8 Manfaat Daging Nyambek – Kuliner Ekstrim dan Berbahaya

Ekstrim kuliner sepertinya memang sedang trend saat ini. Banyak orang menantang dirinya sendiri untuk mencoba berbagai macam jenis makanan yang secara umum tidak lumrah untuk disantap, salah satunya adalah daging nyambek atau daging biawak. Terlepas dari keeksotisan dan keekstrimannya ternyata terdapat beberapa manfaat daging nyambek yang tidak banyak orang ketahui.

Manfaat Daging Nyambek

Seperti halnya manfaat kambing atau manfaat daging sapi bagi tubuh, ternyata daging nyambek juga mengandung berbagai macam kandungan gizi yang cukup baik jika dikonsumsi. Tapi sebaiknya memang mengkonsumsi daging nyambek jangan terlalu sering karena beberapa penelitian justru menyatakan bahwa daging nyambek banyak mengandung bakteri atau parasit yang justru dapat berbahaya bagi kesehatan. Sebelum membahas tentang bahaya mengkonsumsi daging nyambek ketahui terlebih dahulu manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsi daging nyambek.

  1. Kandungan Proteinnya Sangat Tinggi

Seperti halnya daging hewan lainnya, daging nyambek juga kaya manfaat protein. Seperti yang sudah diketahui protein merupakan senyawa penting dalam sistem metabolisme tubuh yang membantu pembentukkan otot dan menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap dapat berfungsi secara optimal.

  1. Mengandung Zat Besi yang Baik untuk Kesehatan

Salah satu kandungan yang cukup tinggi terdapat pada daging nyambek atau daging biawak ini adalah kandungan zat besi. Manfaat zat besi seperti yang sudah diketahui adalah sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan demikian, berpengaruh pada pendistribusian nutrisi serta oksien ke seluruh bagian tubuh. Sel darah merah yang cukup juga dapat mengurangi risiko anemia.

  1. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan zat besi dan vitamin B12 yang terdapat pada daging nyambek juga berfungsi dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya sudah banyak diketahui tak hanya zat besi yang dapat mengoptimal produksi sel darah merah, manfaat vitamin B bagi tubuh terutama vitamin B12 juga memiliki fungsi yang serupa. Ditambah lagi vitamin B12 juga baik untuk sistem saraf.

  1. Meningkatkan Stamina

Siapa yang tidak ingin memiliki stamina yang stabil yaitu tetap selalu berenergi dan bertenaga seperti ketika memulai hari di pagi hari? Salah satu manfaat daging biawak bagi pria adalah dapat meningkatkan stamina tak hanya di pagi hari tapi juga sepanjang hari.

  1. Sebagai Sumber Energi Dibutuhkan oleh Tubuh

Memiliki stamina yang stabil perlu didukung dengan memiliki sumber energi yang cukup. Daging nyambek yang tinggi kandungan zat besi serta kalori dapat menjadi sumber energi yang diperlukan.

  1. Mengatasi Penyakit Gatal-gatal

Beberapa orang yang pernah mengalami masalah gatal-gatal pada kulit direkomendasikan untuk mengkonsumsi daging nyambek dan hasilnya ternyata banyak yang mengklaim bahwa sangat signifikan.

  1. Dapat Mengatasi Beberapa Penyakit Kulit

Tak hanya gatal-gatal beberapa jenis penyakit kulit seperti alergi dan iritasi juga diklaim dapat diobati hanya dengan mengkonsumsi daging nyambek secara teratur.

  1. Mengobati Penyakit Asma

Selain dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit dan gatal-gatal ternyata daging nyambek ini juga dapat mengobati beberapa jenis penyakit pernafasan dan salah satunya adalah asma. Asma memang jenis penyakit yang tak dapat disembuhkan namun gejala asma dapat dikurangi dengan menghindari pemicu alerginya.

Bahaya Mengkonsumsi Daging Nyambek

Dibalik manfaat yang bisa Anda dapatkan seperti disebutkan diatas ternyata daging nyambek menyimpan banyak sekali bahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. Hal ini dikarenakan kebiasaan makan hewan ini yang tidak higienis serta banyaknya parasit berbahaya yang bisa masuk ke tubuh kita jika mengkonsumsi daging nyambek.

  • Menurut penelitian, dalam sistem pencernaan biawan atau nyambek ini terdapat satu jenis cacing pita yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia jika sampai masuk ke dalam tubuh manusia yaitu jenis cacing pita sparganosis. Cacing ini sangat sulit mati bahkan ketika daging nyambek telah dimasak. Jika cacing pita ini masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak di usus manusia dapat menyebabkan infeksi dan akhirnya merusak jaringan tubuh.
  • Selain cacing pita terdapat juga beberapa jenis bakteri berbahaya yang ternyata juga dapat menyebabkan berbagai macam alergi dan gangguan kulit diantaranya adalah bakteri mycobacterium. Bakteri ini jika masuk ke dalam sistem tubuh akan merusak sistem jaringan kulit dan membuat pengkonsumsinya mengalami berbagai macam masalah kesehatan kulit.
  • Bagi wanita yang suka mengkonsumsi makanan-makanan ekstrim seperti daging nyambek harus berfikir dua kali karena menurut penelitian, daging nyambek mengandung sejenis parasit yaitu pentastomiasi yang justru dapat menyebabkan munculnya kista. Seperti yang sudah diketahui bahaya kista bagi wanita tak hanya menyebabkan masalah pada organ reproduksi tapi juga menyebabkan seorang wanita akan kesulitan untuk mendapatkan keturunan.

Mencoba berbagai macam jenis kuliner ekstrim tidaklah dilarang tapi sebaiknya juga harus pilih-pilih makanan yang akan kita masukkan ke dalam tubuh kita. Jika makanan tersebut lebih banyak bahayanya dari pada manfaatnya bukankah sebaiknya dihindari untuk mengkonsumsinya. Manfaat daging biawak bagi kesehatan tubuh memang banyak tapi bahayanya pun juga tidak terhindarkan.