Sponsors Link

7 Manfaat Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Manfaat alkohol dalam kehidupan sehari-hari ternyata cukup banyak, digunakan untuk dunia medis, kecantikan wajah dan kebutuhan lainnya. Hal ini berarti alkohol tidak selalu memberi efek negatif khususnya bagi kesehatan manusia. Alkohol jika diminum terus-menerus memang bisa menyebabkan efek ngantuk, tidak sadarkan diri, dan mabuk karena memiliki sifat racun.

ads

manfaat alkoholTidak heran jika pemerintah pun membentuk peraturan khusus yang mengatur produksi, pendistribusian, dan pengonsumsian alkohol secara luas di masyarakat. Namun, siapa sangka jika alkohol ternyata juga memiliki manfaat terutama bagi kesehatan. Hal ini pun diamini oleh para ahli kesehatan dan dokter yang sudah lebih dulu mengetahui manfaat alkohol. Adapun berikut ini diberikan beberapa manfaat dari alkohol dalam kehidupan sehari-hari khususnya manfaatnya untuk kesehatan manusia:

1. Mengurangi Tekanan Darah

Jika alkohol dikonsumsi dalam dosis yang cukup rendah diketahui sangat efektif membantu mengurangi tekanan darah yang tinggi. Dalam hal ini alkohol akan bekerja membersihkan timbunan lemak pada pembuluh arteri dan sekaligus mengurangi pembekuan darah yang terjadi. Hal ini berarti risiko penyakit jantung dan juga serangan jantung bisa ditekan. Manfaat yang luar biasa pastinya terlebih setelah mengetahui penyakit jantung menjadi salah satu jenis penyakit mematikan yang patut dihindari. Ingat untuk tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan meski ada manfaat untuk tubuh. Jika Anda mengkonsumsi alkohol dalam dosis berlebih efeknya malah bisa mengundang sejumlah dampak negatif dan mengganggu reaksi obat yang dikonsumsi.

2. Meminimalisir Risiko Stroke

Manfaat alkohol selanjutnya yaitu dapat meminimalisir risiko penyakit stroke. Namun, tentu manfaat ini bisa didapat selama pengonsumsian alkohol masih dalam batasan wajar. Adapun jenis stroke iskemik menjadi salah satu jenis stroke yang paling umum menyerang. Jenis stroke yang satu ini diketahui disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju organ otak. Sementara jenis stroke yang lain yaitu stroke hemoragik yang terjadi akibat darah merembes atau bocor dan keluar dari pembuluh darah dalam otak. Tentu selama risiko stroke bisa dicegah dan di minimalisir, upaya yang bisa dilakukan harus dicoba dan salah satunya dengan mengambil alkohol. Sangat menarik bukan mengupas tentang khasiat alkohol dalam kehidupan sehari-hari.

3. Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat alkohol dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya yaitu dapat membantu memperbaiki kualitas tidur malam. Pastinya manfaat ini bisa membantu Anda yang sering mengalami gangguan susah tidur atau insomnia. Hal ini tidak lain karena efek mengantuk yang diberikan alkohol pada tubuh manusia. Untuk mendapatkan manfaat ini bisa dicoba dengan menonsumsi alkohol sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Diketahui dosis yang aman dan dianjurkan untuk membantu memperbaiki kualitas tidur tidak lebih dari satu gelas.

4. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

ads

The School of Public Health di Harvard University menemukan bahwa alkohol dalam jumlah terkontrol dapat meningkatkan kadar HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol ‘baik’ dan tingkat HDL yang lebih tinggi terkait dengan perlindungan yang lebih besar terhadap penyakit jantung. Konsumsi alkohol dalam jumlah sedang juga telah dikaitkan dengan perubahan yang bermanfaat mulai dari sensitivitas insulin yang lebih baik untuk perbaikan dalam faktor-faktor yang mempengaruhi pembekuan darah. Proses ini sangat penting untuk mencegah pembentukan gumpalan darah kecil yang dapat memblokir arteri di jantung, leher, dan otak, penyebab utama banyak serangan jantung dan stroke.

5. Meningkatkan Kehangatan Tubuh

Sudah tentu manfaat ini akan anda peroleh otomatis ketika mengkonsumsi alkohol, tubuh akan terasa hangat. Alkohol telah lama digunakan di berbagai negara eropa dengan intensitas musim dingin yang tinggi untuk menghangatkan badannya.

6. Meningkatkan Libido

Terkait dengan libido, ternyata alkohol dapat mengurangi kemungkinan disfungsi ereksi sebesar 25-30%.

7. Mengurangi batu Ginjal

Studi yang dilakukan oleh  peneliti dari University of East Anglia, menemukan bahwa konsumsi alkohol dalam batas normal dapat menekan terjadinya batu ginjal.

Itulah beberapa manfaat alkohol dalam kehidupan sehari-hari. Tentu manfaat alkohol tersebut bisa diperoleh jika digunakan sesuai dengan batasan dan porsi yang dianjurkan. Adapun jika dikonsumsi secara berlebihan hanya akan menyebabkan sejumlah gangguan dan efek negatif. Salah satunya menyebabkan gangguan dehidrasi.

Seorang pemabuk berat cenderung mengalami dehidrasi karena sering merasa buang air kecil. Hal ini tentu tidak lain disebabkan karena pengonsumsian alkohol yang berlebihan, dimana alkohol memiliki sifat diuretik yang dapat mendorong keluarnya air dari dalam tubuh secara lebih cepat. Jika alkohol diminum terus-menerus dampak diuetik yang dirasakan tubuh bisa semakin berbahaya. Sekian ulasan tentang manfaat alkohol kali ini. Semoga bisa memberi tambahan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi Anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 11th, December 2014 / 15:04 Oleh :
Kategori : Minuman