18 Manfaat Burung Perkutut Untuk Peliharaan dan Konsumsi

Perkutut merupakan salah satu jenis burung yang banyak dijadikan hewan peliharaan manusia karena memiliki kicau atau suara yang indah dan merdu. Selain dijadikan bisnis jual beli burung, namun ternyata bagian daging burung ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Perkutut merupakan jenis burung pemakan serangga dan biji bijian dengan ukuran tubuh sekitar 21 cm yang hidup secara berpasangan atau dalam kelompok kecil. Saat di alam liar, perkembang biakan burung perkutut berjalan dengan lambat yakni hanya 3 kali bertelur yakni saat musim kawin di sekitar bulan Januari sampai September pada sarang yang berbentuk datar tipis dan terbuat dari ranting. Berikut ini, kami punya ulasan menarik tentang manfaat burung perkutut bagi manusia mulai dari manfaat psikis sampai mental.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Satu dari sekian banyak kegunaan daging burung perkutut adalah untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh. Mengkonsumsi daging burung perkutut ini dikatakan bisa membuat tubuh terasa ringan pada saat beraktivitas. Tubuh tidak akan terasa kaku atau berat sehingga proses penyerapan nutrisi juga tidak akan terhambat dan tubuh bisa berkembang secara sempurna.

  1. Menjaga Kesehatan Organ

Seperti halnya manfaat daging hewan yang lain, daging burung perkutut ini sangat baik untuk menjaga kesehatan organ karena tinggi kandungan protein didalamnya seperti halnya manfaat whey protein. Protein berperan penting dalam regenerasi sel tubuh yang rusak sehingga kerusakan organ bisa dicegah sebaik mungkin dan mengganti sel rusak dengan sel baru yang sehat.

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Mengkonsumsi daging burung perkutut juga dikatakan ampuh untuk melancarkan buang air besar. Manfaat serat yang ada dalam daging hewan ini akan meningkatkan kinerja organ pencernaan dalam mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ini menjadi sangat penting dimana makanan yang terlalu lama tersimpan dalam perut akan semakin menumpuk racun yang bisa berbahaya untuk tubuh.

  1. Sumber Nutrisi Bagi Tubuh

Manfaat dari daging burung ini berikutnya adalah sebagai sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Dalam daging perkutut mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin B3, vitamin B6 serta vitamin B12 yang akan mencukupi kebutuhan vitamin harian selain tetap mengkonsumsi sayuran serta buah buahan setiap hari.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Dalam daging burung perkutut yang mengandung vitamin ini sangat baik juga dikonsumsi untuk meningkatkan proses peredaran darah. Aliran darah akan semakin lancar karena kebutuhan gizi tercukupi dengan mengkonsumsi daging ini sekaligus membuat tubuh lebih segar dan prima.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Protein yang ada dalam perkutut di percaya ampuh sebagai sumber energi sekaligus menguatkan organ jantung khususnya bagi seseorang yang memiliki riwayat atau keturunan penyakit jantung. Untuk cara mengolahnya bisa dengan panggang atau bakar untuk mengurangi kandungan minyak seperti saat mengolah daging perkutut dengan cara goreng.

  1. Mengatasi Alergi

Burung perkutut juga dikatakan memiliki 7 manfaat antibiotik dan efek sampingnya yang sangat baik di konsumsi untuk obat alergi. Selain itu, daging burung ini bisa di konsumsi emua orang karena tidak memiliki kandungan yang bisa berbahaya bagi tubuh.

  1. Menyembuhkan Gatal

Kandungan antibiotik burung ini juga dikatakan sangat baik untuk mengobati gatal kulit. Gatal yang disebabkan karena alergi tersebut bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi daging burung perkutut dengan teratur hingga gatal gatal tersebut bisa disembuhkan.

  1. Mencegah Lemah Syahwat

Dari sebagian pria yang sudah mengkonsumsi daging perkutut mengatakan jika kandungAN protein yang terkandung dalam daging perkutut sangat baik untuk menambah gairah tubuh dan meningkatkan vitalitas. Selain itu, daging burung ini juga dikatakan bisa mengatasi beberapa masalah seperti impotensi dan ejakulasi dini.

