9 Manfaat Cangkang Telur Bagi Kesehatan – Kerajinan – Kecantikan

manfaat cangkang telurCangkang telur biasanya menjadi bagian telur yang dibuang karena tidak bermanfaat. Cangkang telur adalah bagian terluar telur yang melindungi telur agar tidak mudah goyah. Cangkang telur berwarna putih, kuning atau kuning kecoklatan. Tekstur kulit luarnya memiliki bentuk seperti bintik-bintik lembut yang terasa oleh kulit saat dipegang. Sedangkan cangkang pada bagian dalam berwarna putih dan terlihat seperti dibungkus oleh membran yang sangat tipis. Cangkang memiliki karakter yang lemah, mudah retak dan akan lebih keras bila sudah direbus.

Hampir kebiasaan semua orang cangkang telur akan dibuang dan menjadi bahan yang tidak bermanfaat. Namun di beberapa negara maju cangkang telur menjadi salah satu suplemen alami yang bisa diolah sendiri. Cangkang telur diolah menjadi bubuk cangkang telur dan dimanfaatkan untuk menangani masalah kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bubuk cangkang telur untuk kesehatan.

1. Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Kalsium adalah zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat tulang dan gigi. Anda bisa mengkonsumsi satu sendok makan bubuk cangkang telur yang dilarutkan dalam air minum. Dalam satu sendok makan bubuk cangkang telur mengandung sekitar 900 mg kalsium.

2. Mengatasi Nyeri Sendi

Nyeri sendi biasanya banyak dialami oleh orang lanjut usia. Nyeri sendi berhubungan dengan menurunnya penyerapan kalsium oleh tulang. Terkadang kemampuan tubuh akan semakin lemah karena faktor usia. Terlebih bagi wanita yang mengalami menopause maka nyeri sendi akan lebih sering terjadi karena penurunan kalsium yang cukup tinggi. Untuk mengatasi hal ini maka bisa memakai manfaat cangkang telur untuk kesehatan sebagai sumber kalsium tambahan.

3. Melembutkan Kulit Wajah

Anda juga bisa memakai bubuk cangkang telur menjadi masker. Efek dari cangkang telur akan membentuk lapisan yang lebih lembut pada kulit wajah. Caranya adalah :

  • Larutkan bubuk cangkang telur dengan sedikit putih telur yang masih segar
  • Gunakan pada bagian wajah hingga terasa ketat dan kering pada wajah
  • bersihkan dengan handuk yang sudah direndam dalam air hangat

Kulit akan tampak lebih lembut setelah melakukan perawatan aktif selama tiga kali dalam seminggu. Tapi cara ini sangat dilarang untuk kulit wajah yang sedang berjerawat.

4. Mengobati Gatal-Gatal

Gatal kulit karena iritasi sering menyebabkan ruam kemerahan pada kulit. Untuk menghilangkan iritasi caranya dengan :

  • merendam cangkang telur yang sudah dibersihkan
  • Rendam dalam larutan yang bersifat asam selama beberapa jam
  • Setelah itu gunakan air rendaman itu untuk menyembuhkan gatal-gatal
  • Anda bisa mengoleskan atau mengompresnya

5. Membersihkan Tempat Memasak

Tempat memasak seperti panci sering menjadi kotor karena bekas memasak makanan yang sulit untuk dihilangkan. Untuk menghancurkan kerak dan lapisan bekas makanan maka andabisa menggunakan manfaat cangkang telur, caranya :

  • Campur bubuk cangkang telur dengan sedikit air dan sabun pencuci
  • Gunakan campuran ini untuk menggosok bagian noda panci yang sulit untuk dihilangkan.

6. Cangkang Telur Sebagai Pupuk Alami

Cangkang telur mengandung berbagai macam jenis mineral. Anda bisa menggunakan cangkang telur untuk menyuburkan tanah, caranya adalah :

  • hancurkan cangkang telur hingga menjadi lebih lembut
  • Masukkan cangkang telur ke dalam pot-pot kemudian tutupi dengan tanah
  • Tanaman seperti buah, sayuran atau bunga bisa menjadi sangat subur.

7. Mengendalikan Hama Tanaman

Cangkang telur mengandung kalsium yang bisa menjadi musuh utama tanaman seperti siput, hama putih dan beberapa jenis hama lain. Anda bisa menggunakan cangkang telur sebagai media untuk menumbuhkan tanaman, caranya :

  • Lubangi beberapa bagian cangkang telur kemudian masukkan dalam tanah
  • Setelah itu is cangkang telur dengan tanah dan masukkan benih bunga, buah atau sayuran
  • Tanaman akan tumbuh subur tanpa diganggu oleh hama tanaman.
  • Hal ini karena hama biasanya tidak menyukai efek dan bau cangkang telur.

8. Cangkang Telur untuk Makanan Unggas

Bubuk cangkang telur ternyata juga bisa menjadi alternatif sebagai pakan unggas. Burung, ayam maupun bebek akan lebih sehat dengan pemberian pakan dari bubuk cangkang telur. Anda bisa mencampur bubuk cangkang telur dengan jenis pakan yang lain. Kalsium akan menjadi nutrisi yang baik untuk pertumbuhan unggas.

9. Cangkang Telur Sebagai Hiasan

Manfaat cangkang telur untuk kerajinan bisa menjadi salah satu hiasan yang sangat unik. Cangkang telur yang sudah dibersihkan bisa dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu cangkang telur bisa diberi cat pada bagian luarnya dan dijadikan sebagai tempat lilin atau kerajinan lain. Bahkan cangkang telur juga bisa menjadi salah satu bahan lukisan yang sangat unik.

Cara Membuat Bubuk Cangkang Telur

Cangkang telur dari ayam petelur maupun ayam kampung bisa dirubah menjadi bahan suplemen. Cangkang telur mengandung kalsium dalam jumlah yang sangat tinggi. Bahkan lapisan membran tipis yang berada pada bagian dalam cangkang telur sangat baik untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

Berikut ini cara membuat bubuk cangkang telur yang alami :

  • Pilih jenis cangkang telur yang berkualitas. Telur dari ayam kampung yang tidak dibesarkan dengan obat sangat disarankan.
  • Bersihkan dengan air mengalir semua bagian cangkang telur. Jangan membuang membran tipis atau bagian dalam cangkang telur.
  • Rebus cangkang telur dalam air yang sudah mendidih selama 15 menit atau hingga semua bagian cangkang rata.
  • Diamkan sekitar 5 jam di tempat yang bersih hingga cangkang telur mengering.
  • Panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat Celcius.
  • Giling cangkang telur dan simpan dalam tempat yang steril.

Cangkang telur memang biasanya hanya dibuang dan menjadi sampah saja. Namun pembuangan cangkang telur sebagai sampah bisa menjadi salah satu hal yang sangat merugikan. Cangkang telur memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga sulit untuk diurai secara alami. Pengolahan cangkang telur menjadi bubuk cangkang telur bisa menjadi langkah yang sangat baik untuk mengurangi sampah.

Baca juga :

,
Oleh :
Kategori : Hewan