Manfaat Tes Urin Dalam Membantu Menentukan Kondisi Penyakit Tertentu

Kesehatan merupakan salah satu hal yang berharga bagi manusia karena dengan kondisi tubuh yang terjaga maka akan ada berbagai bentuk aktivitas serta proses yang dapat berlangsung dengan lancar. Kesehatan yang tidak terjaga dengan baik menjadikan seseorang tentu akan mengalami berbagai macam bentuk permasalahan terkait kegiatannya sehari hari. Dalam upaya untuk menjaga kesehatan, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan.

Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang dimaksud yakni dengan melakukan olahraga secara rutin setiap harinya, mengkonsumsi makanan bernutrisi dan menghindari makanan yang berpengaruh buruk, menghindari gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minum minuman alkohol karena dapat mendatangkan pengaruh buruk dan merusak organ serta menjadikan penyakit mudah terjadi di tubuh.

Tubuh selalu memberikan petunjuknya ketika sedang berada dalam kondisi yang kurang sehat melalui tanda tanda salah satunya lewat urin. Beberapa penyakit tertentu membutuhkan tes urin untuk mendapatkan gambaran terkait kondisi yang terjadi di dalam tubuh melalui indikator yang ada dari hasil pemeriksaan urin tersebut. Selain untuk pemeriksaan penyakit, tes urin juga berguna untuk berbagai hal. Berikut manfaat tes urin dan kegunaannya dalam penjelasan di bawah ini.

1. Mendiagnosis penyakit tertentu

Seperti penjelasan sebelumnya, tes urin sering dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya penyakit tertentu yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa penyakit yang dapat didiagnosis melalui pemeriksaan urin tentu yang berhubungan dengan saluran pembuangan maupun yang berkaitan secara tidak langsung dengan ginjal dan alat kelamin. Beberapa penyakit yang dapat dideteksi melalui tes urin diantaranya seperti infeksi saluran kemih dan infeksi pencernaan, gangguan ginjal termasuk juga batu ginjal, proteinuria atau adanya protein dalam urin, keursakan otot, diabetes yang tidak terkendali, serta radang ginjal. Fungsi test urin tersebut bisa juga mendukung manfaat ct scan dalam mendiagnosis kondisi kesehatan.

2. Pemeriksaan kesehatan rutin

Manfaat tes urin selanjutnya adalah membantu dalam memeriksa kesehatan secara rutin sebagai salah satu manfaat kesehatan jasmani. Dengan adanya kesehatan yang terjaga maka kondisi urinpun akan menunjukan tanda tanda yang normal seperti jernih, tidak ada darah, tidak terdapat protein, dan lain sebagainya. Dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan kesehatan melalui tes urin sebagai kondisi pemeriksaan yang lebih mendetail. Selain pemeriksaan urin ada beberapa prosedur laboratorium lain yang juga digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan salah satunya lewat darah.

3. Sebagai sarana tes kehamilan

Kehamilan merupakan salah satu hal yang pastinya diinginkan terjadi oleh setiap wanita. Untuk mengetahui adanya kehamilan tentu dapat diketahui melalui pemeriksaan tanda tanda yang ada serta melalui proses tes secara langsung baik yang mendetail maupun yang sederhana. Tes sederhana untuk mengetahui adanya kehamilan dapat dilakukan menggunakan alat yang disebut test pack. Test pack membutuhkan sample urin sebelum dapat menunjukan adanya kondisi positif terhadap kehamilan.

4. Mengetahui ada tidaknya zat terlarang di dalam tubuh

Manfaat tes urin selanjutnya adalah membantu untuk mengetahui ada tidaknya zat terlarang di dalam tubuh. Pemeriksaan ini biasanya diberlakukan untuk pelajar, penjahat, pengunjung klub malam, pejabat, dan lain sebagainya. Pemeriksaan urin tersebut dapat menunjukan ada tidaknya sisa pemakaian zat zat terlarang seperti  adanya penyalahgunaan obat obatan terlarang diantaranya ganjal, narkoba, opiate atau opium, amphetamine, kokain, metamphetamine, pcp, barbiturate, dan lainnya.


5. Tes doping untuk atlet

Menjadi atlet yang berprestasi merupakan salah satu hal yang menjadi tujuan utama seorang atlet tentunya. Dalam prosesnya untuk menjadai yang berprestasi tersebut, ternyata ada cara curang yang dapat dilakukan yakni melalui aktivitas doping. Untuk menghindari adanya tindakan ilegal tersebut maka diberlakukan pemeriksaan doping melalui tes urin sehingga salah satu manfaat tes urin adalah sebagai alat tes untuk mengetahui ada tidaknya atlit yang bertindak ilegal sebelum perlombaan dimulai. Berbeda dengan pengecekan paru paru, tes urin tidak dapat disamarkan hasilnya menggunakan manfaat kecap untuk tes kesehatan.

6. Mengetahui gejala dan memantau perkembangan penyakit

Selain sebagai salah satu sarana diagnosis terhadap penyakit tertentu, pemeriksaan urin juga dapat dilakukan untuk mengetahui adaya gejala penyakit tertentu seperti darah dalam urin, demam, nyeri, dan lain sebagainya. Selain itu, untuk memantau bagaimana perkembangan penyakit berjalan dan seberapa besar proses penyembuhan terjadi, dokter juga akan meminta untuk dilakukan proses pemeriksaan urin kepada pasiennya. Kondisi tersebut biasanya terjadi pada para penderita penyakit diabetes penyakit hati, kerusakan dan infeksi ginjal, dan lupus.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat tes urin yang dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk kebutuhan mulai dari ada tidaknya penggunaan doping pada atlet olahraga yang berlaga dalam sebuah perlombaan, mendiagnosis penyakit hingga mengetahui kondisi perkembangannya, serta digunakan dalam proses pemeriksaan orang orang yang diduga menggunakan zat terlarang baik ganja maupun jenis narkoba tertentu. Urin yang sehat dan dalam kondisi yang normal akan memiliki bau seperti urin, berwarna jernih, tidak mengandung protein maupun darah, tidak terdapat bakteri, serta memiliki pH yang normal. Tes urin menjadi salah satu tes kesehatan laboratorium seperti halnya dengan manfaat pengecekan golongan darah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Peralatan