Manfaat

Manfaat Jintan Hitam

Manfaat jintan hitam sejak dahulu diyakini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Habbatussauda atau kita kenal sebagai jintan hitam. Bagi umat muslim, penggunaan jintan hitam ini sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.  Lebih dari 2000 tahun, negara bagian timur tengah menngunakan jintan hitam sebagai media pengobatan. Dalam bidang akademis, jintan hitam sudah diteliti dan membenarkan khasiat jintan hitam yang hebat. Berikut ini merupakan keutamaan manfaat jintan hitam.

Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan

  • Sebagai Anti Alergi

Tahun 1993 Nirmal Chakravaty MD, dalam penelitiannya membuktikan kristal nigellone memberikan efek supressive, kristal inilah yang menghambat sebuah zat yang memmicu pelepasan histamin. Histamin ini yang dilepaskan tubuh yang berakibat pada reaksi alergi, contohnya asma. Senyawa minyak pada jintan vitam bersifat volatil (mudah menguap). Pemberian minyak ini sangat baik untuk penderita asma.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jintan hitam dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel T sebagai pembunuh yang alami. Pernyataan Direktur Institut Imunologi pada Universitas Munich, mengiyakan ekstrak jintan hitam digunakan sebagai bioregulator. Hal ini menunjukkan, jintan hitam dapat melawan penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh seperti timbulnya gejala kanker.

  • Menetralisir racun

Racun yang mengganggu organ vital dalam tubuh seperti hati dan paru-paru dapat mengakibatkan kinerja organ tersebut. Kandungan saponin yang terdapat pada jintan hitam, membersihkan racun dalam tubuh. Gangguan pernapasan maupun gejala diare yang disebabkan oleh racun dapat dikurangi.

  • Anti Bakteri Pada Saluran Pencernaan

Penelitian yang hasilnya dapat dilihat pada jurnal Farmasi Pakistan menunjukkan, strainbakteri V Colera dan E Coli dapat dibunuh dengan minyak volatil pada jintan hitam yang lebih baik dari Ampicillin.

Manfaat Jintan Hitam Seperti Suplemen Herbal

Jintan hitam sudah banyak dalam bentuk-bentuk yang mudah dikonsumsi. Jintan hitam dalam bentuk ini, sudah banyak dikonsumsi seperti suplemen. Berikut manfaat jintan hitam yang akan diperoleh :

  • Manfaat jintan hitam memberikan nutrisi baik bagi tubuh

Asam amino yang dihasilkan oleh tubuh tidak dapat mencukupi kebutuhan yang diperlukan tubuh. Jintan hitam yang mengandung 9 jenis asam amino essensial, tentunya sangat baik untuk dijadikan suplemen.

  • Membantu Meningkatkan Daya Konsentrasi Otak

Asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3) sangat membantu memberikan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak dan juga membantu melancarkan peredaran ke otak.

Begitu beragam manfaat jintan hitam yang dapat kita peroleh dari jintan hitam. Tentunya pengobatan herbal dengan jintan hitam ini sangat baik karena tidak menimbulkan efek samping. Jintan hitam dapat menjadi alternatif suplemen yang baik.


Bermanfaat ? Sebarkan artikel ini

Share

Manfaat Jintan Hitam
Manfaat.Co.ID

Temukan mmanfaat yang anda cari disini dan sebarkan manfaat tersebut pada teman, kerabat, dan sanak saudara anda. MARI MENYEBARKAN PAHALA

Manfaat Lain Yang Harus Anda Ketahui
Manfaat Buah - Manfaat Kesehatan - Manfaat Sirsak - Manfaat Air Putih - Manfaat Lidah Buaya - Manfaat Daun Sirsak - Manfaat Madu - Manfaat Air - Manfaat Buah Naga

Segala bentuk pelanggaran seperti menyebarkan, menterjemahkan, mengcopy, mencetak, dan segala tindakan lainnya tanpa menyebutkan sumber dan link artikel asal yang ada di Manfaat.Co.Id akan ditindak sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan UUITE. Dengan mengakses situs ini berarti anda telah menerima ketentuan layanan
© 2013 Manfaat.Co.Id All Rights Reserved Worldwide. Informasi Manfaat Terlengkap di Indonesia
Muncul di Top Google by Jasa SEO SeoOne.co.id