebagai pertanda tentu. Berikut penjelasan mengenai manfaat kentut setelah operasi yang dapat diperhatikan lebih jelas dan detail terutama yang sedang menjalaninya dalam ulasan di bawah ini.

1. Menandakan pulihnya saluran pencernaan

Beberapa rumah sakit dan tenaga medis kerap kali mengatakan bahwa pasien pasca menjalani operasi baru dapat makan dan minum dengan leluasa setelah berhasil kentut. Kondisi tersebut dimaksudkan katena kentut pasca menjalani operasi merupakan pertanda bahwa sistem pencernaan yang dimiliki oleh tubuh sudah dapat bekerja dan kembali pulih. Dengan kembali pulihnya sistem pencernaan maka makanan yang masuk ke dalam pasien pasca operasi tentu akan mudah dicerna.

2. Pertanda efek bius yang sudah hilang

Dalam proses operasi, bius merupakan salah satu tindakan awal yang akan dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan memperlancar jalannya operasi. Bius tersebut dapat menyebabkan organ tubuh termasuk usus akan terkena efeknya sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Kentut pasca operasi menandakan bahwa gerakan usus pada pasien kembali normal akibat adanya efek bius yang sudah menghilang. Karena hal tersebut salah satu manfaat kentut setelah operasi adalah untuk memberikan tanda bahwa efek bius bagi tubuh saat operasi telah hilang.

3. Mencegah terjadinya komplikasi

Setelah menjalani operasi, ada resiko komplikasi yang dapat terjadi pada tubuh manusia terutama pada bagian pencernaannya. Penyumbatan usus menjadi salah satu kondisi komplikasi yang paling beresiko terjadi pasca menjalani operasi. Usus merupakan organ yang paling lama dapat kembali normal setelah mendapatkan efek anestesi dari bius sehingga ketika penderita pasca operasi memaksakan untuk makan sebelum usus bekerja dengan maksimal maka akan terjadi penumpukan makanan di dalam usus yang diakibatkan oleh belum kembalinya gerakan peristaltik usus. Penumpukan makanan tersebutlah yang dapat menyebabkan resiko munculnya penyumbatan usus yang lama kelamaan jika tidak diatasi akan melubangi atau merobek usus.

4. Menjadikan perawatan pasca operasi lebih maksimal dan tidak sembarangan

Salah satu manfaat kentut setelah operasi lainnya adalah membantu dalam menjadikan seseorang akan lebih berhati hati dalam menjaga tubuhnya pasca operasi. Hal ini dikarenakan kentut merupakan kondisi pertanda yang harus dicapai terlebih dahulu untuk dapat kembali beraktivitas lebih normal dan mengkonsumsi makanan secara leluasa. Sebelum datangnya kentut dan pemahaman tentang fungsi kentut tersebut maka pasien dan keluarga pasien akan lebih memperhatikan perawatan pasca operasi dan tidak bertindak secara sembarangan. Penting untuk selalu bertindak dengan benar dan tidak sembarang mengingat pasca operasi tubuh membutuhkan waktu untuk dapat pulih sedia kala.

Itulah beberapa manfaat kentut setelah operasi yang perlu diperhatikan dengan baik untuk semua jenis operasi yang menggunakan bius dalam prosesnya. Menunggu kentut sebagai bagian dari pertanda bahwa sistem pencernaan sudah dapat berlangsung dengan baik sebelum mengkonsumsi makanan berat dalam jumlah yang cukup banyak merupakan hal yang sebaiknya dilakukan mengingat adanya resiko jika aktivitas makan dipaksakan sebelum pencernaan dan gerak peristaltik usus muncul. Penderita juga harus benar benar memastikan bahwa dirinya tidak bisa kentut sembari memperhatikan beberapa gejala munculnya pertanda resiko penyumbatan usus.

Pasien pasca operasi juga sebaiknya selalu menanyakan terkait perkembangan kondisi tubuhnya kepada tenaga medis yang menangani agar tidak salah dalam melakukan hal yang berkaitan dengan proses penyembuhan tubuhnya. Beberapa gejala yang perlu diperhatikan ketika belum juga dapat kentut pasca operasi diantaranya seperti munculnya rasa mual dan muntah yang berlebihan, perut yang terasa nyeri dan kembung, dan sulit untuk buang air besar. Jika pertanda tersebut muncul maka segera lakukan konsultasi untuk mengetahui penyebab dan mencari cara pengatasannya sehingga komplikasi yang berbahaya bagi tubuh tidak terjadi.