12 Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Advertisement

Manfaat jintan hitam sejak dahulu diyakini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Nama lainnya dari herbal ini adalah Habbatussauda atau kita kenal sebagai jintan hitam. Bagi umat muslim, penggunaan jintan hitam ini sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.  Lebih dari 2000 tahun, negara bagian timur tengah menggunakan jintan hitam sebagai media pengobatan. Dalam bidang akademis, jintan hitam sudah diteliti dan membenarkan khasiat jintan hitam yang hebat.

Penggunaan Jintan Hitam Bidang Farmasi

Pemanfaatan jintan hitam pada bidang farmasi diyakini hampir digunakan pada 20 jenis pengobatan 1).

  • Analgesik (penghilang rasa sakit)
  • Anti-Bakteri
  • Anti-inflamasi
  • Anti-Maag
  • Anti-kolinergik (mual, muntah, diare)
  • Anti-jamur
  • Ant-hipertensi
  • Antioksidan
  • Antispasmodic (kejang saluran cerna)
  • Antivirus

  • Bronkodilator (kesulitan bernafas)
  • Inhibitor glukoneogenesis (Anti-Diabetic)
  • Hepatoprotektif (Melindungi hati)
  • Hipotensi (darah rendah)
  • Insulin sensitisasi
  • Interferon inducer
  • Leukotrien Antagonis
  • Renoprotektif (Ginjal Melindungi)
  • Tumor Necrosis Factor Alpha Inhibitor

jintan hitam

Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan

1. Ampu Untuk Mengobati Asma

Thymoquinone, salah satu unsur aktif utama dalam Nigella sativa (jintan hitam), lebih unggul dari pada obat fluticasone untuk mengatasi asma studi kasus pada hewan. Studi lain, dengan menggunakan subyek manusia menemukan bahwa ekstrak air jintan hitam yang direbus memiliki efek antiasthmatic yang kuat untuk mendukung membuka saluran asma 2).

Riset lain yang dilakukan telah membuktikan bahwa mengkonsumsi ekstrak jintan hitam dengan mulut meningkatkan batuk, mengi, dan fungsi paru-paru pada penderita asma. Namun, black seed mungkin tidak seefektif obat teofilin atau salbutamol 3).


2. Herbal Anti Alergi

Tahun 1993 Nirmal Chakravaty MD, dalam penelitiannya membuktikan kristal nigellone memberikan efek supressive, kristal inilah yang menghambat sebuah zat yang memmicu pelepasan histamin. Histamin ini yang dilepaskan tubuh yang berakibat pada reaksi alergi, contohnya asma. Senyawa minyak pada jintan vitam bersifat volatil (mudah menguap). Pemberian minyak ini sangat baik untuk penderita asma.


3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jintan hitam dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel T sebagai pembunuh yang alami. Pernyataan Direktur Institut Imunologi pada Universitas Munich, mengiyakan ekstrak jintan hitam digunakan sebagai bioregulator. Hal ini menunjukkan, jintan hitam dapat melawan penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh seperti timbulnya gejala kanker.


4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jintan hitam dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel T sebagai pembunuh yang alami. Pernyataan Direktur Institut Imunologi pada Universitas Munich, mengiyakan ekstrak jintan hitam digunakan sebagai bioregulator. Hal ini menunjukkan, jintan hitam dapat melawan penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh seperti timbulnya gejala kanker.

5. Menetralisir Racun

Racun yang mengganggu organ vital dalam tubuh seperti hati dan paru-paru dapat mengakibatkan kinerja organ tersebut. Kandungan saponin yang terdapat pada jintan hitam, membersihkan racun dalam tubuh. Gangguan pernapasan maupun gejala diare yang disebabkan oleh racun dapat dikurangi.

6. Anti Bakteri Pada Saluran Pencernaan

Penelitian yang hasilnya dapat dilihat pada jurnal Farmasi Pakistan menunjukkan, strainbakteri V Colera dan E Coli dapat dibunuh dengan minyak volatil pada jintan hitam yang lebih baik dari Ampicillin.

7. Meningkatkan Konsentrasi Otak

Asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3) sangat membantu memberikan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak dan juga membantu melancarkan peredaran darah ke otak.

8. Sumber Nutrisi Sehat

Asam amino yang dihasilkan oleh tubuh tidak dapat mencukupi kebutuhan yang diperlukan tubuh. Jintan hitam yang mengandung 9 jenis asam amino essensial, tentunya sangat baik untuk dijadikan suplemen.

9. Mengatasi Penyakit Diabetes

Dua gram jintan hitam sehari dapat mengurangi glukosa yang dihasilkan tubuh, penurunan resistensi insulin, peningkatan fungsi sel-beta, dan mengurangi hemoglobin glikosilasi (HbA1c) pada subyek manusia4).

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi 100-200 mg ekstrak biji jintan hitam selama dua kali sehari selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah pada pasien yang mengidap hipertensi ringan5).

11. Melawan Kanker Usus Besar

Riset telah menemukan bahwa ekstrak jintan hitam jauh lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi chemoagent 5-fluoruracil dalam menekan pertumbuhan kanker usus. Riset dengan subjek hewan, telah menemukan bahwa minyak jintan hitam memiliki efek penghambatan yang sangat signifikan untuk menghambat kanker usus besar. Riset lanjutan telah dilakukan bahwa minyak ini dapat melawan kanker usus besar subjek tikus, tanpa efek samping.6).

12. Herbal Untuk Epilepsi

Biji jintan hitam secara tradisional dikenal memiliki sifat anticonvulsive. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 dengan subjek anak-anak yang mengalami epilepsi, yang kondisinya refrakter terhadap terapi obat konvensional, menghasilkan penemuan yang sangat mengejutkan yakni ekstrak air jintan hitam ternyata dapat mengurangi aktivitas kejang 7).

Efek Samping Jintan Hitam

Jintan hitam mungkin aman dikonsumsi dalam batas kewajaran, namun ia memiliki efek samping yang cukup besar jika dikonsumsi dalam dosis obat. Berikut adalah beberapa efek samping jintan hitam yang harus di pertimbangkan8).

  • Kehamilan dan menyusui, Jintan hitam tampaknya aman di konsumsi dalam jumlah yang wajar. Tetapi jika anda mengkonsumsi untuk dosis obat yang lebih besar KEMUNGKINAN tidak aman. Jintan hitam dapat memperlambat atau menghentikan rahim dari kontraksi. Tidak banyak yang diketahui tentang keamanan menggunakan biji jintan hitam selama menyusui, namun untuk keamanan selama menyusui ada baiknya menghindarinya.
  • Anak-anak: minyak biji jintan hitam mungkin AMAN untuk anak-anak ketika diminum dengan mulut dalam jangka pendek dan dalam jumlah yang direkomentasikan.
  • Gangguan perdarahan, Black Seed bisa memperlambat pembekuan darah dan meningkatkan risiko perdarahan. Secara teori, black seed mungkin membuat gangguan perdarahan parah.
  • Diabetes, biji  jintan hitam dapat menurunkan kadar gula darah pada beberapa orang. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan memonitor gula darah Anda, hati-hati jika Anda memiliki diabetes dan menggunakan black seed.
  • Tekanan darah rendah, Herbal yang dapat menurunkan tekanan darah renda. Secara teori, mengkonsumsinya mungkin dapat membuat tekanan darah menjadi terlalu rendah sehingga harus dimonitor jika anda mengkonsumsinya.
  • Bedah: Black Seed bisa memperlambat pembekuan darah, mengurangi gula darah, dan meningkatkan kantuk pada beberapa orang. Secara teori, black seed dapat meningkatkan risiko untuk perdarahan dan mengganggu kontrol gula darah dan anestesi selama dan setelah prosedur bedah. Berhenti menggunakan biji jintan hitam setidaknya dua minggu sebelum operasi dijadwalkan.
Advertisement
, ,

Referensi   [ + ]

1, 2, 4, 5, 6, 7. Greenmedinfo, Sayer Ji, Black Seed – ‘The Remedy For Everything But Death’, diakses 21 Oktober 2014
3, 8. Webmd, Black Seed, diakses 21 Oktober 2014
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:21 Oleh :
Kategori : Herbal
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links