15 Manfaat Buah Kenitu – Buah Langka Kaya Manfaat

Ada banyak sekali pilihan buah eksotis yang kebanyakan orang pasti belum pernah mecobanya dan salah satunya adalah buah kenitu yang tak hanya memiliki rasa yang unik tapi juga manfaat buah kenitu sangat banyak bagi kesehatan. Sayangnya tidak banyak orang yang tahu khasiat buah satu ini.

Apa Itu Buah Kenitu?

Buah kenitu memiliki nama ilmiah Chrysophyllum cainito yang berasal dari Kepulauan Karibia namun saat ini sudah banyak ditemukan di setiap daerah beriklim tropis termasuk beberapa negara di Asia Tenggara dan salah satunya adalah Indonesia. Buah kenitu berasal dari keluarga Sapotaceae yang artinya buah ini satu keluarga dengan sawo-sawoan dan memiliki beberapa nama yang mungkin lebih familiar seperti sawo manila, sawo duren, sawo madu, sawo apel atau star apple dalam Bahasa Inggris. Terdapat dua jenis buah kenitu yaitu kenitu berwarna hijau dan kenitu berwarna ungu.

Manfaat Buah Kenitu bagi Kesehatan

Buah kenitu termasuk jenis buah yang memiliki kadar kalori yang rendah namun sumber karbohidrat yang baik sehingga cocok dijadikan sumber energi alternatif. Selain itu buah kenitu juga kaya kandungan serat yang baik untuk sistem metabolisme tubuh.

  1. Buah yang Cocok untuk Diet

Buah kenitu mengandung manfaat serat yang sangat banyak, karbohidrat yang baik tapi rendah kalori sehingga cocok sebagai buah yang dikonsumsi saat diet.

  1. Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Rasa buah kenitu yang manis tentunya sangat menyegarkan dan bisa menjadi pilihan makanan kecil menyehatkan termasuk bagi para penderita diabetes.

  1. Kaya Kandungan Serat Sehingga Baik untuk Pencernaan

Buah kenitu yang kaya serat tentunya sangat baik untuk sistem pencernaan, mencegah konstipasi dan mengurangi risiko terjadinya iritasi pada lambung.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Buah kenitu juga mengandung mineral yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi karena mengandung kalsium yang cukup tinggi.

  1. Mengurangi Rasa Sakit Saat Datang Bulan

Banyak yang mengatakan bahwa buah kenitu mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi rasa sakit saat datang bulan.

  1. Kaya Kandungan Vitamin C

Ada banyak sekali manfaat vitamin C yang bisa Anda dapatkan dari buah kenitu. Vitamin C mengoptimalkan produksi kolagen dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Mengoptimalkan Distribusi Oksigen

Mengkonsumsi buah kenitu juga dapat membantu mengoptimalkan distribusi oksigen dalam tubuh sehingga sel dapat beregenerasi dengan optimal.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tahukah Anda bahwa manfaat potasium sangat baik untuk jantung dan potasium merupakan salah satu mineral penting yang dapat ditemukan dalam buah kenitu.

  1. Baik untuk Kesehatan Mata

Tak hanya itu kandungan beta karoten pada buah kenitu terutama buah kenitu ungu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C serta beberapa mineral serta vitamin penting pada buah kenitu sangat baik dalam membantu menjaga daya tahan tubuh.

  1. Mencegah Anemia

Salah satu manfaat zat besi adalah dapat mencegah anemia dan zat besi juga banyak terdapat pada buah kenitu.

  1. Kaya Kandungan Antioksidan

Tak hanya kaya kandungan beberapa vitamin dan mineral penting, buah kenitu juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

  1. Obat Alami untuk Mengatasi Batuk

Secara tradisional ternyata buah kenitu bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi batuk. Sepertinya tidak ada obat batuk yang lebih enak dari pada mengkonsumsi buah kenitu.

  1. Berfungsi Sebagai Pencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat antioksidan dalam buah kenitu tak hanya mampu untuk menangkal radikal bebas tapi juga dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Mengkonsumsi buah kenitu bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

  1. Mengandung Anti Bakteri

Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa buah kenitu mengandung anti bakteri yang sangat paten sehingga dapat dikonsumsi dan seringkali dijadikan solusi alami untuk mengatasi diare terutama pada anak.

Hal-hal yang Perlu Diwaspadai dari Mengkonsumsi Buah Kenitu

Terlepas dari banyaknya manfaat buah kenitu bagi kesehatan ternyata penting juga untuk memperhatikan beberapa hal yang jika dilewatkan justru dapat menyebabkan masalah kesehatan.

  • Bagi Anda yang baru pertama kali mengkonsumsi buah ini sebaiknya harus berhati-hati dengan kemungkinan alergi. Namun jika sebelumnya Anda baik-baik saja ketika mengkonsumsi buah seperti sawo maka kemungkinan alergi akan muncul sangat kecil.
  • Walaupun buah kenitu sudah banyak dimanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan secara tradisional dimana tak hanya buahnya saja yang dimanfaatkan tapi juga daun dan bijinya. Namun penggunaan daun dan bijinya harus hati-hati karena mengandung racun dan bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Buah kenitu termasuk jenis buah-buahan yang sebenarnya mudah tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia namun memang karena kepopulerannya yang kurang dibandingkan dengan aneka buah eksotis lainnya di Indonesia memang agak sulit mencari buah ini dan cenderung langka namun manfaat buah kenitu membuah buah ini tidak bisa diabaikan begitu saja.