  1. Makanan Diet

Diet bisa dikatakan aman dan baik apabila hanya mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan juga lemak trans. Ini juga terdapat dalam daging perkutut yang memiliki kandungan rendah kalori serta lemak didalamnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi daging perkutut juga bisa dijadikan alternatif menu makanan diet anda sehari hari disamping mengkonsumsi beberapa makanan lain seperti manfaat kacang hijau untuk diet.

  1. Menghaluskan Kulit

Tidak hanya bisa mengobati berbagai jenis penyakit dalam, namun daging burung perkutut juga baik untuk menghaluskan kulit wajah dan tubuh. Kandungan kolagen yang ada dalam daging burung ini akan mencegah berbagai tanda penuaan dini seperti garis halus, bercak atau flek hitam, jerawat dan beberapa masalah kulit lainnya.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Daging burung perkutut yang tinggi akan nutrisi sepeerti manfaat makanan laut membuat daging ini cocok di konsumsi anak anak. Kandungan yang ada dalam daging burung perkutut menjadi salah satu cara efektif untuk diterapkan pada anak khususnya jika anda memiliki anak yang sulit saat diminta untuk minum vitamin penambah nafsu makan dan juga ramuan herbal.

  1. Menenangkan Jiwa

Mendengarkan kicauan dari burung perkutut ini akan memberikan ketenangan pada jiwa. Suara kicauan yang indah akan memberikan rasa nyaman bagi seseorang yang mendengarkan sehingga masalah yang sedang dialami juga bisa diselesaikan dengan kepala dingin.

  1. Meningkatkan Kemampuan Kerja

Kicauan dari burung perkutut ini juga akan menyegarkan otak sehingga bisa mendukung kinerja dalam beraktivitas sehari hari agar lebih maksimal sekaligus menghilangkan beberapa kebiasaan buruk seperti malas dan mengantuk.

  1. Melatih Otak Untuk Kreatif

Kicauan bervariasi yang dihasilkan dari burung perkutut ini juga dikatakan akan memberikan efek positif untuk saraf saraf yang ada di otak seperti halnya manfaat musik untuk otak. Sehingga dengan mendengarkan kicauan burung ini akan mengembangkan pikiran yang positif bagi manusia.

  1. Menghilangkan Stress

Manfaat memelihara burung perkutut dan mendengarkan suara atau kicauan burung tersebut di pagi hari akan memberikan rasa tenang dan menyenangkan. Apabila hati merasakan berbagai hal positif tersebut, maka sudah bisa dipastikan jika akan muncul berbagai ide baru yang lebih segar untuk berkativitas sehari hari dan juga sesudah berkegiatan melelahkan sepanjang hari dan mendengarkan kicauan burung ini sesampainya di rumah, maka akan mengurangi rasa lelah dan bisa beristirahat dengan lebih tenang.

  1. Meningkatkan Tanggung Jawab

Memiliki hewan peliharaan seperti salah satunya adalah burung perkutut, maka akan membuat seseorang lebih rajin dan bertanggung jawab. Ini bisa terjadi karena perawatan burung haruslah dilakukan setiap hari secara teratur mulai dari memberi pakan, memandikan burung, membersihkan kandang dan berbagai aktivitas merawat burung lainnya. Rasa tanggung jawab juga akan semakin terlatih sebab pemilik burung akan memastikan jika burung perkutut miliknya tetap terawat dengan baik dan sehat.

18 Menambah Keuntungan Finansial

Memelihara burung perkutut juga akan memberikan keuntungan finansial jadi bertambah. Semakin merdu kicauan yang dihasilkan dari burung perkutut ini, maka akan semakin tinggi harganya. Ini membuat burung perkutut peliharaan bisa dijual dengan harga yang lumayan atau dijadikan bisnis dengan membuka penangkaran atau peternakan burung. Anak burung perkutut atau bibit yang dihasilkan dari peternakan tersebut bisa dijual kembali untuk menambah penghasilan anda.

Dari informasi yang sudah kami berikan diatas memberi bukti jika manfaat burung perkutut sangatlah beragam, mulai dari menggunakan atau mengkonsumsi dagingnya yang cukup banyak mengandung gizi sampai efek positif untuk pikiran dan mental yang bisa didapat dari memelihara burung perkutut tersebut.