25 Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya

Advertisement

manfaat-daun-binahongManfaat Daun binahong akhir-akhir banyak menjadi buah bibir karena kegunaannya yang semakin populer untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Daun binahong seperti terdengar asing di telinga, namun sebenarnya tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman herbal, terlebih lagi pada bagian daunnya. Berbagai penyakit dapat menggunakan daun binahong, untuk pengobatan alternatif. Pengobatan dengan tanaman herbal memang relatif lebih lama sembuh, namun akan lebih murah jika dibandingkan dengan obat dokter.

Kandungan Zat dalam Daun Binahong

Telah banyak penelitian yang dilakukan, namun penelitian baru-baru ini daun binahong mengandung zat antioksidan flavonoid dan senyawa lainnya.

  • Zat antioksidan : Mampu menagkal radikal bebas yang menyebabkan zat karsinogen memicu sel kanker. Mengkonsumsi daun binahong, dapat menurunkan resiko kanker seperti juga pada manfaat daun sirsak atau manfaat kulit manggis.
  • Zat alkoloid : Diantaranya lagi adalah zat alkoloid yang umum digunakan pada penderita diabetes, karena memiliki sifat hipoglikemik yang akan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
  • Saponin : Lain lagi dengan senyawa saponin yang memberikan penurunan terhadap kadar kolesterol yang menyehatkan jantung. Berbagai macam manfaat dan binahong inilah, yang banyak menjadikan daun bunahong untuk alternatif penobatan berbagai penyakit.

Manfaat Daun Binahong Untuk Pengobatan

Umumnya air rebusan daun binahong yang digunakan untuk pengobatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kencing manis : gunakan sebelas lembar daun binahong yang direbus, lalu minum rebusan airnya setiap hari
  2. Sesak nafas : rebus tujuh lembar daun binahong, kemudian minum setiap hari sekali
  3. Menstabilkan tekanan darah (tekanan darah rendah) : rebus delapan lembar daun binahong, air rebusannya diminum setiap hari
  4. Batuk yang menyebabkan muntah darah : rebus sepuluh lembar daun binahong, dan minum rebusannya setiap hari
  5. Penyakit paru-paru : gunakan sepuluh lembar daun binahong dan direbus, dan minum ramuan ini setiap hari
  6. Membantu menyembuhkan diabetes (kencing manis)
  7. Meringankan sesak napas
  8. Membantu memulihkan stamina
  9. Mempercepat penyembuhan luka
  10. Mengatasi pembekuan darah dan peradangan
  11. Memulihkan memar
  12. Mencegah stroke
  13. Mengurangi arthritis
  14. Mencegah asam urat
  15. Ambien (wasir)
  16. Gangguan sakit kepala
  17. Mengobati Gatal-gatal
  18. Menjaga sistem kekebalan tubuh
  19. Pembengkakan usus
  20. Hidung Mimisan
  21. Masalah kesehatan setelah operasi dan melahirkan

Pengobatan alternatif ini, harus dilakukan dengan rutin namun juga harus terus meminum manfaat air putih untuk menyeimbangkan kadar rebusan daun binahong pada tubuh.

Selain diguanakn sebagai media pengobatan, daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan kulit, seperti berikut :

22. Mengobati luka berdarah

Tumbuk daun binahong atau dihaluskan secukupnya. Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan selama luka jika luka masih dalam kondisi basah.

23. Mengobati jerawat

Ambil 5 atau lebih daun binahong dan tumbuk sampai hancur. Langsung oleskan pada jerawat secara teratur. Lebih baik jika Anda diterapkan pada malam hari sebelum tidur. Jika ingin hasil yang maksimal, ambil 5-6 lembar daun binahong air kemudian rebus dengan 2 gelas air, hingga tersisa satu gelas. Tambahkan manfaat madu secukupnya, untuk menambah rasa.

24. Obat Luar

Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terbentur, rematik, pegal linu, sakit otot atau menghaluskan kulit.

25. Menjaga Kesehatan Wajah

Tips ini cukup efektif untuk menghilangkan keriput dan jerawat pada wajah. Cara membuatnya juga cukup mudah, cukup menggunakan daun binahong sebagai masker wajah. Tumbuk 5-6 binahong kemudian oleskan pada wajah yang bersih setiap sebelum tidur.

Manfaat Umbi Binahong

Selain daun, umbi atau tanaman rimpang binahong juga memiliki sifat obat. Caranya, ambil rimpang (umbi) secukupnya, dicuci, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan hasilnya diambil 2-3 kali sehari. Ramuan ini untuk menyembuhkan, bisul, tifus, disentri, menjaga kebugaran fisik (ditambah manfaat kuning telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang.


Ramuan yang mengandung efedrin yang disebut ephedra terkait dengan tekanan darah tinggi, serangan jantung, gangguan otot, kejang, stroke, denyut jantung tidak teratur, kehilangan kesadaran, dan kematian. Setiap herbal atau obat-obatan yang mengandung efedrin harus diambil dengan hati-hati dan di bawah pengawasan seorang profesional medis. Daun binahong juga dapat menyebabkan pusing, gelisah, lekas marah, insomnia, sakit kepala, kurang nafsu makan, mual, muntah, flushing, kesemutan, kesulitan buang air kecil, dan detak jantung berdebar.

Jangan gunakan binahong dengan stimulan lainnya seperti kafein. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, termasuk mengancam jiwa. Sumber kafein termasuk kopi, teh, kacang kola. Bagi ibu hamil dan menyusui daun binahong tidak aman, maka jangan gunakan. Selain itu dapat menyebabkan nyeri dada (angina)lebih buruk karena merangsang hati.  Jangan gunakan jika memiliki masalah angina ini.


Sebagian besar tanaman binahong terdapat pada pada hutan tropis basah, tetapi juga dapat ditemukan di rawa-rawa dan di tepi sungai, pinggir jalan dan singkapan batuan. Tanaman ini juga sering ditemukan menjalar di atas tanaman lain atau melingkar pada batang-batang pohon dengan bantuan akar. Daun terlihat berwarna sedikit kecoklatan dan hampir transparan saat baru tumbuh, tapi kemudian dengan cepat menjadi hijau tua saat mereka tumbuh hingga beberapa lama.

Kadang-kadang beberapa bunga putih muncul pada tanaman yang telah tumbuh dewasa. Tanaman binahong ini adalah salah satu tanaman yang paling mudah untuk tumbuh sebagai tanaman rumah. Hal ini karena tanaman ini sangat kuat dalam berbagai kondisi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:44 Oleh :
Kategori : Tumbuhan