3 Manfaat Burung Mandi Malam Agar Jinak dan Gacor

Memelihara burung sebagai hewan peliharaan kini tidak hanya dilakukan oleh kaum pria atau bapak-bapak saja. Sudah mulai banyak orang muda bahkan wanita yang gemar memelihara burung. Alasannya beragam mulai dari suara kicauannya yang menghibur hingga warna bulunya yang cantik. Burung peliharaan ada yang ditujukan untuk hewan peliharaan di rumah saja dan ada pula yang sengaja melatihnya untuk diikutkan lomba seperti lomba berkicau. Tidak hanya menyenangkan ada banyak manfaat memelihara burung yang bisa anda rasakan. Beberapa jenis burung yang umum dipelihara diantaranya lovebird, murai, manfaat burung jalak bali, dan manfaat ebod joss.

Sebelum memelihara burung ada baiknya anda mempelajari seluk-beluk mengenai jenis burung yang akan dipelihara mulai dari cara memandikan, jenis pakan, apa yang disukai dan tidak disukainya, dan lain sebagainya sehingga burung dapat hidup sehat dan tumbuh dengan baik. Salah satu perawatan penting yang harus diberikan pada burung peliharaan adalah memandikan atau membersihkan tubuhnya. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh burung sehingga tidak mudah terserang kutu atau terinfeksi berbagai penyakit karena tubuh yang kotor. Selain itu dengan memandikannya dapat memberikan kesegaran pada burung peliharaan sehingga hatinya senang, rajin berkicau, serta tidak terlihat kusam dan lesu.

Memandikan burung biasanya dilakukan pada pagi atau sore hari. Ada yang sekali sehari dan ada pula yang 2 kali sesuai jenis dan kebutuhan burung. Cara memandikannya pun berbeda-beda tergantung kecocokan dan kesukaan burung. Ada burung yang dimandikan di dalam keramba, ada juga yang disemprot ringan dengan air. Selain pagi dan sore ada pula pemelihara burung yang memandikan burungnya pada malam hari. Namun hal ini tidak dilakukan secara rutin hanya pada waktu atau kondisi tertentu. Apa manfaat burung mandi malam hari? Berikut beberapa diantaranya:

1. Mengatasi over birahi

Pemilik burung memandikan burung peliharaannya pada malam hari biasanya karena burung tersebut mengalami over birahi, kondisi dimana birahinya terlalu berlebihan sehingga tidak terkendali. Baik Kurang birahi maupun over birahi sama-sama tidak baik bagi burung sehingga harus distabilkan. Gejala burung yang over birahi bisa dilihat dari perilakunya yang agresif atau berkicau secara berlebihan. Over birahi biasanya terjadi karena mengonsumsi pakan dengan kadar nutrisi seperti protein yang terlalu tinggi, usia belum mapan, pemberian pakar yang berlebihan, atau kondisi tubuh burung yang kurang fit.

2. Menjinakkan burung yang masih giras

Burung bakalan yang sedang dilatih biasanya masih giras sehingga harus dijinakkan terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan memandikannya pada malam hari. Tidak hanya burung bakalan, burung yang sudah mapan pun terkadang bisa menjadi giras sehingga dapat juga dimandikan pada malam hari untuk menjinakkannya.

3. Menjadikan burung lebih gacor

Sebagian pemilik burung biasanya juga memandikan burung peliharaannya pada malam hari menjelang lomba atau kontes kicau karena mandi malam dipercaya dapat membuat suara burung lebih gacor. Cara lain yang biasanya juga dilakukan untuk menjadikan suara burung khususnya lovebird lebih gacor adalah dengan memberikan manfaat biji fumayin untuk lovebird dan manfaat cabai untuk lovebird.

Dapat kita lihat ada beberapa manfaat burung mandi malam yang bisa didapatkan baik oleh pemelihara burung maupun burung peliharaan tersebut. Meskipun demikian harus diperhatikan bahwa burung tidak boleh dimandikan malam hari terus-menerus. Cukup sesuai kebutuhan saja. Misalnya jika birahinya sudah stabil atau sudah selesai kontes maka mandi malam bisa dihentikan. Selain itu perhatikan juga kesehatan burung. Jangan mandikan burung pada malam hari ketika kondisi tubuhnya tidak fit karena dikhawatirkan dapat membuat kondisinya lebih drop dan memburuk. Mari jaga dan sayangi hewan peliharaan kita.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan