Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan

Advertisement

Manfaat Sirsak untuk tubuh sangat banyak sekali, sirsak memiliki banyak manfaat seperti mengatasi sembelit sampai dengan mencegah penyakit kanker yang ganas sekalipun. Sekilas tentang sirsak yaitu buah yang  terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti pada buah sirsak adalah karbohidrat.

Manfaat sirsakPerlu diketahui buah sirsak merupakan buah yang dipanggil dengan nama berbeda di berbagai daerah di Indonesia. Buah sirsak di Jawa dikenal sebagai nangka landa dan nangka walanda, di Sunda dikenal dengan sebutan sirsak, sedangkan di Madura dipanggil nangka buris. Panggilan sirsak di Bali adalah srikaya jawa sedangkan di daerah Aceh disebut boh lôna, Panggilan unik berasal dari Nias yaitu durio ulondro, Sedangkan di Minangkabau disebut durian betawi, serta jambu landa di Lampung. Semoga anda tidak bingung karena walaupun beda penyebutannya Manfaat Sirsak sangatlah banyak.

Manfaat Sirsak

Manfaat Sirsak untuk kesehatan tubuh sangat banyak, sirsak telah dipercaya puluhan tahun untuk mengobati berbagai penyakit dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Mencegah dan Mengobati Kanker

Seperti halnya manfaat manggis yang cukup ampuh sebagai anti-kanker, sirsak juga dapat mencegah dan mengobati kanker atau tumor. Sirsak dipercaya memiliki antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kanker, sedangkan daunnya dipercaya dapat mengobati kanker yang menyerang tubuh. Selain buah, manfaat daun sirsak juga dipercaya lebih ampuh untuk masalah kanker ini.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh dan menunda proses penuaan.

Sirsak memiliki vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan menunda proses penuaan.

3. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat tinggi dapat menunjang dan mempelancar pencernaan.

4. Mengobati Ambien

Buah sirsak dapat mengobati ambien, minum air buah sirsak yang sudah dimasak dan tampung air tersebut pada satu gelas dan minum minimal satu kali sehari.

5. Mengobati penyakit liver

Buah sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit liver. Penggunaannya adalah dengan meminum juice sirsak sebagai penganti makanan kira kira dalam waktu seminggu.

Konsumsi buah sirsak akan menambah daya tahan tubuh dan kesehatan kita, konsumsilah buah sirsak karena manfaat kesehatan sangat besar sekali. Selain buah ada baiknya anda membaca manfaat air putihmanfaat kunyit, dan manfaat buah untuk menjaga kesehatan anda karena manfaat kesehatan anda sangat berharga.

Manfaat Sirsak Lainnya

Buah sirsak yang kita kenal mengandung banyak sekali vitamin, namun vitamin yang paling banyak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging sirsak. Kebutuhan vitamin C per orang per hari adalah sekitar 60 mg kebutuhan ini telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi sekitar 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah sirsak menjadikan buah ini sebagai antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Penelitian Mengenai Manfaat Sirsak

Penelitian yang telah dilakukan terhadap buah sirsak sangat mendukung potensi manfaat sirsak sebagai obat untuk berbagai penyakit. Dalam studi yang diterbitkan dalam “Journal of Ethnopharmacology,” ekstrak sirsak menghambat pertumbuhan virus Herpes. Selain itu, Pusat Kanker merangkum temuan yang menunjukkan ekstrak sirsak bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker atau membuat mereka lebih rentan terhadap obat anti-kanker.

Misalnya, dalam satu penelitian yang diterbitkan pada tahun 1997 dalam “Journal of Medicinal Chemistry,” senyawa dari sirsak diuji pada sel kanker payudara dan ditemukan hingga 250 kali lebih efektif dalam membunuh sel-sel dari beberapa obat kemoterapi. Studi-studi laboratorium terhadap buah sirsak sangat mendukung berbagai potensi ini, namun penelitian dengan subyek manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi potensi manfaat buah sirsak ini.

Kandungan Gizi Sirsak

Bukan hanya gizi dan vitamin saja, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen lain yang non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat dietary fiber (serat pangan), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging sirsak.

Sirsak juga sangat kaya akan senyawa fitokimia, dengan kandungan senyawa ini sudah dapat dipastikan buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jika kita mengkonsumsi 100 g daging buah sirsak maka kita sudah memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari, jangan ragu lagi mengkonsumsi buah sirsak sekarang karena manfaat sirsak sangat banyak sekali.

Rekomendasi Konsumsi Sirsak

Sebagai buah yang kaya manfaat, aturan penggunaan sirsak memang belum banyak dipublikasi. Namun, perlu diketahui bahwa satu buah mengandung sekitar 15 miligram annonacin, komponen yang paling banyak dipelajari. Hindari mengkonsumsi sirsak secara berlebihan karena jumlah besar senyawa alkaloid yang dapat menyebabkan gejala neurologis mirip dengan penyakit Parkinson. Diskusikan penggunaannya dengan dokter Anda untuk memutuskan apa yang terbaik untuk situasi Anda. Perlu diingat bahwa apapun yang berlebihan tentu juga tidak baik bagi kesehatan kita.

Advertisement
,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:33 Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links