Manfaat Daun Pandan

Manfaat daun pandan kerap kali digunakan dalam berbagai macam sajian resep masakan. Daun yang satu ini memang sangat populer penggunaannya di negeri sendiri. Yang paling sering dalam penggunaannya terhadap daun pandan adalah pada cara membuat kue asli Indonesia. Manfaat daun pandan memang sangat khas jika digunakan diberbagai pembuatan kue, karena mampu menghasilkan pewarnaan alami untuk kue dan juga aroma wangi khas pandan.

Tidak heran jika-jika banyak pot-pot tanaman dihalaman rumah, banyak menanan daun pandan. Karena selain mempercantik halaman, daunnya juga dapat dimanfaatkan. Selain itu manfaat daun pandan mampu membantu manusia dalam berbagai hal, tentu saja jika daun pandan wangi yang ditanam selalu dirawat dengan sebaik mungkin.

Berbagai Manfaat Daun Pandan Bagi Manusia

Jenis tanaman perdu daun pandan, yang mampu membuatnya hidup tanpa membutuhkan pemeliharaan yang sulit. Tanaman daun pandan termasuk kedalam tanaman apotik hidup yang berguna untuk meringankan berbagai penyakit seperti juga pada manfaat kunyit,manfaat temulawak ataupun manfaat daun salam.

Berbagai macam zat terdapat pada daun pandan seperti zat tanin, alkaloid, saponim,tannin, polifenol, flavoida dan zat pewarna. Hal inilah yang membuatnya dapat digunakan untuk berbagai masalah kesehatan. Tidak hanya itu, zat warna alami daun pandan adalah pilihan yang baik untuk makanan daripada penggunaan zat pewarna buatan yang belum tentu keamanannya.

Manfaat daun pandan menangani berbagai masalah kesehatan

Manfaat daun pandan terletak dari kandungan senyawa baik yang dapat digunakan untuk penanganan berbagai penyebab. Berikut ini resep pengobatan dengan manfaat daun pandan sebagai terapi alternatif  :

  • Meringankan gejala penyakit rematik - ambilah daun pandan yaang masih segar dua atau tiga lembar. Kemudian cici dan iris kecil-kecil. Siapkan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan dan sedu daun pandan dengan minyak tersebut. Aduk sampai rata, kemudian setelah dingin dapat digunakan sebagai minyak gosok bagian tubuh yang sakit
  • Sebagai obat penenang – Jika kesulitan tidur, manfaat daun pandan dengan kandungan zat taninnya memberikan efek ketanangan seperti pada manfaat coklat, sehingga dapat membantu anda cepat tidur. Caranya, daun pandan sebanyak dua lembar cuci dan irs kecil-kecil. Seduh dengan segelas air panas. Saring daun pandan setelah air dingi dan minum seduhan sekaligu. Lakukan dengan teratur dua kali sehari.
Jadi tidak heran, kalau daun pandan menjadi tanaman yang paling sering ditemukan. Karena manfaatnya dapat membantu tubuh kita selalu sehat..
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:45 Oleh :
Kategori : Tumbuhan