10 Manfaat Daun Jarak Untuk Wanita yang Belum Diketahui

Daun jarak sudah sejak lama digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dalam biji jarak mengandung minyak ricinic, glyceride dan juga lipase. Sedangkan bagian daun mengandung kaemferol, quercetin, vitamin C dan juga astragalin, sedangkan minyaknya linoleic, dan juga ricinine dan bagian akar yang mengandung beta sitosterol, triynoate dan methyltrans. Dengan begitu banyak kandungan dalam daun jarak ini, maka ada juga banyak manfaat daun jarak untuk wanita yang bisa digunakan seperti yang akan kami ulas berikut ini.

  1. Mengatasi Gangguan Menstruasi

Untuk wanita yang sedang dalam siklus menstruasi sangat dianjurkan untuk menggunakan daun jarak yang sudah diekstrak menjadi minyak. Kandungan asam ricinoleic dalam daun ini sangat baik untuk mengatasi berbagai gangguan menstruasi seperti menstruasi tertunda, mengurangi rasa sakit dan juga mengurangi kram yang menyakitkan selama masa menstruasi tersebut.

  1. Mempromosikan Laktasi

Kegunaan berikutnya dari daun jarak adalah untuk mempromosikan laktasi atau memperbanyak ASI yang dihasilkan. Daun ini akan bertindak untuk meningkatkan kuantitas ASI karena dalam daun jarak mengandung asam lemak sehingga kualitas dan kuantitas ASI bisa semakin ditingkatkan.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun jarak juga bisa digunakan untuk solusi kecantikan kulit dengan cara mencegah infeksi bakteri pada kulit. Selain itu, daun ini juga digunakan untuk mengatasi berbagai masalah lain seperti jerawat, stretch mark, terbakar matahari dan juga mengatasi kulit kering. Dengan ini, daun jarak bisa digunakan untuk mengatasi stretch mark selama masa kehamilan yang biasanya terjadi karena penambahan dan penurunan berat badan secara drastis.

  1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Dalam daun jarak juga mengandung asam ricin dan ricinoleic yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut agar tetap sehat dan terhindar dari infeksi jamur dan mikroba. Selain itu, daun jarak juga berguna untuk merangsang sirkulasi darah sehingga bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

  1. Menebalkan Alis

Bagi banyak wanita yang ingin memiliki alis tebal dan daun jarak ini bisa digunakan untuk menebalkan alis secara alami dengan cara mengoleskan daun jarak yang sudah diekstrak menjadi minyak dan dioleskan malam hari sebelum tidur.

  1. Mengatasi Keputihan

Keputihan menjadi masalah umum yang paling sering dialami setiap wanita di dunia. Kandungan alami dalam daun jarak ini sangat baik digunakan untuk mencegah keputihan dan juga meningkatkan kesehatan vagina secara menyeluruh.

  1. Menyamarkan Bekas Luka

Dalam daun jarak juga mengandung manfaat vitamin C yang bisa menyamarkan bekas luka dengan cara yang sangat mudah yakni hanya dengan menempelkan daun jarak pada area bekas luka. Cuci dan remas daun jarak untuk mendapatkan ekstrak dan juga bisa digunakan sebagai baluran untuk menghilangkan bekas luka.


  1. Menutupkan Pori Pori

Para wanita seringkali bermasalah dengan kulit sebab pori pori terlihat besar dan membuat kulit terlihat kusam dan mengurangi penampilan. Untuk itu, daun ini bisa diremas remas dan digunakan untuk mengecilkan pori pori besar yang sekaligus mengangkat sel kulit mati pada kulit anda.

  1. Menghilangkan Bau Badan

Daun jarak juga sangat baik untuk menghilangkan bau badan tidak sedap. Untuk cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan daun jarak dengan air mandi sehingga bisa menyegarkan badan sekaligus membuat badan lebih harum.

  1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah masalah umum yang sering dialami banyak wanita baik orang dewasa dan anak anak yang biasa disebabkan karena polusi, debu dan berbagai masalah lainnya. Daun jarak ini bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan cara menghancurkan daun jarak dengan cara blender atau ditumbuk. Hal ini disebabkan karena daun jarak mengandung sifat anti inflamasi, anti bakteri dan juga anti peradangan sehingga bisa mengurangi rasa sakit akibat jerawat meradang.

Ada begitu banyak manfaat daun jarak untuk wanita yang bisa digunakan baik untuk masalah menstruasi dan juga menjaga kesehatan kulit. Selain itu, menggunakan daun jarak juga terbilang sangat praktis dan murah karena tumbuh dengan liar baik di halaman atau di pinggir jalan.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan