11 Manfaat Kemasan Produk Kerajinan yang Dijual di Pasaran

Setiap produk terutama produk pabrikan yang beredar di pasaran pasti ditempatkan dalam suatu kemasan atau wadah. Hampir setiap macam produk dari makanan, minuman, kosmetik, kebutuhan tumah tangga dan lain sebagainya pasti dikemas ke dalam suatu box kertas, plastik atau lainnya. Pengemasan produk ini tentunya tidak hanya sebagai penghias produk saja, namun ada beberapa tujuan dan manfaat kemasan produk lain seperti berikut ini:

  • Mencegah produk mengalami kerusakan misalnya kontaminasi dari bakteri, polusi, benturan yang bisa mengurangi kualitas produk di dalamnya. Contohnya jika produk seperti abon tidak dikemas, maka bisa terkontaminasi jamur sehingga manfaat abon bagi kesehatan dapat hilang.
  • Untuk mewadahi produk yang bertujuan agar produk tidak mengalami cacat dan kerusakan setelah keluar dari pabrik. Karena mulai dari proses pengiriman produk sampai dengan tangan konsumen terdapat risiko produk rusak baik karena terjatuh, terbentur dan lainnya.
  • Kemasan juga bermanfaat untuk mempercantik produk dengan mengkeasikan kemasan sedemikian rupa, sehingga konsumen akan tertarik untuk mencoba dan membeli produk tersebut. Misalnya pada produk kosmetik, kemasan produk pasti juga menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan calon pembeli.
  • Melindungi produk dari kondisi lingkungan seperti panas, angin atau kondisi udara yang bisa merusak produk. Contohnya untuk produk makanan ringan seperti keripik, jika tidak dikemas dengan baik makan manfaat makanan ringan yang harusnya krispi menjadi mlempem atau tengik ketika dikonsumsi.
  • Salah satu manfaat kemasan produk yang paling penting adalah untuk memberikan informasi mengenai kandungan produk, seperti informasi gizi komposisi pada produk makanan. Sehingga dengan melihat kemasan, pembeli bisa mengetahui keamanan dan masa pakai produk yang akan dibeli.
  • Menyediakan kenyamanan dan mempermudah konsumen memakai produk. Contohnya pada produk air minum aqua dibuat botol agar konsumen mendapatkan manfaat aqua dengan mudah, juga produk kosmetik yang dibuat pump atau tube untuk memudahkan pengambilan produk.
  • Pengemasan juga dapat mempermudah penyimpanan dan penghitungan produk, sehingga dapat lebih efisien. Misalnya untuk produk dengan box penyimpanan bisa ditumpuk, juga penghitungan seperti satu kaleng minuman atau lainnya.
  • Memperlihatkan ke khas an suatu produk, yang biasanya ditemukan pada produk makanan tradisional yang menggunakan pengemasan dengan daun. Contohnya manfaat daun pisang untuk membungkus berbagai makanan seperti lontong, nagasari dan lainnya yang juga bisa menambah aroma dan kesedapan makanan.
  • Pengemasan khusus pada produk kimia seperti pestisida, cairan kimia berbahaya, gas beracun dan lain sebagainya, dapat mencegah produk tercecer. Karena jika sampai bocor atau tercecer, tidak hanya merusak produk dan lingkungan sekitar saja tapi juga berbahaya bagi kesehatan manusia.
  • Pengemasan juga dapat menentukan daya jual produk, karena jika produk dikemas dengan cantik dan menarik akan membuat konsumen tertarik untuk membeli. Sehingga produsen bisa memperoleh manfaat membuka usaha untuk mendapatkan keuntungan dengan maksimal.
  • Memperluas jangkauan pemasaran produk, terutama pada produk makanan tradisional atau produk dari industri kecil. Contohnya bila sebagian besar produk makanan tradisional dikemas secara tradisional juga, dengan sedikit mengkreasikan dan meningkatkan kualitas kemasan dapat memperluas pemasaran hingga ke toko besar.

Demikian ulasan tentang manfaat kemasan produk yang berada di pasaran dari produk makanan, minuman, bahan kimia, kosmetik dan lain sebagainya yan ternyata tidak hanya sekedar mempercantik produk saja.

, ,
Oleh :
Kategori : Peralatan