7 Manfaat Ikan Komet untuk Menenangkan Fikiran

Ikan komet merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara di Indonesia. Walaupun secara umum ikan komet sebagai ikan hias masih kalah saing dengan beberapa jenis ikan hias lainnya seperti contohnya manfaat ikan mas koki yang katanya membawa keberuntungan, ikan komet yang sebenarnya masih merupakan salah satu turunan dari ikan mas koki juga memiliki ciri khas dan keuntungan tersendiri bagi para pecinta ikan hias.

Apa Itu Ikan Komet?

Ikan komet memiliki ciri khas yang sangat unik dimana warnanya didominasi oleh warna putih dengan corak warna orange kemerahan. Ikan komet juga memiliki ekor yang sangat panjang sehingga sangat menarik dan cantik jika berada di dalam akuarium. Ikan ini memiliki nama latin Carassius auratus itu artinya ikan ini memang berkerabat dengan ikan mas koki jadi tidak heran dari coraknya yang tak berbeda jauh namun memang dari bentuk tubuh sangat berbeda.

Manfaat Ikan Komet

Dibalik warnanya yang cantik dan skill renangnya yang gesit sehingga jika diletakkan di dalam akuarium yang penuh dengan aksesoris ikan ini tidak akan terganggu sama sekali. Hal tersebut merupakan beberapa keunggulan dari ikan komet selain itu tentu saja masih banyak keunggulan lain dari ikan komet sehingga walaupun kalah saing dengan ikan hias lainnya namun masih saja ada yang mencari dan menggemari ikan ini. Manfaat memelihara ikan komet tentunya berbeda dengan manfaat memelihara kucing, anjing atau hewan lainnya karena ikan tidak bisa dipeluk tapi tetap saja ada beberapa keunggulan khusus yang didapat dari memelihara ikan hias.

  1. Perawatan yang Relatif Mudah

Salah satu manfaat ikan komet terutama bagi para pecinta ikan hias yang juga suka membudidayakan ikan hias untuk tujuan dijual kembali adalah karena perawatan ikan komet yang relatif mudah dibandingkan dengan ikan-ikan hias lainnya. Yang terpenting adalah agar selalu menjaga kebersihan air agar ikan komet tidak mudah terserang penyakit akibat air yang kotor dan tercemar.

  1. Memiliki Ketahanan Tubuh yang Sangat Baik

Dibandingkan dengan ikan mas koki yang juga merupakan salah satu jenis ikan hias turunan yang sama dengan ikan komet, ikan hias ini memiliki ketahanan tubuh yang sangat baik. Namun tentu saja hal ini bergantung dengan kebersihan akuariumnya. Dengan kata lain jika kebersihan akuarium sudah terjaga maka Anda tidak perlu khawatir berlebihan karena ikan ini tidak mudah terserang penyakit.

  1. Lebih Menggemari Asupan Protein Alami sebagai Pakan

Pelet memang mungkin solusi yang mudah dalam memberikan pakan pada ikan namun tahukah Anda bahwa ikan komet ini jauh lebih menggemari asupan protein yang alami jadi bukan pelet. Mengapa hal ini menjadi salah satu keunggulan dari ikan komet? Well, karena sebenarnya ikan ini lebih suka makan cacing dan serangga kecil seperti semut, jentik dan lalat yang sebenarnya tidak sulit ditemukan. Yang unik dari ikan komet adalah ikan ini juga menyukai beberapa tanaman seperti brokoli dan selada.

  1. Harganya yang Relatif Murah

Keuntungan ikan komet yang lain adalah bahwa ikan ini relatif murah sehingga tidak sulit untuk menemukan target market. Berbeda dengan manfaat ikan louhan bagi pembelinya yang bisa dijadikan investasi karena harganya mahal, alasan mengapa banyak orang masih menggemari ikan komet adalah karena selain ikan ikan ini cantik, perawatannya mudah tapi dapat dibeli dengan harga yang relatif murah.

  1. Lebih Atraktif dan Agresif

Ada banyak sekali jenis ikan hias dan ikan komet tergolong dalam ikan yang atraktif dan agresif. Jadi jika Anda adalah salah satu penggemar ikan hias yang suka melihat ikan berenang-renang aktif dan bukannya hanya diam di dalam akuarium memilih ikan komet sebagai pilihan ikan hias sangatlah tepat.

  1. Mengurangi Stress bagi Pemeliharanya

Salah satu manfaat ikan hias adalah tentunya memberikan keuntungan lebih bagi pemeliharanya dan salah satu manfaat ikan komet jika dipelihara adalah dapat mengurangi stress. Tidak mudah mengatasi stress bahkan beberapa orang lebih memilih untuk bertemu dengan dokter namun tahukah Anda bahwa memelihara ikan bisa juga menjadi solusi untuk mengurangi stress.

  1. Membantu Menenangkan Fikiran

Beberapa penelitian menunjukkan ada banyak sekali manfaat ikan bagi kesehatan manusia dan ternyata memelihara ikan hias dapat membantu menenangkan fikiran. Hal ini dikarenakan ketika melihat ikan yang berenang-renang di dalam akuarium bisa memberikan efek yang menenangkan. Jadi jika Anda sedang suntuk tapi tidak memiliki waktu untuk keluar rumah cobalah solusi memelihara ikan hias guna membantu menenangkan dan menyegarkan fikiran.

Ada banyak sekali manfaat ikan hias bagi kehidupan manusia terutama bagi kesehatan jiwa mengingat tekanan pekerjaan dan tuntutan hidup yang tinggi kadang membuat orang mudah terkena stress. Memelihara ikan seperti ikan komet yang perawatannya tidak sulit serta memiliki ketahanan tubuh yang baik asalkan kebersihan tetap terjaga tentunya tidak akan menambah stress pemeliharanya namun justru sebaliknya ikan hias cantik yang sedang berenang-renang di dalam akuarium bisa memberikan efek yang menenangkan sehingga stress bisa hilang seketika. Jika akhir-akhir ini Anda merasa mulai stress cobalah pelihara ikan hias seperti ikan komet ini yang harganya murah serta perawatannya mudah.