11 Manfaat Minyak Urang Aring untuk Rambut

Minyak urang aring, merupakan salah satu olahan dan ektraksi dari daun urang aring yang sudah terkenal dan juga banak digunakan oleh kita. Meskipun bernama minyak urang aring, tapi dasarnya minyak urang aring bukanlah minyak melainkan ektraksi dari daun urang aring dengan menggunakan air. Jadi secara garis besar, minyak urang aring tidak dibuat dengan berdasarkan prinsip pembuatan minyak.

Cara Membuat Minyak Urang Aring

manfaat minyak urang aringUntuk membuat minyak urang aring sendiri, sangatlah mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan dua bahan utama. kedua bahan utama yang dapat digunakan untuk membuat minyak urang aring adalah :

  • daun urang aring
  • air

Cara pembuatannya pun sangatlah mudah. Daun urang aring yang masih segar bisa anda rendam dalam air. Ketika sedang direndam di dalam air, remas-remas daun urang aring tersebut hingga sari dari daun urang aring itu masuk ke dalam air dan minyak urang aring pun siap untuk digunakan. Selain air, anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti air untuk menciptakan minyak urang aring anda sendiri.

Apa saja manfaat dari minyak urang aring

Minyak urang aring sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. ingin tahu apa saja manfaat dari minyak urang aring? berikut ini adalah beberapa manfaat dari minyak urang aring :

1. Sebagai bahan campuran pada shampoo

Manfaat minyak urang aring yang paling sering kita temukan adalah sebagai salah satu bahan campuran pada shampoo rambut. Biasanya, minyak urang aring dapat kita temukan pada kandungan shampoo yang dapat membuat rambut menjadi lebih hitam, cerah dan juga berkilau.

2. Sebagai bahan dasar penghitam rambut

Alasan utama mengapa kita sering menemukan kandungan minyak urang – aring pada shampoo adalah karena minyak urang aring memilki khasiat yang sangat penting dalam menjaga kepekatan dari warna hitam rambut. Bagi anda yang selalu ingin agar rambutnya terlihat lebih hitam dan cerah berkilau, maka anda dapat mencoba menggunakan ramuan minyak urang aring ini. Selain dengan cara membeli produk shampoo dan cat rambut yang memilki kandungan minyak urang aring, anda dapat mengoleskan dan mencuci rambut anda dengan minyak urang aring buatan anda sendiri, dengan cara pembuatan yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan rutin menggunakan minyak urang aring, maka rambut anda akan menjadi tampak lebih hitam.

3. Dapat membuat rambut yang hitam menjadi lebih berkilau

Selain dapat menghitamkan rambut anda, minyak urang aring juga memilki manfaat yang sangat baik utnuk mengkilaukan rambut anda. hal ini dapat terjadi, terutama bagi anda yang memiliki rambut hitam namun terlihat kusam. Gunakanlah ramuan minyak urang aring buatan sendiri untuk mengembaikan kliau rambut hitam anda, agar menjad lebih menarik.

4. Menyuburkan rambut

Selain dapat membantu menghitamkan dan juga mengkilapkan rambut, minyak urang aring juga sangat baik untuk menyuburkan rambut anda. Bagi anda yang senang berganti – ganti gaya rambut dan ingin cepat merubah gaya rambut anda dengan cara memanjangkannya secara alami, maka ramuan dari minyak urang aring sangatlah tepat untuk anda gunakan secara teratur, karena dapat membantu menyuburkan pertumbuhan rambut anda.

5. Dapat mencegah munculnya uban pada rambut

Manfaat minyak urang aring untuk rambut yang penting lainnya adalah dapat mencegah munculnya uban pada rambut anda. Dengan menggunakan minyak urang aring secara teratur, maka hal ini dapat memperlambat kemunculan uban. Selain itu, minyak urang aring juga baik untuk menutupi uban anda, dengan warna hitam alami.

6. Mendinginkan kepala

Minyak urang aring memiliki efek yang sangat baik untuk mendinginkan kulit kepala anda. dengan kondisi kulit kepala yang dingin, maka kulit kepala anda tidak akan menjadi kering dan membuat rambut anda akan senantia terlihat sehat dan juga berkilau.

7. Menghilangkan ketombe

Manfaat lainnya dari minyak urang aring adalah mampu untuk menghilangkan dan juga mengurangi ketombe pada rambut anda. Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena manfaat dari minyak urang aring dalam mejaga kelembaban kulit kepala, dan juga dapat mendinginkan kulit kepala anda, sehingga dapat mencegah kemunculan ketombe secara alami.

8. Membantu menumbuhkan rambut pada bayi

Minyak urang aring selain bermanfaat bagi orang dewasa, ternyata memiliki manfaat yang baik juga bagi para bayi. Biasanya, beberapa bayi yang sulit mengalami pertumbuhan pada bagian rambut, dapat memanfaatkan manfaat alami dari minyak urang aring. Minyak urang aring dapat membantu menyuburkan dan juga mempercepat pertumbuhan rambut pada bayi, terutama mereka yang cenderung mengalami kesulitan untk menumbuhkan rambut secara normal.

9. Mencegah kerontokan rambut

Anda memiliki masalah dalam hal kerontokan rambut? Kalau begitu, minyak urang aring merupakan salah satu hal yang wajib anda gunakan untuk rambut anda. dengan menggunakan minyak urang aring, maka anda dapat mencegah dan menyembuhkan kecenderungan rambut anda yang serng mengalami kerontokan. Tentu saja, dengan manfaatnya yang dapat mencegah kerontokan pada rambut, hal ini dapat mencegah kondisi kebotakan, terutama pada pria yang sudah berusia 40 an tahun ke atas.

10. Membentuk gaya rambut

Bagi anda para generasi muda dan juga para entertainer yang sering mementingkan penampilan, manfaat minyak urang aring bagi rambut yakni dapat membantu untuk membentuk dan menatanya agar menjadi lebih rapi lagi. Dan yang terpenting minyak urang aring aman, karena tidak akan menyebabkan kulit kepala menjadi panas dan kering. Seperti ketika menggunakan beberapa produk hair styling lainnya, yang malahan dapat menyebabkan kerusakan pada rambut anda.

11. Dapat membantu mengkilapkan batu akik

Agak bergeser sedikit dari manfaatnya terhadap kesehatan rambut. Ternyata, manfaat minyak urang aring untuk batu akik juga dapat digunakan untuk membersihkannya. Saat ini, batu akik sedang menjadi trend masal pada hampir setiap kalangan masyarakat. Untuk merawat batu akik, anda dapat menggunakan minyak urang aring. Caranya adalah dengan merendam batu akik pada minyak urang aring, lalu gosok-gosok batu akik tersebut. Ini akan memberikan kilau bagi batu akik kesayangan anda.

Itulah beberapa manfaat dari minyak urang aring. Semoga artikel mengenai manfaat dari minyak urang aring ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah membaca.

, ,
Post Date: Tuesday 14th, July 2015 / 05:57 Oleh :
Kategori : Tumbuhan