Manfaat Bawang Merah

Manfaat bawang merah pada umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang merah kerap kali menjadi bumbu wajib pada masakan, karena bawang merah menjadi semacam penguat rasa bagi masakan. Takaran bawang merah pada masakan sangat mempengaruhi citarasa masakan, terutama pada masakan khas Indonesia. Maka dari itu, meskipun bawang merah sempat melejit harganya beberapa waktu lalu, namun tidak mengurangi konsumsinya untuk masakan. Penggunaannya pada masakan sangat erat dengan bawang putih yang sudah kita bahas pada artlkel manfaat bawang putih. Selain manfaat bawang merah sebagai bahan penting dalam memasak, ternyata ada khasiat baik yang tersimpan didalamnya.

Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh

Mengkonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat sedap. Namun bagaimana kalau bawang merah yang masih mentah? sepertinya agak berfikir sejenak untuk memakannya bukan, tapi jangan dulu seperti itu karena manfaat bawang merah yang akan kita peroleh, cukup mengobati ketidakenakan karena memakannya. Berikut diantaranya adalah :

  • Mengatasi masalah pencernaan – bawang merah dapat memberikan solusi masalaa sembelit karena kandungan zat kimianya, yang memerangi racun pada usus, sehinggan menyehatkan sistem pencernaan yang mencegah masalah pencernaan yang lebih berbahaya seperti gejala kanker usus besar
  • Mancegah gejala penyakit jantung – kandunga sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik. Manfaat bawang putih juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.
  • Pencegahan gejala kanker – manfaat bawang merah terdapat kandungan sulfur yang mencegah terbentuknya sel kanker pada bagian-bagian tubuh. Hal ini dapat mencegah terjadinya gejala kanker prostatgejala kanker lambung dan gejala kanker payudara.

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan

Seperti tanaman herbal lainnya pada manfaat kunyitmanfaat temulawak maupun manfaat jahe, manfaat bawang merah juga mampu meringkan beberapa penyakit pada tubuh. Diantaranya adalah :

  1. Mengatasi perut kembung pada anak-anak – Anak-anak dapat dengan mudah terkena masuk angin, yang menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasinya caranya mudah, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikat minyak telon, kemudian balurkan pada bagian pusar si kecil.
  2. Meredakan batuk – Batuk sering terjadi pada cuaca dingin dan menyerang anak-anak. Resep penyembuhannya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut.
Tips yang mudah untuk pegobatan alami dengan bawang merah. Semoga bermanfaat..
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:56 Oleh :
Kategori : Sayuran
Latest From Sayuran