16 Manfaat Gemar Beribadah untuk Kesehatan Pisik dan Psikis

Beribadah merupakan kewajiban manusia kepada Allah Swt sebagai bentuk ketaatan, ketakwaan, kepada Allah Swt baik dengan lisan, perbuatan, dan badan yang dilakukan secara ikhlas dan sepenuh hati, tanpa adanya paksaan. Beribadah bahkan menjadi kebutuhan bagi manusia untuk mencapai ridho ilahi,  serta untuk mendapatkan pahala sebagai bekal di akhirat kelak.

Selain untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT beribadah juga mendatangkan kesejateraan bagi anda salah satu nya dengan manfaat surat yasin.

Berikut manfaatnya untuk kesehatan psikis dan pisik antara lain:

1. Ketenangan hati.

Dengan beribadah dan berserah diri kepada Allah, seperti membaca al-qur’an hati akan menjadi lebih tenang dan tentram, memupuk rasa cinta kepada Allah dan keyakinan bahwa setiap masalah dan musibah datang dari Allah sebagai bentuk ujian atas keimanan anda, dan keyakinan bahwa ada hikmah dibalik semua kejadian yang menimpa anda akan menjadikan fikiran anda lebih tenang dan tentram.

2. Terhindar dari strees.

Melakukan ibadah terutama sembahyang malam akan membuat hati lebih tenang, berpengaruh positif untuk kesehatan psikis anda sehingga terhindar dari gelisah dan stress.

3. Lebih bahagia.

Orang yang gemar beribadah akan senantia bersyukur kepada sang pencipta untuk segala nikmat dan karunia yang telah diberikan, serta berserah diri kepada Allah, akan berdampak lebih bahagia dalam hidupnya, karena tidak menyimpan beban fikiran.

4. Menjadi lebih semangat.

Banyak beribadah memberikan ketenangan hati, otak dan fikiran lebih segar sehingga membuat anda semakin semangat menjalankan kegiatan dan rutinitas anda.

5. Menyehatkan pencernaan.

Melakukan ibadah puasa Ramadhan atau puasa Sunnah lainnya akan memberikan kesempatan kepada pencernaan anda untuk beristirahat, setelah berkerja keras setiap hari mencerna makanan dan menjalankan fungsinya.

6. Mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

Ibadah puasa dapat membantu mengeluarkan racun-racun yang tersimpan dalam  tubuh atau lebih dikenal dengan istilah detoksifikasi.

7. Mengurangi kadar gula darah.

Manfaat puasa untuk kesehatan yakni dapat mengurangi kadar gula darah hal itu karena ketika anda berpuasa pemecahan glukosa meningkat agar tubuh mendapatkan energy, sehingga mengurangi produksi insulin.

8. Mengurangi tekanan darah tinggi.

Selama anda melakukan ibadah puasa glukosa dan lemak digunakan untuk menghasilkan energi, metabolisme tubuh menjadi stabil sehingga tekanan darah menurun.

9. Melancarkan sirkulasi darah.

Gerakan solat seperti takbiratul ihram dapat membantu memperlancar aliran darah keseluruh tubuh, ketika mengangkat kedua tangan, sehingga otot bahu merenggang saat itulah aliran darah yang kaya oksigen menjadi lancar, ketika rukuk aliran daran pada tubuh bagian tengah menjadi maksima.

10. Mencegah gangguan prostat.

Gerakan rukuk dapat memperlancar aliran darah, sebagai relaksasi  otot-otot dan latihan kemih untuk mencegah gangguan pada prostat.

11. Menyehatkan otak.

Melakukan gerakan sujud saat solat ketika posisi jantung berada di atas otak menjadikan darah yang kaya oksigen mengalir ke otak, sehingga pasokan darah keotak tercukupi sehingga otak lebih sehat. Ibadah lainnya yang bermanfaat untuk otak yaitu manfaat menghapal al-qur’an dapat meningkatkan kecerdasan dan daya fikir menjadi lebih baik.

12. Menjaga Kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Rukuk dan sujud serta duduk setelah sujud pada gerakan solat memiliki manfaat yang besar untuk kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan karena membantu berkontraksinya otot-otot pada perineum dan dapat memperbaiki oragan reproduksi pada perineum.

13. Memelihara struktur tulang belakang.

Gerakan rukuk ketika solat dapat membantu menjaga dan memelihara struktur tulang belakang anda agar berada pada posisi yang tegak dan sempurna, serta mampu mencegah pengeroposan tulang belakang.

14. Mengencangkan kulit.

Ketika melakukan gerakan terakhir dalam solat yaitu salam, dapat meregangkan otot-otot bagian leher dan kepala dapat melancarkan aliran darah pada bagian tersebut, serta menjaga kekencangan kulit wajah.

15. Menghilangkan penyakit hati.

Penyakit hati disini bukan penyakit Hepatitis atau kanker hati, melainkan penyakit bathin seperti sombong, angkuh, iri, angkuh, arogan dan sebagainya, dengan manfaat membaca alqur’an dan sembahyang akan membersihkan penyakit hati.

16. Dimudahkan dan dilancarkan rizky.

Beribadah sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah dan memohon untuk dimudahkan segala urusan seperti kemudahan rizky, salah satunya keutamaan atau manfaat solat sunah fajar  dapat mempermudah jalan nya rizky anda.

 

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan