4 Manfaat Usaha Kecil Menengah Bagi Masyarakat

Usaha Kecil dan Menengah atau UKM merupakan suatu usaha yang dibentuk dan diselenggarakan oleh masyarakat, yang bukan berasal dari kalangan atas atau orang kaya. Pada umumnya, terbentuknya usaha ini berasal dari ide satu orang atau beberapa orang dalam suatu organisasi masyarakat. Meskipun usaha kecil dan menengah ini memiliki skala kecil, keberadaan usaha ini di tengah masyarakat memiliki manfaat yang besar baik bagi masyarakat namun juga sebagai salah satu pendorong manfaat pembangunan ekonomi negara.

Perkembangan usaha kecil dan menengah sangat memiliki pengaruh yang besar pada negara, terutama pada negara yang masih berkembang. Dalam suatu negara manfaat usaha kecil dan menengah berperan dalam mengembangkan masyarakat mandiri dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dalam usaha ini masyarakat berperan langsung sebagai penggagas, pelaksana dan pengendali. Di bawah ini adalah beberapa manfaat atau fungsi dari usaha kecil dan menengah bagi suatu negara:

1. Terbukanya lapangan pekerjaan

Salah satu manfaat usaha bagi masyarakat dengan usaha kecil dan menengah ini dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas pada masyarakat. Dengan adanya usaha ini, dapat mengurangi jumlah pengangguran di tengah masyarakat. Apalagi usaha ini tidak memerlukan spesifikasi pendidikan yang tinggi. Sehingga masyarakat dengan pendidikan rendah bahkan tidak mengenyam pendidikan pun dapat melakukan usaha, asal memiliki keterampilan atau sudah terlatih.

2. Dapat meningkatkan angka produk domestik bruto

Produk domestik bruto merupakan sebuah nilai makro ekonomi suatu negara dilihat dari kemampuan negara tersebut dalam melakukan produksi suatu jasa atau barang dalam jangka waktu tertentu. Hal ini akan menunjukkan seberapa besar kemampuan ekonomi pada suatu negara. Usaha kecil dan menengah adalah salah satu penyumbang pajak negara yang cukup besar, karena keberadaannya yang banyak di tengah masyarakat. Sehingga manfaat bisnis sendiri atau mandiri masyarakat ini secara tidak langsung membantuk dalam peningkatan pertumbuhan, pembangunan dan kemajuan negara.

3. Meningkatkan ekonomi negara

Usaha kecil dan menengah di tengah masyarakat keberadaannya semakin marak, karena mudah untuk dimulai dan pelaksanaannya yang fleksibel. Manfaat usaha kecil dan menengah secara langsung adalah mengangkat perekonomian masyarakat menengah ke bawah. Usaha ini memiliki manfaat yang lebih besar yaitu secara tidak langsung dapat mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Dengan adanya usaha kecil dan menengah dapat meningkatkan pendapatan nasional yang diperoleh negara.

4. Solusi usaha untuk masyarakat kecil

Manfaat membuka usaha kecil dan menengah ini adalah sebagai salah satu solusi perekonomian masyarakat menengah ke bawah, yang memiliki latar belakang pendidikan kurang walaupun faktanya ada pelaku usaha ini yang memiliki pendidikan tinggi. Masyarakat dapat memulai usaha ini sesuai dengan kemampuannya tanpa ada persyaratan khusus. Untuk memajukan usaha ini, pemerintah juga telah memberikan fasilitas seperti pelatihan, modal atau dalam pengembangan usaha.

Dari beberapa manfaat usaha kecil dan menengah di atas dapat disimpulkan bahwa keberadaan usaha ini di tengah masyarakat tidak hanya sebatas pengembangan perekonomian masyarakat saja. Namun juga meliputi banyak aspek yang juga bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya dan dalam membantu pertumbuhan pembangunan ekonomi negara. Jadi manfaat jiwa wirausaha di sini sangatlah penting, karena jiwa wirausaha yang dimiliki masyarakat dapat membantu berkembangnya masyarakat mandiri dan secara tidak langsung dapat mengurangi jumlah pengangguran. Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat dari usaha kecil dan menengah, semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Sosial