Manfaat Daun Pegagan

Advertisement

Manfaat daun pegagan telah banyak diketahui sebagai ramuan untuk pengobatan herbal. Khasiat yang dimiliki daun pegagan ini telah dikenal luas sejak jaman dahulu. Daun pegagan banyak dilakukan untuk pengobatan yang berhubungan pada peredaran darah, syaraf dan juga kulit sehingga penggunaannya sangat luas pada dunia pengobatan seperti juga pada manfaat jahe dan manfaat kunyit. Manfaat daun pegagan yang multikhasiat ini akan kami ulas selangkapnya pada artikel ini.

Kandungan Senyawa Kimia Daun Pegagan

Beragamnya kandungan kimia pada daun pegagan menunjukkan bahwa kekayaan manfaat daun pegagan yang melimpah di dalamnya. Berikut ini kandungan senyawanya terdiri dari asiaticoside, isonthankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose,carotenoids, garam-garam mineral (kalium, natrium, magnesium, kalsium,besi,vellarine, zat samak). Senyawa kmia seperti glikosida triterpenoida (asiaticoside) mempunyai khasiat anti lepra.

Saat ini penelitian pada daun pegagan sedang merajuk pada pengaruhnya terhadap kecerdasan otak. Jika terdapat pengaruhnya signifikan yang terdapat pada daun pegagan ini, bukan tidak mungkin ekstrak daun pegagan akan diproses menjadi suplemwn otak seperti pada manfaat temulawak.

Daun Pegagan Yang Bermanfaat Untuk Mengibati Berbagai Macam Penyakit

Penelitian yang banyak dilakukan telah banyak menyebutkan bahwa daun pegagan merupakat tanaman yang berguna sebagai apotik hidup seperti juga manfaat kunyit putih. Beberapa pengobatan dengan menfaat daun pegagan ini adalah sebagai berikut :

  • Mengobati penyakit lepra – Kasus lepra yang terjadi pada kawasan negera India beberapa waktu lalu, diobatai dengan ekstrak daun pegagan ini. Pengenceran otak dengan kandungan asiaticosida pada daun pegagan ini akan melemahkan bakteri penyebabgejala penyakit lepra. Baksil lepra yang biasanya akan susah dimunahkan jika sudah bersembunyi di jaringan tubuh, dapat ditumpaskan dengan obat tradisional dari daun pegagan dengan obat-obatan lain.
  • Mengobati gejala penyakit TBC – Menurut penelitian sebuah fakultas farmasi, daun pegagan bisa dijadikan antibiotik yang melawan bakteri tuberkolosis (TBC). Asiaticosida merupakan senyawa kimia yang aktif melawan perkembangan bakteri dan melumpuhkannya.
  • Mencegah gejala penyakit ginjal – Sifat kandungan daun pegagan yang duretik ini akan meluruhkan air seni pada tubuh seseorang. Sehingga air seni terbuang lancar yang membersihkan ginjal.
Pengobatan dengan manfaat daun pegagan ini biasa dibuat ramuan yang dimasak menjadi rebusan dan diminum airnya.
Advertisement
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:35 Oleh :
Kategori : Tumbuhan