Sponsors Link

10 Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan

Sponsors Link

Sumber daya alam merupakan salah satu jenis sumber daya yang tersedia secara melimpah yang ada di bumi kita ini. Sumber daya alam sendiri pada dasarnya terdiri dari 2 jenis sumber daya alam yang paling utama, yaitu :

ads

1. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Merupakan jenis sumber daya alam, dimana cadangan ataupun jumlah dari Sumber daya alam ini terbatas. Kemudian akan habis apabila digunakan dan juga dimanfaatkan terus-menerus.

2. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sesuai namanya, sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini merupakan kebalikan dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Biasanya sumber daya alam ini tidak akan habis, dan juga dapat diproduksi ulang, baik diproduksi ulang melalui siklus alam, ataupun dibuat dengan menggunakan teknologi.

Contoh Sumber Daya Alam

manfaat sumber daya alamUntuk mengetahui apa itu sumber daya alam, mungkin kita harus mengetahui contoh-contoh sumber daya alam yang ada di bumi ini. Contoh sumber daya alam sangatlah banyak, bahkan mungkin masih ada sumber daya alam lainnya yang belum ditemukan oleh kebudayaan dan teknologi pada saat ini. Berikut ini adalah beberapa contoh kecil dari sumber daya alam yang ada di bumi kita :

  • Minyak bumi
  • Pepohonan
  • Gas bumi
  • Air
  • Sinar matahari
  • Mineral dan bebatuan

Sumber daya alam sudah sejak dahulu kala. Bahkan sejak jaman manusia purba dan primitif sudah dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaat sumber daya alam? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai sumber energy dan bahan bakar

Manfaat pertama dari sumber daya alam adalah sebagai salah satu sumber energy dan juga sumber bahan bakar yang digunakan untuk kebutuhan hidup kita sehari-hari. Biasanya sumber daya alam yang digunakan untuk keperluan ini menggunakan sumber daya alam dalam bentuk minyak bumi dan jga gas bumi. Selain minyak dan gas bumi, energy matahari juga sering dimanfaatkan untuk menjadi salah satu sumber energy dan bahan bakar.

Sumber daya alam yang digunakan sebagai sumber energy dan juga bahan bakar ini pastilah sudah anda rasakan manfaatnya, karena dapat bermanfaat untuk :

  • Menyalakan generator listrik
  • Bahan bakar dari kendaraan bermotor
  • Untuk memasak
  • Untuk mengolah limbah pabrik
  • Dan masih banyak lagi pemanfaatan dari sumber daya alam untuk sumber energy dan juga bahan bakar

2. Sebagai pembangkit listrik

Seperti sudah disebutkan pada point pertama, secara khusus sumber daya alam dapat membantu menjadi pembangkit listrik yang sekarang anda nikmati di rumah anda setiap harinya. Dengan memanfaatkan minyak bumi ataupun energy matahari, sumber daya alam dapat dikonversi menjadi energy listrik, sehingga dapat menyuplai kebutuhan listrik rumah tangga.

3. Untuk kebutuhan makan bagi manusia dan hewan

Manfaat sumber daya alam bagi manusia tidak hanya ada pada mineral dan juga minyak bumi yang ada di dalam perut bumi saja, namun juga terdapat pada hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan ini sering dimanfaatkan leh manusia sebagai salah satu bahan konsumsi. Biasanya, sumber daya alam dalam bentuk hewan dan juga tumbuhan ini diambil daging dan juga daunnya, untuk kemudian diolah menjadi berbagai macam makanan yang pastinya ssudah sering anda nikmati hingga saat ini.

4. Untuk kebutuhan tempat tinggal

Pohon merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang paling sering dimanfaatkan oleh manusia selain jenis mineral. Biasanya, pohon diambil kayunya, terutama pohon dengan kualitas kayu yang bagus dan juga keras untuk keperluan konstruksi. Biasanya, untuk rumah – rumah tempat tinggal lebih banyak menggunakan sumber daya alam berbentuk kayu, dibandingkn gedung perkantoran yang menggunakan sumber daya alam dari mineral, yaitu besi.

5. Sebagai pengembangan teknologi

Teknologi merupakan sesuatu yang terus berkembang. Untuk mengembangkan teknologi menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu, maka keberadaan sumber daya alam sangatlah penting untuk mendukung pengembangan teknologi ini. Baik secara langsung dan tidak langsung, sertan secara sadar maupun tidak sadar, segala macam bentuk perkembangan teknologi yang kit rasakan saat ini pastilah membutuhkan sumber daya alam yang tepat.

6. Untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam

ads

Manfaat sumber daya alam bagi kehidupan juga diperlukan untuk menjaga kelestarian alam dan bumi tempat tinggal kita. Tidak semua sumber daya alam harus kita habiskan untuk keperluan pribadi dan kepentingan kecil saja. Namun demikian sumber daya alam haruslah kita jaga agar tidak habis.

Hal ini dikarenakan sumber daya alam juga merupakan salah satu penopang dari keseimbangan alam, termasuk di dalamnya adalah pepohonan dan juga segala macam mineral yang ada di dalam perut bumi, yang apabila tidak dijaga dengan baik, maka akan berakibat buruk untuk bumi kita.

7. Menyuplai oksigen

Sumber daya alam yang mungkin paling penting untuk kehidupan kita adalah sumber daya alam dalam bentuk pepohonan dan juga tumbuhan. Hal ini disebabkan karena pepohonan dan juga tumbuhan mampu menyuplai oksigen, yang tentu saja sangat diperlukan untuk kehidupan kita sebagai manusia.

8. Sebagai sumber mata pencaharian dan pendapatan

Sumber daya alam juga sering dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu sumber mata pencaharian dan jga sumber pendapatan. Contohnya adalah pada pekerja – pekerja tambang dan pengusaha tambang, yang menggantungkan isi dompetnya pada sumber daya alam yang mereka tekuni.

9. Sebagai cadangan devisa Negara

Devisa merupakan salah satu alat yang dapat digunakan oleh suatu Negara untuk melakukan transaksi yang diakui secara Internasional. Manfaat sumber daya alam bagi negara menjadi cadangan devisa, sehingga ketika Negara membutuhkan sumber dana, sumber daya alam dapat dijual dan dikomersilkan sehingga Negara pun akan mendapatkan keuntungan.

10. Untuk menghidupi kegiatan ekonomi secara global

Tidak dapat dipungkiri, segala kegiatan ekonomi global yang saat ini berlangsung selama 24 jam sehari merupakan proses transaksi ekonomi yang 90% nya melibatkan sumber daya alam. Mulai dari perdagangan hasil bumi, seperti kayu, bunga, mineral, dan banyak lagi, merupakan suatu keterlibatan dari sumber daya alam.

Nah, itulah beberapa manfaat penting dari sumber daya alam, terutama bagi kehidupan kita. Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 22nd, June 2015 / 07:00 Oleh :
Kategori : Alam