5 Manfaat Daging Cicak Kering yang Tak Disangka

Cicak merupakan salah satu jenis binatang yang lumrah ditemukan di setiap rumah bahkan selain suaranya yang khas, cicak biasanya tidak terlalu diperdulikan kecuali ketika tiba-tiba jatuh dan dianggap sebagai pertanda adanya suatu kesusahan. Banyak sekali mitos tabu di sekitar cicak bahkan dalam Hadist juga diriwayatkan bahwa sunnah membunuh cicak.

Manfaat Cicak bagi Kehidupan

Banyak cerita seputar cicak mulai dari yang berupa mitos seperti manfaat ekor cicak bercabang yang sering dijadikan jimat sampai beberapa fakta menarik namun keberadaan binatang yang satu ini memang jarang diperdulikan tapi ternyata dibalik itu semua ternyata terdapat beberapa manfaat cicak bagi kehidupan manusia yang tidak disadari seperti:

  • Pemakan Serangga

Cicak juga bisa membantu mengurangi populasi nyamuk di dalam rumah Anda.

  • Membantu Melindungi Pakaian dari Ngengat

Ternyata tanpa disadari cicak juga dapat mengurangi risiko pakaian Anda di makan ngengat karena ngengat juga salah satu makanan utama cicak.

  • Makanan untuk Binatang Peliharan

Cicak mengandung banyak sekali manfaat protein sehingga cocok untuk makanan binatang peliharaan baik kucing ataupun burung.

Manfaat Daging Cicak bagi Kesehatan

Beberapa waktu terakhir banyak sekali beredar obat herbal yang terbuat dari cicak putih ternyata setelah diteliti banyak sekali manfaat daging cicak bagi kesehatan.

  1. Mengobati Penyakit Asma

Fakta bahwa cicak dapat mengobati penyakit asma sudah dibawa secara turun temurun oleh para tabib dari tiongkok. Pengobatan tradisional Cina sudah menggunakan berbagai macam jenis hewan melata sejenis cicak seperti kadal untuk mengobati berbagai penyakit dan salah satu manfaat reptil bagi manusia adalah cicak putih. Tidak perlu khawatir, jika tidak bisa mengkonsumsi cicak kering sekarang sudah tersedia dalam bentuk kapsulnya.

  1. Mengatasi Berbagai Macam Penyakit Kulit

Cicak memang dianggap sebagai hewan yang menjikikan untuk dilihat apalagi untuk dikonsumsi terutama bagi sebagaian besar orang. Namun ternyata secara tradisional cicak kering sudah dijadikan obat turun temurun oleh masyarkat Cina untuk mengatasi berbagai macam penyakit kulit seperti gatal-gatal terutama yang disebabkan oleh alergi.

  1. Membantu Mengatasi Wasir

Wasir merupakan jenis penyakit yang tak hanya menyakitkan tapi juga dianggap memalukan oleh sebagaian besar penderitanya. Kebanyakan para penderita wasir enggan mengakui bahwa mereka memiliki penyakit ini. Tidak mudah mengobati wasir dan obat modern sifatnya hanya mengurangi efeknya saja dan jarang sekali yang menyembuhkan jadi wasir masih akan sering kambuh. Ternyata sejak jaman dahulu, pengobatan tradisional Cina sudah menggunakan cicak putih kering serta manfaat daging tokek untuk membantu mengatasi wasir.

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Bagi pengobatan tradisional Cina sistem pencernaan adalah sistem kunci dimana sumber kebaikan dan keburukan bagi kesehatan berasal oleh karena itu harus seimbang seperti yin dan yang. Salah satu manfaat daging cicak kering juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

  1. Dapat Mengobati Kanker

Beberapa penelitian akhir-akhir ini juga menyebutkan bahwa daging cicak putih memiliki potensi untuk mengobati kanker seperti halnya manfaat kayu bajakah. Dikarenakan daging cicak dianggap mengandung protein yang sangat tinggi dan bagi penderita kanker, regenerasi sel sangatlah penting untuk menggatikan sel-sel yang sudah rusak akibat terkena kanker atau sebagai efek samping kemoterapi. Mengkonsumsi supplemen yang terbuat dari daging cicak kering dapat membantu mengatasinya.

Cara Mengatasi Populasi Cicak di Rumah

Seperti disebutkan di atas, manfaat cicak pada rantai makanan cukup signifikan namun kebanyakan orang tidak menyukai melihat cicak di rumah mereka alasannya bermacam-macam namun kebanyakan karena takut dan geli. Jadi banyak orang memakai berbagai cara untuk mencegah cicak masuk ke dalam rumah seperti melakukan hal-hal berikut ini:

  • Memasang perangkap tempel yang sebenarnya cukup efektif tapi tergolong kejam. Ketiak cicak menempel di perangkap biasanya orang langsung saja membuang kertas perangkap ke tempat sampah. Cicak akan mati perlahan-lahan karena tidak dapat bergerak.
  • Menyemprotkan semprotan serangga juga sering dilakukan untuk mengusir cicak tapi terbukti hal ini tidak terlalu efektif walaupun cicak pergi saat di semprot tapi kemudian cicak akan kembali lagi masuk ke rumah.
  • Tahukah Anda bahwa cicak memiliki penciuman yang sangat sensitif, mereka tidak menyukai bau bawang putih atau bawang merah. Menggantung atau meletakkan bawang putih dan bawah merang di sudut-sudut rumah mungkin dapat mengusir cicak tapi tentunya Anda harus sering mengganti bawang yang sudah busuk dan Anda juga harus siap bahwa rumah Anda akan berbau bawang.

Sebenarnya apa yang menarik cicak masuk ke dalam rumah? Seperti disebutkan di atas manfaat cicak dalam kehidupan salah satunya adalah sebagai pemakan serangga. Jika di rumah Anda banyak serangga seperti nyamuk, semut dan serangga kecil lainnya maka cicak akan dengan hati masuk ke rumah Anda. Jadi dengan kata lain jika Anda tidak ingin ada cicak masuk ke rumah pastikan rumah Anda juga aman dari serangga-serangga kecil yang menjadi makanan utama cicak.