Ini, Manfaat Daun Tapak Liman Untuk Asam Urat

Daun tapak liman atau mempunyai nama latin Elephantophus Scaber Linn merupakan tanaman yang sering dijumpai tumbuh subur pada kawasan asia. Tanaman yang, dan paling sering digunakan sebagai bahan obat tradisional dalam menyembuhkan penyakit neoplasma, dan tanaman ini dapat mengobati beragam macam penyakit salah satunya adalah asam urat.

Asam urat merupakan penyakit arthritis yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit yang muncul tiba-tiba pada bagian sendi tubuh. Bagian tubuh yang paling sering terkena asam urat adalah jempol kaki, dan juga beberapa bagian lainnya seperti tangan, siku, serta lengan.

Penyakit ini paling sering dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia, namun terkadang tidak jarang juga anak-anak usia muda bisa menderita penyakit ini. Jadi bagi kamu yang masih berusia muda tetapi sering sekali merasakan sakit tiba-tiba atau bengkak dibagian yang sering terjadinya asam urat maka kemungkinan besar kamu juga sedang menderita asam urat.

Penyebab terjadinya asam urat biasanya disebabkan oleh penumpukan kadar asam urat itu sendiri didalam tubuh.

Mengobati asam urat dengan daun tapak liman

Tapak liman berkhasiat dalam mengobati asam urat, dikarenakan mengkonsumsi tanaman ini dapat melancarkan buang air kecil yang dimana kristal asam urat tersebut akan keluar melalui air kencing, Selain itu tapak liman juga mengandung alkaloid dan flavonoid yang bisa menghambat proses pembentukan kristal asam urat didalam tubuh.

Cara penggunaannya dengan menumbuk dan memeras air sari dari daun tapak liman tersebut, lalu diminum dengan air hangat. Kamu juga bisa merebusnya terlebih dahulu hingga mendidih, lalu meminumnya dengan takaran 250cc.

Daun tapak liman untuk asam urat sangat baik. Daun tapak liman memang sering digunakan oleh orang-orang zaman dahulu untuk mengatasi penyakit.

Manfaat Lain Dari Daun Tapak Liman

Bukan hanya mengobati asam urat, seperti yang saya bilang sebelumnya diatas bahwa daun ini juga berkhasiat dalam mengobati beragam penyakit lainnya yang diantaranya seperti :

1. Dapat mengatasi peradangan

Anti Inflamasi yang terdapat pada daun tapak liman dapat mengatasi luka-luka yang terjadi akibat peradangan. Dengan menggunakan daun tapak liman maka kamu pun dapat merasakan manfaat untuk mengatasi peradangan mu.

2. Mengobati diare

Kandungan anti bakteri pada daun ini juga bisa mengatasi diare yang biasanya disebabkan bakteri pada usus. Selain itu manfaatkanlah pula manfaat daun sena yang juga mampu untuk mengatasi diare dan membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh. 


3. Membuang racun pada tubuh

Selain mengobati diare, dengan kandungan anti bakteri yang ada pada tanaman ini juga bisa membuang racun yang menumpuk didalam tubuh.

4. Mengatasi nyeri saat haid

Rasa nyeri saat masa haid pada wanita biasanya terjadi pada saat awal atau pertengahan, dan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, itulah kenapa wanita sering suka marah-marah saat masa haid tiba.

Daun tapak liman bisa digunakan untuk mengatasi rasa nyeri tersebut, sehingga para wanita yang sedang haid bisa menjalankan aktifitasnya dengan normal seperti biasa. Nyeri saat haid juga dapat kam manfaatkan minum asam jawa karena pada saat nyeri haid selian tapak liman asam jawa juga baik untuk kesehatan.

5. Obat Untuk Cacar

Biasanya penyakit cacar ini terjadi pada anak-anak usia muda. Tapak liman bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit cacar tersebut.

Itulah Manfaat Daun Tapak Liman yang dapat kamu manfaatkan, karena selain dapat digunakan untuk asam urat ternyata daun tapak liman memiliki manfaat lain yang juga baik untuk menjaga kesehatan.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal