8 Manfaat Air Mentah Untuk Tubuh dan Kebutuhan Sehari hari

Dari pendapat dan penelitian seorang pakar lingkungan menyatakan jika air mentah ternyata baik untuk dikonsumsi dan bahkan ada lebih banyak manfaat air mentah untuk tubuh dibandingkan dengan air yang dimasak atau dipanaskan. Menurut pakar tersebut, air yang sudah dipanaskan akan menghasilkan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti salah satunya gagal ginjal. Unsur dalam air nantinya akan pecah saat dipanaskan sehingga mengandung radikal bebas seperti hidrogen radikal, hidroksida radikal dan berbagai radikal lainnya. Lalu sebenarnya apa saja manfaat air mentah untuk tubuh dan juga kebutuhan sehari hari manusia?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Memiliki Kandungan Bakteri Sedikit

Selain banyak manfaat air dalam bidang pertanian, air mentah asli dari alam yakni air yang berasal dari pegunungan mengalir dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Dengan ini, maka bakteri tidak bisa berkembang sebab bakteri umumnya berkembang di tempat yang tenang dan diam. Untuk itu air mentah dari pegunungan adalah air berkualitas yang aman dari bakteri sehingga aman untuk dikonsumsi.

  1. Kandungan Oksigen Tinggi

Air mentah juga dikatakan memiliki kandungan oksigen yang jauh lebih tinggi sebab tidak melewati proses memasak atau pemanasan. Dengan tingginya kandungan oksigen ini, maka akan lebih sehat dikonsumsi dibandingkan dengan air matang dalam botol kemasan selain banyak juga manfaat oksigen bagi kulit.

  1. Mendapatkan Sinar Matahari Langsung

Kelebihan lain dari air mentah khususnya air pegunungan adalah memperoleh atau terkena sinar matahari langsung jika dibandingkan dengan air tanah yang tidak terkena sinar matahari langsung mengingat banyak manfaat energi matahari untuk manusia. Untuk itu, air mentah masih mengandung sinar ultraviolet yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

  1. Tidak Mengandung Bahan Kimia

Seperti yang kita ketahui jika air mentah tidak melewati proses memasak sehingga sangat aman dari kandungan bahan kimia. Bahan kimia seperti limbah bekas pabrik yang biasanya mengendap di dalam tanah sangat berbahaya jika sampai masuk ke dalam tubuh sehingga bisa menurunkan kesehatan tubuh seseorang. Sedangkan untuk air dari tanah atau sungai juga akan mengalami pengolahan dengan bahan kimia seperti gas flour, PAC, soda as, costic dan juga kaporit sehingga akan menurunkan kualitas airnya.

  1. Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

Selain untuk tubuh, air mentah juga sangat dibutuhkan untuk membantu pekerjaan rumah tangga sehari hari. Ada begitu banyak kegunaan dari air untuk kebutuhan rumah tangga mulai dari mencuci piring, mencuci baju dan berbagai kebutuhan membersihkan berbagai barang dan peralatan lainnya.

  1. Mengandung Banyak Mineral

Air mentah yang belum melewati proses penyulingan atau pemanasan ini masih bersifat basa dan memiliki banyak kandungan mineral alami seperti natrium, manfaat kalsium dan beberapa jenis vitamin. Untuk itu, air mentah juga digunakan sebagai solusi kecantikan kulit di berbagai negara untuk membantu mengurangi masalah kerutan, menghidrasi kulit supaya tetap sehat, menjaga kesehatan sendi yang kuat dan juga fleksibel.


  1. Lebih Steril dan Murni

Air mentah yang berasal dari mata air juga dipercaya merupakan air alami yang masih belum tercemar dengan bahan kimia dan masih mengandung probiotik dalam air tersebut. Itulah mengapa banyak orang yang percaya jika minum air mentah bisa memberikan hidup yang lebih sehat sekaligus menjaga pencernaan lebih baik untuk solusi diare, sembelit dan lain sebagainya.

  1. Mengandung Antioksidan

Para masyarakat yang minum air mentah bahkan menjadi trend di beberapa negara ini juga mengatakan jika air mentah merupakan air alkali yang akan bertindak sebagai sumber antioksidan untuk mengurangi kerusakan sel inflamasi dari oksidasi meski belum ada penelitian lebih lanjut yang mendukung manfaat kesehatan dan kebugaran dari air mentah tersebut.

Manfaat air mentah dipercaya sebagian masyarakat jauh lebih sehat untuk dikonsumsi jika dibandingkan dengan air yang sudah dimasak atau air dalam botol kemasan. Namun seperti yang sudah dikatakan diatas jika semua ini belum melewati proses penelitian lebih lanjut sehingga sebaiknya harus dipertimbangkan lebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi air mentah tersebut.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman