Sponsors Link

12 Manfaat Absensi Fingerprint

Sponsors Link

Kemajuan teknologi saat ini sudah sangat semakin canggih. Sudah banyak sekali perangkat elektronik yang cukup canggih dan sangat membantu dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya adalah konsep absensi dengan menggunakan sidik jari atau fingerprint.

manfaat absensi fingerprintSaat ini absensi dengan menggunakan fingerprint sudah diterapkan pada hampir semua kantor baik itu kantor yang sudah memiliki nama besar maupun kantor dari perusahaan yang masih berkembang. Selain kantor, biasanya absensi fingerprint ini juga ada pada beberapa universitas dan lokasi-lokasi lain yang membutuhkan sistem absensi atau kehadiran.

Fingerprint sendiri menggunakan sebuat alat, yang dapat mendeteksi susunan kontur sidik jari dari si pemilik tangan. Absensi dengan menggunakan fingerprint ini berangkat dari fakta bahwa sidik jari dari setiap orang adalah identik, atau berbeda-beda dan tidak ada yang sama meskipun mereka kembar. Oleh karena itu tentunya id yang di tetapkan memiliki keunikan sendiri, ada banyak manfaat absensi fingerprint salah satunya dapat memudahkan kita untuk mendata daftar kehadiran.

Apa saja manfaat dari absensi menggunakan sistem fingerprint?

Metode absensi dengan menggunakan fingerprint alias sidik jari memiliki banyak sekali kelebihan, baik di kantor mapun tingkat universitas. Lalu apa saja manfaat absensi fingerprint ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari metode absensi dengan menggunakan fingerprint:

1. Praktis

Manfaat pertama dari metode absensi dengan menggunakan sidik jari atau fingerprint adalah praktis. Itu artinya absensi dengan menggunakan alat pendeteksi sidik jari ini tidak membutuhkan berbagai macam prosedur, seperti mengambil kartu, mengambil daftar nama, dan segala macamnya.

Para pegawai hanya perlu menempelkan jempol atau bagian dari jari pada mesin pendeteksi sidik jari atau fingerprint, dan proses memproses data absensi dalam memverifikasikan kehadiran dalam suatu kegiatan di kantor ataupun kampus anda dapat selesai dengan cepat. Mudah dan sangat praktis bukan?

2. Menghemat waktu

Manfaat berikutnya dari absensi dengan menggunakan metode fingerprint atau menggunakan sidik jari adalah dapat menghemat banyak waktu. Kegiatan menempelkan jari pada mesin fingerprint atau pendeteksi sidik jari tersebut apabila dihitung secara matematis, tidak sampai satu menit. Berbeda dengan metode absensi yang menggunakan kartu absensi, ataupun tandatangan yang membutuhkan waktu cukup lama.

3. Mencegah terjadinya ‘titip absen’

Bagi Anda yang suka melakukan ‘titip absen’ mohon maaf, hal ini tidak berlaku lagi dan tidak dapat terjadi pada mesin absensi yang menggunakan metode pemindahan dari sidik jari. Hal ini terjadi karena mesin pemindah atau scanner sidik jari hanya akan dapat merespon sidik jari yang sesuai dengan apa yang ada di dalam database perusahaan atau database kampus.

Titip absen sendiri sebenarnya sangatlah merugikan baik dari pihak oknum pelaku dan juga bagi pihak kampus ataupun pihak kantor. Sehingga paling tidak, dengan adanya metode absensi dengan menggunakan sidik jari ini, kekurangan tersebut dapat dicegah.

4. Mencatat waktu kedatangan dan kepergian secara akurat

Salah satu dampak positif dari pemanfaatan metode absensi dengan menggunakan pemindaian sidik jari alias fingerprint adalah mampu untuk mencatat secara akurat waktu kedatangan dan kepergian, terutama bagi anda para karyawan yang bekerja dengan sistem shift. Dengan begitu, setiap pegawai yang terlambat datang ke tempat kerja, maka hal ini akan langsung tercatat pada database secara akurat.

5. Dapat segera mencatat bonus bagi seorang karyawan

Hal ini dapat terjadi terutama ketika kantor tempat Anda bekerja menggunakan sitem bonus dan juga uang tambahan per harinya. Dengan menggunakan absensi dari mesin sidik jari atau fingerprint, waktu kedatangan dan kepergian Anda akan dicatat secara akurat, yang juga dapat menentukan, apakah Anda berhak untuk mendapatkan bonus atau tunjangan atau tidak.

6. Menghemat kertas

Manfaat absensi fingerprint lainnya adalah dapat menghemat kertas. Saat ini, penggunaan kertas tengah disorot karena kertas yang dibuat dari kayu membuat banyak sekali isu-isu mengenai penebangan liar.

Dengan mengandalkan absensi yang menggunakan sidik jari, maka suatu perusahaan atau universitas sudah menerapkan konsep go green, dan juga ramah lingkungan, karena tidak perlu menggunakan kertas dalam melakukan proses absensinya.

7. Bentuk alat yang kompak dan tidak membutuhkan banyak ruang

sponsored links

Alat scanner atau pemindai sidik jari alias fingerprint yang biasa digunakan sebagai absensi memiliki bentuk yang kompak dan ukuran yang sangat kecil. Dengan kondisi ukuran dari alat ini, maka alat ini tidak membutuhkan ruang khusus yang besar untuk meletakkanya. Perusahaan dapat meletakkan alat ini pada tembok-tembok, tanpa harus menyediakan ruang khusus, dan juga dapat menghemat ruang.

8. Tidak perlu repot menandatangani kertas

Kerepotan juga dapat terjadi ketika harus melakukan absensi dengan cara lama, yaitu penandatanganan pada lembar kehadiran. Biasanya metode absensi dengan menggunakan tandatangan memiliki kerepotan tersendiri, dan yang paling sering terjadi adalah kesalahan menandatangani kolom nama, yang dapat membuang waktu.

9. Mengurangi kemungkinan manipulasi terhadap data kehadiran

Tidak hanya titip absen yang sering dilakukan karyawan atau mahasiswa yang nakal, namun terkadang operator pada bagian absensi atau kehadiran pun sering memanipulasi kehadiran seseorang. Mereka dapat menghapus dan tidak meng-input nama seseorang untuk maksud tertentu, yang nantinya malah akan merugikan orang lain.

10. Menghindari terjadinya human error

Manfaat lainnya dari metode absensi dengan menggunakan sidik jari atau fingerprint adalah mampu mencegah munculnya human error, terutama dalam proses input kehadiran secara manual ke dalam database. Kesalahan input yang diakibatkan human error dapat terjadi dan merugikan banyak pihak. Dengan menggunakan scanner atau pemindai sidik jari, maka kesalahan input yang terjadi karena human error dapat dicegah.

11. Langsung tercatat dalam database

Proses pencatatan yang terjadi pada satu sistem scanner sidik jari sangatlah cepat. Begitu Anda menempelkan sidik jari pada mesin tersebut, maka data Anda akan langsung masuk dan tercatat di dalam database perusahaan ataupun kampus. Proses ini terjadi kurang dari 1 detik saja.

12. Tidak perlu menggunakan kartu

Bagi para pegawai yang sering lupa dan teledor dalam meletakkan barang, tentu saja absensi dengan menggunakan metode fingerprint ini sangat bermanfaat bagi. Anda tidak perlu lupa dan repot mencari-cari kartu pass, apalagi bagi yang sering kehilangan barang, kehilangan kartu pass pastilah sangat menghambat proses absensi.

Itulah beberapa manfaat absensi fingerprints, semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 10th, June 2015 / 10:09 Oleh :
Kategori : Teknologi