Sponsors Link

12 Manfaat Masker Alpukat untuk Perawatan Wajah dan Rambut

Sponsors Link

Apakah anda masih bimbang menentukan sama atau tidaknya  istilah buah alpukat dan avokad? Sebenarnya alpukat dan avokad adalah dua istilah yang mengacu pada satu nama buah. Mayoritas masyarakat terbiasa menyebut buah ini dengan nama “Alpukat” sedangkan istilah “Avokad”  berasal dari bahasa baku menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

ads

Mengenal Buah Alpukat

manfaat masker alpukatAlpukat itu sendiri  adalah buah yang di perkenalkan oleh  salah seorang pemimpin pasukan Spanyol pada tahun 1519 kepada bangsa eropa yang akhirnya meluas ke seluruh wilayah jajahan di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Buah yang memiliki nama ilmiah Persea americana ini merupakan buah yang mempunyai beragam khasiat dan manfaat. Buah berwarna hijau ini  bisa di jadikan bahan utama dalam produk kecantikan dan kesehatan karena mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Lemak pada Alpukat

Mitos yang beredar mengatakan bahwa orang yang sedang menjalani suatu proses diet tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi alpukat karena lemak yang terkandung pada buah berwarna hijau ini, namun benarkah demikian? Sebenarnya lemak yang terkandung pada alpukat adalah lemak tak jenuh dan tentu saja tidak akan menyebabkan obesitas atau menjadi penyebab gagalnya proses diet itu sendiri.

Bahkan terdapat beberapa khasiat dan manfaat dari lemak tak jenuh (lemak nabati) yang tinggi pada buah alpukat. Selain mengandung zat anti bakteri dan anti jamur, lemak tak jenuh ini juga bisa mencegah manusia terkena penyakit stroke karena lemak ini berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol darah pada tubuh manusia.

Kandungan Zat Gizi Alpukat

KandunganJumlah
Kalori85,00 kal
Protein0,90 g
Lemak6,50 g
Karbohidrat7,70 g
Kalsium (Ca)10,00 mg
Fosfor (P)20,00 mg
Zat Besi (Fe)0,90 mg
Vitamin A180,00 S.I.
Vitamin B10,05 mg
Vitamin C13,00 mg
Air84,30 mg
Serat1,40 g
Bagian dapat dimakan61,00%

Manfaat Penggunaan Alpukat Sebagai Masker

Seperti yang telah diketahui bahwa buah alpukat atau avokad ini marak di jadikan bahan dasar dalam pembuatan krim kecantikan yang bisa meremajakan kulit dan menambah kelembaban serta kehalusan kulit. Apakah anda sudah faham betul apa saja manfaat masker alpukat? Berikut adalah manfaat masker alpukat:

  1. Sangat Baik untuk Menghaluskan Permukaan Kulit

Kulit yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung akan membuat kulit manusia mengelupas dan membuat permukaan kulit menjadi kasar. Penggunaan masker buah alpukat akan membantu mempercepat proses regenerasi yang menanggalkan sel kulit mati sehingga kulit akan terasa lebih halus.

  1. Menjadikan Kulit Wajah Terlihat Lebih Segar

Masker alpukat yang mengandung vitamin A dan E akan membuat kulit yang kusam menjadi lebih segar. Di samping itu flek hitam atau noda pada wajah akan tersamarkan.

  1. Kulit Wajah Nampak Lebih Muda

Manfaat masker alpukat sangat baik untuk menyamarkan kerutan di wajah secara merata. Kerutan di sekitar area mata akan sangat mengganggu penampilan bukan? Karena kandungan vitamin E yang tinggi pada alpukat akan mengencangkan kulit dan menyamarkan kerutan sehingga wajah akan terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

  1. Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam

Berada di bawah terik sinar matahari secara langsung tanpa perlindungan sinar UV  (sunscreen) akan  membuat tona kulit menjadi kusam dan kering. Biotin yang terkandung pada buah alpukat akan menunjang kesehatan kulit. Kekurangan asupan biotin akan menjadikan kulit kering, kasar dan bersisik.

  1. Membut Rambut Berkilau
ads

Daging buah alpukat mengandung antioksidan tinggi serta kandungan senyawa di dalamnya  mampu memperbaiki kerusakan pada batang rambut dan membantu mengembalikan kekuatan rambut sehingga rambut akan nampak lebih berkilau.


Manfaat Masker Alpukat untuk Wajah

Daging buah alpukat atau avokad tentu sangat populer untuk di jadikan masker kecantikan wajah. Bahan dasar yang bersifat alami dan tidak menimbulkan efek samping menjadi daya tarik tersendiri. Terutama bagi yang mengalami wajah yang kusam dan kering. Berbagai variasi bahan yang bisa di campur ke dalam masker alpukat juga akan menambah optimalnya khasiat dan manfaat masker yang di aplikasikan ke wajah.

Berikut bahan yang bisa di jadikan sebagai kombinasi dari masker alpukat:

  • Madu 

Kandungan beberapa senyawa  (vitamin C, katalase, pinocembrin, chrysin) yang berfungsi sebagai antioksidan menjadikan madu bisa di kombinasikan dengan masker alpukat. Campuran madu dan alpukat akan mampu menjaga elastisitas dan kelembaban kulit wajah.

  • Yogurt Tanpa Rasa (Murni) 

Bahan campuran yang satu ini akan membantu kinerja masker alpukat itu sendiri untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah. Yogurt mengandung asam laktat zink yang sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi garis halus pada kulit wajah.

  • Susu Murni 

Untuk dikombinasikan dengan masker alpukat, pilihlah susu murni yang belum ditambah dengan perasa atau pemanis buatan. Mengaplikasikan masker kombinasi ini secara teratur akan membuat kulit terjaga kelembabannya karena kandungan moisturizer yang tinggi pada susu murni. Flek-flek hitam di wajah pun akan hilang sehingga wajah terlehat lebih cerah alami.

  • Tomat 

Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat menjadikan buah berwarna merah ini sangat cocok dikombinasikan dengan alpukat. Tomat mampu menyingkirkan minyak yang berlebih pada wajah. Masker kombinasi ini juga mengandung vitamin A, C, dan E yang mampu membuat kulit rileks (tenang) dan terlihat cerah alami.


Manfaat Masker Alpukat untuk Rambut

Masker alpukat tidak hanya bisa di aplikasikan di kulit wajah saja, akan tetapi bisa juga di jadikan masker rambut untuk mengembalikan kekuatan rambut dan memperbaiki yang terjadi pada batang rambut serta menjaga kelembabab rambut. Perubahan yang terjadi di daerah tropis akan menyebabkan rambut kehilangan kelembutan yang berakhir pada kerontokan.

Agar hasil yang di dapat lebih optimal, maka buatlah kombinasi masker alpukat dengan bahan lain yang cocok untuk keindahan rambut. Dengan begitu, tidak hanya merasakan manfaat masker alpukat saja, namun juga dapat merasakan manfaat lainnya dari campuran masker alpukat untuk rambut tersebut.

Berikut bahan yang bisa di jadikan kombinasi:

  • Minyak Zaitun

Gaya hidup tidak sehat akan memicu kerusakan rambut seperti kerontokan yang akan berujung pada kebotakan. Antioksidan yang terkandung pada minyak zaitun mampu menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Saat penggunaan masker kombinasi alpukat dengan minyak zaitun sebaiknya pijatlah kulit kepala agar melancarkan sirkulasi darah yang nantinya akan membantu pertumbuhan rambut.

  • Madu

Madu adalah bahan kombinasi yang hampir cocok untuk di campurkan ke bahan apapun karena fungsinya sebagai antibiotik alami. Madu akan menjaga kesehatan rambut dengan nutrisi yang ada padanya.

  • Minyak Almond

Hypoallergenic adalah sifat minyak almond yang membuat minyak ini aman di gunakan oleh semua jenis kulit bahkan kulit bayi sekalipun. Minyak almond berwarna kuning pucat karena di eksdtrack dari kacang almond secara langsung. Memijat kulit kepala menggunakan minyak almond akan membuat rambut berkilau. Akar rambut juga akan semakin kuat karena minyak almond mengandung vitamin E dan asam lemak seperti asam oleat, omega 9, dan omega 6.


Tips Memilih Buah Alpukat yang Baik

Buah alpukat adalah buah ynag di petik sebelum matang di pohonnya. Buah ini harus di simpan hingga masak (matang) terlebih dahulu. Agar anda tidak salah pilih, telitilah buah alpukat dari segi warna dan teksturnya. Usahakan jangan pilih buah alpukat yang masih berwarna hijau muda karena kebanyakan buah alpukat yang sudah matang akan berwarna hijau tua.

Selanjutnya raba atau rasakan tekstur buah dengan cara menekan ke semua bagian untuk memastikan tekstur empuk tadi tidak terasa hanya pada bagian tertentu. Karena benturan yang keras bisa saja membuat bagian tertentu pada alpukat terasa empuk padahal kadar kematangan buah masih sangat minim.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 24th, June 2015 / 08:23 Oleh :
Kategori : Buah Buahan