17 Manfaat Habbatussauda yang Alami dan Sehat

Saat ini diantara banyaknya pilihan pengobatan modern masih banyak juga orang yang memilih pengobatan tradisional yaitu menggunakan bahan-bahan alami yang memang sudah terbukti bermanfaat bagi kesehatan dan salah satunya adalah seperti manfaat habbatussauda atau jintan hitam.

Apa Itu Habbatussauda atau Jintan Hitam?

Habbatussauda atau jintan hitam sebenarnya sudah sangat dikenal di Indonesia sebagai solusi pengobatan alternative karena memang banyak sekali manfaat kesehatannya. Jintan hitam berasal dari tanaman bunga Nigella sativa yang berasal dari daerah Timur Tengah dan India. Di negara asalnya jintan hitam lebih dikenal sebagai salah satu bumbu masakan yang digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami.

Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan

Ibnu Sina, merupakan ilmuan Islam yang sangat terkenal karena lewat penelitian yang dilakukannya berhasil menemukan banyak sekali obat-obatan dari bahan-bahan alami yang beliau tulis dalam jurnal medisnya berjudul Canon of Medicine. Salah satu tanaman yang ditelitinya adalah manfaat habbatussauda atau jintan hitam ini yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia.

  1. Membantu Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa sangat berbahaya dan beraktibat fatal. Konsumsi habatussauda secara teratur dapat membantu mengurangi risikonya. Selain itu berdasarkan penitlian juga ditemukan manfaat jintan hitam untuk asam urat.

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Bagi Anda yang saat ini sedang program untuk mendapatkan keturunan tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi habbatussauda karena penelitian sudah membuktikan bahwa jintan hitam mengandung zat yang dapat meningkatkan kualitas sperma. Tak hanya untuk pria ada juga manfaat jintan hitam untuk kesuburan wanita.

  1. Mengatasi Diabetes Tipe 1

Habbatussauda atau jintan hitam juga terbukti dapat membantu mengatasi dan mengurangi risiko diabetes tipe 1.

  1. Mengandung Zat Anti Kanker

Penelitian menyebutkan bahwa habbatussauda dapat mengrangsang tumbuhnya sel-sel sehat dalam tubuh dan dalam waktu yang bersamaan menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang dapat membunuh sel-sel penyebab kanker.

  1. Mengurangi Gejala Penyakit Asma

Asma merupakan jenis penyakit yang tidak mudah disembuhkan tapi bisa dikendalikan. Penelitian menyebutkan bahwa para penderita asma yang mengkonsumsi habbatussauda lebih mudah mengendalikan gejalan asma mereka dari pada penderita yang mengkonsumsi obat-obatan seperti placebo.

  1. Mengurangi Risiko Obesitas

Manfaat jintan hitam untuk diet tidak serta merta hanya untuk menurunkan berat badan saja karena ternyata mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu mengurangi risiko obesitas secara alami bahkan direkomendasikan bagi mereka yang memang menderita obesitas.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Habbatussauda sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sebagai solusi alami mengobati berbagai macam penyakit kulit terutama ruam bahkan saat ini banyak yang menyebutan bahwa khasiat minyak jintan hitam juga dapat mengatasi masalah jerawat.

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Jintan hitam mengandung anti inflamasi atau anti peradangan sehingga jika dikonsumsi dapat membantu mengurangi risiko penyakti seperti diabetes dan jantung.

  1. Mengatasi Masalah Alergi

Alergi bisa dipicu oleh apa saja dan efeknya bisa bermacam-macam seperti ruam pada kulit dan sesak nafas. Sebagai pertolongan pertama, mengkonsumsi habbatussauda dapat mengurangi efek alerginya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan alami pada habbatussauda sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit-penyakit yang disebabkan olehnya seperti stroke dan serangan jantung.

  1. Mengurangi Serangan Epilepsi

Epilepsy merupakan kondisi medis yang tidak dapat disembuhkan tapi bisa dikendalikan. Penelitian menyebutkan bahwa para penderita epilepsy yang secara teratur mengkonsumsi habbatussauda dapat mengurangi frekuensi secarangan secara signifikan.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berdasarkan beberapa penelitian medis, mengkonsumsi habbatussauda dapat meningkatkan kekebalan tubuh sampai 72% yaitu sangat jauh dari mengkonsumsi obat lain seperti placebo yang hanya meningkatkan kekebalan tubuh sekitar 7%.

  1. Meningkatkan daya Ingat

Habbatussauda mengandung manfaat omega 3 serta omega 6 yang tentunya sangat baik untuk sistem saraf dan mengoptimalkan fungsi otak dan salah satunya adalah membantu meningkatkan daya ingat.

  1. Menetralkan Racun dalam Tubuh

Mengkonsumsi habbatussauda juga dapat berfungsi sebagai detoks alami karena ramuan herbal ini mengandung saponin yang dikenal efektif untuk membersihkan dan menetralkan racun dalam tubuh.

  1. Mengatasi Gejala Gangguan Tidur

Gangguan tidur atau insomnia bisa terjadi pada siapa saja dan faktor penyebabnyapun bisa macam-macam. Namun insomnia bisa berbahaya dalam jangka panjang. Terapi dengan mengkonsumsi habbatussauda yang mengandung saponin sangat direkomendasikan karena sifatnya yang dapat mempengaruhi sistem saraf sehingga tidur menjadi lebih mudah.

  1. Mengoptimalkan Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi habbatussauda secara teratur juga dapat membantu mengoptimalkan sistem pencernaan karena jintan hitam mengandung volatif dan minyak atsiri yang memang baik untuk pencernaan.

  1. Melancarkan Produksi ASI

Seperti halnya manfaat daun katuk, bagi para ibu pejuang ASI sangat direkomendasikan mengkonsumsi habbatussauda jika ingin produksi ASI-nya optimal. Selain itu jintan hitam juga mengandung nutrisi yang memang sangat dibutuhkan oleh para Ibu yang sedang menyusui.

Perlu diingat bahwa walaupun habbatussauda merupakan jenis obat herbal yang relatif aman untuk dikonsumsi tapi tetap saja penggunaan secara berlebihan dan tidak sesuai aturan tidak dianjurkan. Ditambah lagi apabila Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi dan mengambil manfaat habbatussauda.