Sponsors Link

8 Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Tidak banyak yang mengetahui buah yang satu ini. Buah Cermai atau yang memiliki nama latin ‘Phyllanthus Acidos’ adalah buah yang memang tidak tumbuh di sembarang tempaat. Bentuk dari buah ini seperti bunga yang padat berwarna kuning terang kehijauan dan bagian dagingnya berwarna kuning keputihan. Dagingnya berair dan memiliki rasa yang cukup asam dan kecut. Buah Cermai lebih sering dijadikan manisan karena rasanya yang asam. Tentu saja buah ini memiliki manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan kita.

ads

buah cermai

Kandungan Gizi Buah Cermai

Dilihat dari kandungannya, buah Cermai mengandung Vitamin C yang tinggi, kalori, mineral, karbohidrat, serat kasar, kalisum, fosfor, zat besi, thiamin, dan ribloflavin di bagian dagingnya.

Kandungan Daun Cermai

Sedangkan di bagian daunnya mengandung Saponin, Flavanoid, Tanin, dan Polifenol. Kemudian di bagian akarnya mengandung Saponin, Asam Galus, Zat Samak, dan Toksik.

Manfaat Cermai

Berikut manfaat buah cermai yang menguntungkan dari  bagi kesehatan kita:

  1. Mengobati Sembelit

Manfaat buah cermai bagi kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati sembelit. Karena mengandung banyak Vitamin C, buah Cermai memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Sama seperti buah bervitamin C lainnya, buah ini cocok dikonsumsi untuk membersihkan usus.

  1. Mengatasi Asma

Bagi penderita penyakit asma, kabar baik untuk anda. Sebab buah Cermai ternyata dapat mengobati penyakit asma. Caranya dengan merebuh potongan enam biji buah Cermai dengan beberapa gelas air. Tambahkanlah bawang merah, akar kara, lengkeng, dan sedikit gula sesuai selera. Minumlah sampai nafas terasa kembali pulih.

  1. Meringankan Kanker

Yang paling menakjubkan, buah Cermai juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita khususnya bagi penderita Kanker. Pengobatan pada penyakit Kanker memang memakan biaya yang tidak sediki. Tetapi cobalah konsumsi buah Cermai untuk mendapat hasil yang cukup baik. Rebus buah Cermai dengan campuran daun Belimbing, Bidara Upas, Gadung Cing, dan gula. Kemudian minumlah.

Baik Untuk kanker :

  1. Menyehatkan Kulit

Vitamin C yang terkandung pada buah Cermai memberi manfaat untuk kulit kita. Kulit akan cerah, bersih, dan lembut. Vitamin C berperan penting untuk urusan kesehatan kulit. Maka dari itu cobalah konsumsi buah ini dalam bentuk apapun karena Vitamin Cnya tinggi. Apa lagi bagi yang bermasalah dengan jerawat dan kulit kusam.

Baik untuk kulit:

  1. Sebagai Pelangsing

Karena melancarkan pencernaan, buah Cermai menjadi buah yang dapat membantu melangsingkan tubuh. Tahukah anda kalau makanan asam dapat membuat perut menjadi singset? Nah, buah Cermai yang memiliki rasa asam juga dapat membuat perut menjadi lebih singset bila dikonsumsi rutin. Ini karena didukung pencernaan yang tertaur dan nafsu makan sedikit berkurang karena rasa asam di lidah.

Baik untuk pelangsing :

  1. Menambah Kekebalan Tubuh
ads

Buah Cermai mengandung nutrisi yang dapat menambah kekebalan tubuh kita. Nutrisinya cukup sebagai penambah nutrisi rutin. Hal ini juga dikarenakan adanya Flavanoid yang menjadikan antioksidan. Tetapi jangan juga berlebihan mengkonsumsinya.

Penting untuk imun :

  1. Menyehatkan Tulang

Manfaat lainnya adalah buah Cermai dapat menyehatkan tulang. Kalsium dan zat besi yang terkandung pada buah ini dapat membantu menyehatkan tulang agar terus kuat dan tidak keropos. Tulang akan lebih kuat.

Penting untuk tulang :

  1. Baik Untuk Pertubuhan

Buah Cermai menjadi buah yang baik dikonsumsi dan tidak menganggu pertumbuhan. Justru buah ini menjadi buah yang baik untuk membantu pertumbuhan karena kandungan nutrisinya yang banyak.

Untuk mengobati asma maupun kanker, silahkan terlebih dahula bertanya pada dokter. Karena efek yang diterima dapat berbeda – beda tergantung dengan kondisi penyakit dan penderita. Tanyalah apakah kondisi anda memadai untuk diberi asupan alternatif. Buah Cermai yang memiliki bentuk seperti buah Anggur memang memiliki banyak nutrisi, tetapi sarannya jangan juga terlalu banyak memakan buah ini apa lagi bila memakan hasil olahan.

Karbohidrat yang tidak begitu banyak membuat buah ini tidak begitu mengenyangkan untuk dikonsumsi. Sekilas ketika melihat pohon di mana buah Cermai tumbuh, kita akan langsung terbayang bentuk tumbuhnya buah Anggur. Buah Cermai biasanya berdampingin satu sama lain dan tumbuh berjejer rapih. Kematangan buah dapat dilihat dari warna kuningnya yang berbeda – beda. Tetapi tetap saja, mau yang mentah atau juga matang, rasanya akan tetap kecut, Buah ini tumbuh di banyak negara termasuk di Indonesia sehingga kita dapat menikmati manfaat buah cermai secara rutin..

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 13th, February 2015 / 07:37 Oleh :
Kategori : Buah Buahan