Manfaat Susu

Manfaat susu sangat penting bagi tubuh. Susu adalah salah satu produk olahan yang dimanapun orang dapat dengan mudah mendapatkannya. Susu identik dengan hasil perahan sapi, namun sekarang olahan susu sudah banyak didapatkan dari sumber protein lain, untuk memdapatkan protein lain seperti manfaat susu kedelai. Susu dijadikan sumber asupan yang menyempurnakan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Atas kepentingan itulah, susu harus dikonsumsi karena manfaatnya yang penting untuk tubuh.

Manfaat Susu Bagi Tubuh

Berikut ini adalah manfaat susu bagi kesehatan, adalah sebagai berikut :

  • Kebutuhan rehidrasi

Kebutuhan cairan pada tubuh merupakan hal yang penting. Tubuh butuh diisi ulang dengan cairan secara berkala. Susu dianggap mengandung kuantitas yang baik untuk rehidrasi tubuh. Bagi anak-anak yang pada masa pertumbuhan, hal ini sangat penting.

  • Sumber kalsium

Kalsium berguna melindungi tubuh dari serangan penyakit kronis seperti keropos tulang, timbulnya gejala kanker, migrain sampai sindrom pra mesntruasi. Susu dapat memenuhi kebutuhan akan kalsium dalam tubuh. Selain itu, susu ternyata mampu menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan.

Telah disebutkan diatas, susu kaya akan kalsium yang membangun struktur tulang dan memelihara tulang agar senantiasa kuat. Pada kasus osteophorosis, mengkonsumsi susu dengan kuantitas yang tepat dapat mencegah timbulnya tersebut. Bagi anak-anak yang kekurangan susu, lebih memiliki resiko untuk mengalami patah tulang ketika terluka.

  • Menjaga kesehatan gigi

Manfaat susu ini, terkandung pada zat asam di dalam susu yang mampu melindungi permukaan email gigi. Ini sebabnya, anak-anak harus didorong untuk teratur mengonsumsi susu. Selain itu, dengan mengonsumsi susu dapat menghalangi rasa keinginan untuk mengonsumsi makanan ringan lain, yang dapat merusak gigi.

Manfaat Susu Yang Lainnya

Manfaat susu bahkan, tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan kesehatan. Namun kandungan zat didalamnya dapat memberi manfaat untuk beberapa hal berikut.

  • Menghilangkan noda

Enzim pada susu ternyata ampuh menghilangkan noda tinta pada pakaian. Sebelum dicuci, bagian baju yang terkena noda celupkan dulu pada susu.

  • Menjadi kondisioner rambut

Enzim alami pada susu mengandung banyak enzim alami dan protein untuk menjadikan susu sebagai kondisioner. Tuangkan 1/8 cangkir susu pada rambut setelah keramas. Kemudian bilas air dengan rambut sampai bersih.

  • Menutup retakan porselen

Terkadang peralatan porselen dirumah mengalami keretakan. Jangan membuang dulu porselen retak anda, karena susu dapat membantu merekatkannya kembali. Rendam porselen dalam susu, kemudian panaskan hingga hangat. Setelah itu, matikan api dan tunggu selama semalam. Casein dalam susu, mampu menutupi retekan pada porselen.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:07 Oleh :
Kategori : Minuman