14 Manfaat Asam Pantotenat

Tubuh memerlukan berbagai zat, tidak hanya satu atau dua zat, akan tetapi sangat banyak zat yang diperlukan oleh tubuh, salah satunya yakni asam pantotenat. Asam pantotenat adalah nama lain dari salah satu vitamin B kompleks, yakni vitamin B5. Asam pantotenat memiliki sifat yang mudah larut di dalam air dan merupakan zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kekurangan asam pantotenat di dalam tubuh, dapat menyebabkan terjadinya beberapa masalah kesehatan. Untuk itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan asam pantotenat di dalam tubuh, dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung asam pantotenat.

Sumber Asam Pantotenat

Seperti manfaat vitamin D3, asam pantotenat merupakan salah satu jenis zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Cara mendapatkan asam pantotenat untuk memenuhi kebututuhan harian tubuh juga tidaklah sulit. Karena banyak makanan yang dikonsumsi sehari-hari yang memiliki kandungan asam pantotenat di dalamnya, seperti pada kuning telur, ragi, hati, brokoli, daging ayam, ikan, susu, beberapa jenis kacang-kacangan, dan buah alpukat. Banyaknya makanan yang memiliki kandungan asam pantotenat di dalamnya, sehingga untuk tetap menjaga kadar asam pantotenat di dalam tubuh tidaklah sulit.

Manfaat Asam Pantotenat

Jenis zat yang merupakan nama lain dari B5 ini tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena asam pantotenat sangatlah diperlukan oleh tubuh. Sifatnya yang mudah larut di dalam air, membuat asam pantotenat juga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Adapun manfaat dari asam pantotenat sendiri diantaranya:

  1. Mengatasi Stress

Asam pantotenat memiliki tanggung jawab untuk menjaga kondisi mental seseorang agar tidak mengalami stress. Stress yang dialami berupa rasa cemas dan juga depresi, dapat diatur oleh asam pantotenat agar pikiran dapat kembali menjadi segar. Dengan pikiran yang segar, stress yang dialami dapat menghilang. dengan memelihara manfaat burung kenari juga mampu mengatasi stres.

  1. Meningkatkan Stamina

Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam pantotenat dapat membantu meningkatkan stamina dalam tubuh seperti juga manfaat gula merah untuk stamina. Asam pantotenat membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh, serta mengurani kecapekan dan juga kelelahan pada tubuh, setelah melakukan berbagai aktivitasnya.

  1. Meningkatkan Produksi Hemoglobin

Meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh biasanya dengan memanfaatkan zat besi. Seain zat besi, ada asam pantotenat yang juga berfungsi sebagai bahan bakar pembelahan sel, termasuk sel darah merah. Sama halnya dengan zat besi, asam pantotenat dapat membantu produksi hemoglobin.

  1. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Asam pantotenat menjaga organ hati yang notabene organ yang sangat penting berperan untuk menetralkan racun di dalam tubuh. Asam pantotenat membantu kinerja organ hati dengan mengontrol tekanan darah dan juga mengatur tingkat kolesterol dalam tubuh. Dengan kandungan asam pantotenat, organ hati dapat bekerja dengan baik. Anda juga dapat menambahkan manfaat pare untuk kolesterol.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ada banyak jenis sumber makanan yang memiliki kandungan asam pantotenat di dalamnya. Mengkonsumsi beberapa jenis makanan tersebut snagat baik untuk kesehatan karena makanan ynag mengandung asam pantotenat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan terhindar dari beberapa jenis penyakit yang menyerang.


  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Kolesterol merupakan musuh daam tubuh yang sangat sulit untu diperangi. Banyaknya jenis makanan lezat yang mengandung kolesterol, terkadang membuat sebagian orang berfikir untuk tetap memakannya. Apabila banyak kandungan kolesterol di dalam tubuh, imbangi konsumsi makanan yang mengandung asam pantotenat seperti brokoli, susu, daging ayam, jenis kacang-kacangan dan beberapa makanan lainnya seperti manfaat seledri untuk kolesterol dan manfaat madu untuk kolesterol. dengan begitu, kolesterol di dalam tubuh dapat diturunkan.

  1. Menyembuhkan Luka

Mengalami luka sebaiknya tidak langsung meminum obat, tetapi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam pantotenat. Sama halnya dengan manfaat vitamin C, asam pantotenat dan vitamin C dapat membantu menyembuhkan luka, aga luka dapat sembuh lebih cepat.

  1. Mencegah Infeksi

Adanya luka yang tidak segera ditangani atau terkena bakteri dapat menyebabkan infeksi, yang terkadang infeksi dapat lebih buruk dari luka yang pernah dialami. Asam pantotenat dalam tugasnya mencegah luka agar tidak terkena infeksi dan peradangan yang terjadi.

  1. Mengatasi Masalah Jerawat

Timbulnya jerawat merupakan momok bagi sebagian orang yang sangat memperhatikan penampilannya. Mencegah jerawat dan mengatasinya tidak hanya dengan menggunakan krim anti jerawat saja. Nutrisi dari dalam juga sangatlah diperlukan. Mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung asam pantotenat adalah hal penting untuk mengatasi jerawat dan mencegahnya untuk timbul kembali seperti manfaat pare untuk kulit.

  1. Menurunkan Berat Badan

Diet dilakukan biasanya ababila seseorang merasa berat badannya terlalu tinggi. diet yang sehat adalah diet yang tidak menyiksa diri sendiri dengan menekan nafsu makan. Hal ini malah dapat menimbulkan penyakit baru. Diet sebenarnya mudah dilakukan, cukup dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam pantotenat, maka berat badan dapat diatasi. Asam pantotenat dapat berperan sebagai koenzim yang mengubah lemak menjadi energi, sehingga jumlah lemak dalam tubuh dapat dikurangi.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Diketahui bahwa manfaat vitamin A merupakan vitamin sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Namun, peran vitamin A ini tidka akan efektif apabila tida ada bantuan dari asam pantotenat untuk melakukan proses sintesis biokimia untuk mengoptimalkan kinerja vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitaimin B5 atau asam pantotenat juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit. Asam pantotenat bekerja untuk membantu vitamin C dan manfaat vitamin E bekerja untuk menjaga kesehatan kulit.


  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Masalah rambut merupakan masalah yang sering dikeluhkan, mulai dari rambut rontok, rambut panjang, ramut kering dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam pantotenat dan manfaat teh bekas menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh beberapa  orang yang sering mengeluhkan masalah rambutnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam pantotenat, masalah rambut akan teratasi.

  1. Merangsang Produksi Hormon Adrenalin

Hormon adenalin berfungsi untuk mempecepat proses metabolisme tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam pantotenat dapat membantu merangsang produksi hormon adrenalin dan juga merangsang fungsi kerja otak.

Memenuhi kebutuhan zat yang diperlukan oleh tubuh, seperti asam pantotenat sangat lah penting. Tetaplah menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kadarnya seimbang dengan kebutuhan tubuh. Dengan tubuh yang sehat, maka menjalani aktivitas sehari-hari dapat dijalani dengan lebih baik. Semoga bermanfaat  . . .

, ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi