Sponsors Link

17 Manfaat Kembang Kenanga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sponsors Link

Kenanga merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki nama latin cananga odorata. Tanaman yang berasal dari keluarga annonaceae ini dapat tumbuh dengan cepat, dimana ini memiliki tinggi rata-rata mencapai 12 meter.

ads

Adapun ciri-ciri umum dari tanaman ini antara lain adalah :

manfaat kembang kenanga

  • Memiliki batang pohon yang lurus, dengan tekstur katu yang keras
  • Tanaman ini tingginya bisa mencapai 12 meter
  • Dalam proses pertumbuhannya, tanaman ini memerlukan paparan sinar matahari penuh, dan ia lebih menyukai hidup di tanah yang memiliki kandungan zat asam
  • Memiliki daun yang panang dengan tekstrur halus dan berkilau
  • Bunganya berwarna hijau kekuning-kuningan dan berbentuk seperti bintang laut
  • Memiliki aroma harum yang khas karena mengandung cananga oil.

Kandungan pada Kembang Kenanga

Bunga yang biasa kita jumpai di hutan-hutan maupun di pekarangan rumah warga ini memiliki beberapa kandungan senyawa alami seperti asam bensoat, geraniol, farnesol, geraniol, bensin asetat, eugenol,  kadinen, linalool, sadrol, serta pinen. Selain itu, bunga kenanga juga dikenal sebagai penghasil minyak yang cukup tinggi, akan tetapi kandungan minyak tersebut gampang sekali menguap.

Selain memberikan manfaat sakral, kembang kenanga juga memiliki beberapa manfaat lain diantaranya adalah :

1. Sebagai aromaterapi

Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam kembang kenanga dapat dijadikan sebagai bahan alternatif untuk pembuatan parfum aromaterapi. Kandungan minyak tersebut dipercaya mampu membantu dalam pengaturan kelenjar adrenalin, yang terdapat dalam sistem syaraf yang.

Pada akhirnya dapat memberikan efek seperti timbulnya perasaan tenang, senang, serta menghilangkan perasaan panik, gelisah, maupun marah.

2. Membantu mengatasi kulit kering

Ekstrak kembang kenangan yang memiliki warna hijau kekuning-kuningan biasanya digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sabun. Biasanya digunakan untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit kita. Hal ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang memiliki jenis kulit yang kering.

3. Sebagai bahan luluran

Sejak zaman dahulu, manfaat kembang kenanga telah banyak digunakan berbagai kalangan masyarakat, terutama bagi keluarga bangsawan sebagai bahan untuk perawatan tubuh, misalnya saja luluran maupun masker. Yaitu dengan cara memanfaatkan kandungan minyak yang terdapat dalam kembang kenanga untuk membantu mendapatkan kulit maupun wajah yang halus dan lembut.

4. Mencegah bau badan

Bau badan yang tidak sedap dapat diatasi dengan mengkonsumsi ramuan yang berasal dari kembang kenanga sebanyak 15 gram dan gula batu secukupnya dalam 600 cc air bersih hingga air rebusan hanya tersisa separuhya saja. Setelah disaring segeralah untuk mengkonsumsi ramuan tersebut.

5. Membantu penyembuhan penyakit kuning

Menurut seorang pengembang Kesehatan Masyarakat di RS Bethesda, Yogyakarta yang bernana R. Broto Sudibyo menyatakan bahwa, manfaat kembang kenang dapat digunakan untuk membantu mengobati penyakit kuning biasa yang tidak disebabkan oleh hepatitis. Ramuan kembang kenangan tersebut hampir tidak memiliki efek samping apapun.

Caranya adalah dengan cara menyedur +/- 3 kuntum kembang kenanga dengan air panas. Tunggu beberapa waktu hingga air seduhan tersebut menjadi dingin. Selanjutnya penderita penyakit kuning bisa meminum air seduhan tersebut +/- 1/3 gelas sebanyak 3 kali dalam sehari.

6. Untuk mengatasi demam saat nifas

Seorang wanita yang sedang dalam masa nifas kerap kali mengalami gangguan kesehatan seperti timbulnya demam. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan ramuan yang berasal dari kembang kenanga yang ditumbuk halus bersama dengan bahan lainnya seperti kembang turi merah, jahe, kunyit, kencur, serta asam.

Setelah halus tambahkan sedikit garam dan air bersih lalu terapkan ramuan tersebut sebagai tapal di perut atau juga bisa dioleskan sebagai obat gosok pada daerah punggung. Lakukan hal ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

7. Dapat membantu mengobati encok (rematik)

Untuk mengatasi gangguan encok atau yang sering juga disebut sebagai rematik, biasanya menggunakan kembang kenanga yang belum mekar +/- 12 kuntum untuk kemudian ditumbuk halus bersama bahan lainnya seperti daun srikaya +/- 30 gram, daun ketapang +/- 20 gram, jahe +/- 20 gram, merica sebanyak 10 butir, serta kapur sirihuntuk kemudian diterapkan sebagai obat gosok pada bagian tubuh yang terasa sakit. Sebaiknya hal ini dilakukan minimal 2 kali dalam sehari.

Untuk mengatasi rasa tak nyaman setelah digigit serangga, kita bisa menggunakan hasil tumbukan bunga kenanga +/- 2 kuntum, 10 kuntum bunga melati, serta 1 kuntum bunga mawar. Lalu tambahkan sedikit minyak kelapa. Setelah itu terapkan ramuan tersebut pada bagian yang tergigit oleh serangga.

9. Mengobati scabies

ads

Kembang kenanga juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan scabies atau yang biasa dikenal dengan sebutan penyakit kudis. Caranya adalah dengan cara mengoleskan hasil tumbukan +/- 50 gram kembang kenanga yang dipanaskan sebentar dengan minyak goreng pada kulit yang terkena gangguan tersebut.

10. Untuk mengobati sakit kepala

Jika Anda merasa sakit kepala, cobalah untuk merebus kembang kenanga dan jahe yang telah diiris masing-masing +/- 15 gram bersama dengan 400 cc air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa separuhnya. Segeralah untuk meminum ramuan tersebut selagi masih dalam kondisi hangat.

11. Mengobati malaria

Penyakit malaria ternyata juga dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari rebusan bunga kenanga yang telah dikeringkan +/- 3 kuntum dengan air bersih sebanyak 200 cc. Setelah agak dingin saring lalu minum.

12. Untuk mengobati sesak nafas (asma)

Gangguan sesak nafas yang terjadi akibat asma dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari rebusan kembang kenanga sebanyak 15 gram dengan 200 cc air hingga airnya hanya tersisa +/- 100 cc saja. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

13. Mengobati bronkitis

Bronkitis atau peradangan pada saluran pernafasan dapat diatasi dengan menggunakan ramuan yang berasal dari kembang kenanga yang direbus bersama dengan umbi bunga lili yang telah kering dengan beberapa cc air. Rebus hingga kadar air rebusan hanya tinggal separuhnya saja. Konsumsi ramuan tersebut selagi masih hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

14. Mengobati batuk

Batuk rejan atau yang biasa disebut dengan pertusis dapat diatasi dengan mengkonsumsi secara teratur ramuan yang berasal dari rebusan kembang kenanga, umbi dari bunga lili yang telah dikeringkan, serta kulit jeruk mandarin dengan beberapa cc air bersih. Rebus hingga air hanya tinggal separuhnya saja. Konsumsi ramuan tersebut selagi hangat.

15. Untuk mengatasi gangguan keputihan

Keputihan yang sangat mengganggu juga dapat diatasi dengan menggunakan ramuan yang berasal dari air rebusan kembang kenanga yang dicampur dengan kulit buah delima sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

16. Untuk mengobati gangguan saluran kencing

Ramuan yang berasal dari rebusan manfaat kembang kenanga sebanyak 20 gram, daun kumis kucing, sambiloto, serta daun sendok masing-masing sebanyak 30 gram yang direbus dengan 1 liter air bersih hingga airnya hanya tersisa separuhnya. Konsumsi ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.

17. Untuk mengatasi hepatitis

Hepatitis merupakana salah satu penyakit menular yang cukup berbahaya. Selain dengan menggunakan bantuan medis, sangatlah penting untuk melakukan pengobatan alternative guna mengatasi gangguan tersebut. Salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari air rebusan kembang kenanga sebanyak 30 gram dengan 20 gram temulawak dan 15 gram bangle dalam 600 cc air.  Setelah air rebusan tinggal separuh dan masih dalam kondisi hangat, minum segera ramuan tersebut.

Dari penjabaran di atas, kita bisa tahu bahwa selain memiliki bau harum yang khas, kembang kenanga juga memiliki berbagai macam manfaat baik bagi kecantikan maupun kesehatan.

Di Indonesia, bunga kenanga biasanya digunakan dalam berbagai upacara adat seperti sebagai perlengkapan prosesi perkawinan,  maupun bisa juga digunakan sebagai perlengkapan untuk tabur bunga (nyekar) di makam. Bunga ini menjadi salah satu identitas bagi beberapa propinsi di Indonesia seperti Aceh dan juga Sumatera Utara.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 28th, July 2015 / 09:20 Oleh :
Kategori : Tumbuhan