Sponsors Link

12 Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Makhluk Hidup Bumi

Sponsors Link

Manfaat hutan bagi kehidupan bisa kita anggap sebagai “kebutuhan pokok” yang tidak ternilai harganya. Tahukah anda apa fungsi hutan bagi kelangsungan kehidupan umat manusia di dunia ini ? Ini sekilas seperti sebuah pertanyaan yang tak berguna. Tapi jika Anda mau memahami secara lebih mendalam, ternyata adanyan hutan di dunia ini membawa akibat yang tak sedikit bagi kelansungan hidup manusia di dunia ini.

ads

fungsi hutanCoba bayangkan andaikan hutan di dunia ini tak ada, maka dapat dipastikan bahwa dunia ini akan terasa sangat  panas. Persediaan air tawar juga akan cepat habis karena tak  adanya hutan sebagai daerah resapan. Banjir akan datang setiap ada musim hujan, sebab setiap tetes air hujan akan langsung mengalir menuju tempat yang lebih rendah ketinggiannya. Anda juga akan cepat merasa stres karena dunia ini tak ada yang  terisi dengan hijau daun yang dapat membuat tentram hati.

Yang pasti tingkat polusi pasti akan semakin meningkat, karena tak ada paru paru kota,  sehingga segala penyakit  yang bahkan sangat  ringan sekalipun ,yang berhubungan dengan saluran pernafasan , akan menjangkiti hampir semua masyarakat kota. Yang jelas tanpa adanya hutan, maka produksi oksigen akan berkurang banyak, sehingga untuk sekedar mendapatkan udara yang segar dan fresh akan terasa sangat sulit.

Inilah 5 manfaat hutan bagi umat manusia, seperti :

1. Hutan sebagai penyerap dan penyimpan karbon

Pohon dapat menyerap CO2 (Karbondioksida) serta mengubahnya menjadi kayu. Karbon yang terserap ini akan tetap terikat selama ratusan bahkan hingga ribuan tahun. Inilah bagian penting fungsi hutan dari sistem iklim bumi. Secara sederhana dapat diterangkan bahwa pohon yang tumbuh subur  akan menjadi penyerap Karbondioksida dari permukaan atmosfir bumi serta menyimpannya di dalam daun, akar, dan tanah hutan.

2. Hutan menjadi gantungan hidup

Ribuan bahkan jutaan orang di seantero dunia hidup secara aktif di hutan. Hutan menjadi sumber penghidupan mereka yang menjadikan hutan sebagai lahan mata pencaharian mereka. Inilah beberapa contoh penggunaan hutan sebagai sumber mata pencaharian : Kayu kayu diubah dan diolah menjadi aneka model furniture untuk kepuasan manusia. Hutan juga merupakan berbagai sumber kehidupan. Kayu pinus yang diubah menjadi batang korek api. Berbagai flora hidup di hutan sebagai habitat asli mereka, yang sangat berperan dalam ekosistem manusia. Lebih dari 11 juta orang yang dipekerjakan dan bekerja dalam pengelolaan dan konversi hutan di seluruh jagad ini.

3. Memenuhi kebutuhan manusia

Berbagai hasil hutan digunakan sebagai bahan baku aneka produk kebutuhan manusia. Dari yang berhubungan secara langsung dengan kayu ( aneka model mebel , aneka kerajinan rotan dan kerajinan akar kayu, dll  ) hingga semua kebutuhan yang tak langsung berhubungan dengan kayu ( hasil madu lebah hutan, obat obatan yang berasal dari aneka daun daun herbal, makanan,dll )

4. Menjadi habitat alami untuk burung, serangga, hingga mamalia

Hutan secara langsung menjadi  rumah bagi hampir separo  spesies flora di antero dunia . Ditambah dengan aneka macam kekayaan hayati, maka makin lengkaplah fungsi hutan khususnya di daerah tropis sebagai pemilik hayati terkaya di dunia. Berbagai serangga dan cacing memiliki fungsi membantu siklus nutrisi tanah. Namun sungguh disayangkan kepunahan beberapa spesies langka mulai terjadi di berbagai belahan bumi ini. Sebutlah beberapa contoh hewan yang sudah hampir punah seperti gorila, orang utan, panda, harimau benggala, dll.

5. Pencegah Banjir

Hutan yang berada di dataran tinggi akan berfungsi sebagai daerah resapan air yang paling besar sekaligus sebagai pencegah terjadinya tanah longsor . Hutan di atasnya akan berfungsi sebagai penahan tanah agar tak mudah tergerus air. Sedang fungsi hutan di dataran rendah akan berfungsi sebagai penghambat air sehingga dapat mencegah banjir . Dapat mencegah terjadinya kerusakan tanah, bangunan dan properti. Hutan di dataran rendah juga dapat menjadi habitat yang sangat alami untuk aneka satwa liar.

6. Sumber Oksigen

Pohon dan tumbuhan merupakan penghasil oksigen, hutan merupakan sumber paling besar oksigen dan berperan penting menjaga stok oksigen di seluruh bumi.

ads

7. Sumber cadangan air

Hutan melalui berbagai jenis pepohonan merupakan salah satu sumber cadangan yang melakukan peresapan air yang sangat besar. Tidak heran bahwa jika cadangan air sangat besar terdapat di dalam hutan.

8. Mencegah erosi dan tanah longsor

Hutan berfungsi untuk mencegah erosi dan tanah longsor, akar tumbuhan dan pohon yang terdapat dalam hutan merupakan bahan alami untuk mencegah longsor yang akan terjadi di berbagai daerah.

9. Tempat Wisata

Tidak sedikit yang memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata edukasi atau masyarakat yang sangat bernilai tinggi. Hutan dapat dijadikan tempat wisata yang menyenangkan jika dikelola dengan baik.

10. Tempat riset & studi biologi

Di dalam hutan terdapat berbagai jenis satwa yang dapat dijadikan berbagai studi riset dan untuk keperluan studi lainnya. Hutan salah satu sumber studi yang sangat diminati oleh berbagai pakar ekosistem.

11. Mengatur Iklim

Iklim di bumi merupakan salah satunya dipengaruhi oleh fungsi hutan yang baik. Jika ada banyak hutan di suatu negara, dipastikan bahwa udara dalam negara tersebut sangat sejuk dan membawa iklim yang segar.

12. Sarana olahraga

Ada banyak jenis olahraga yang memanfaatkan hutan seperti hiking, berkemah, dan bersepeda. Tidak jarang pula berbagai jenis olahraga tersebut memanfaatkan hutan sebagai acara resmi.

Manfaat hutan memang tiada duanya, tanpa hutan maka kehidupan manusia akan punah dan mengalami kesulitan yang cukup banyak. Menjaga hutan agar tetap lestari adalah berbagai program pemerintah seluruh dunia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 02nd, December 2014 / 08:09 Oleh :
Kategori : Tumbuhan