10 Manfaat Telur Ikan Lele untuk Kesehatan dan Pertumbuhan Optimal

Pecel lele merupakan salah satu jenis kuliner khas Indonesia karena selain rasanya yang enak harganya pun sangat terjangkau. Walaupun sudah banyak orang yang tahu tentang manfaat ikan lele tapi tidak banyak orang yang tahu tentang manfaat telur ikan lele. Bahkan mungkin kebanyakan dari Anda justru memilih untuk membuang telur ikan lele karena memang tidak tahu tentang manfaatnya.

Manfaat Telur Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang bahkan bisa hidup di tempat kritis atau minim air seperti di rawa, tempat berlumpur atau bahkan kolam yang keruh. Itulah salah satu alasan mengapa ikan lele menjadi makanan favorit di Indonesia karena memang sangat mudah ditemukan. Selain itu lele juga baik untuk kesehatan karena selain kaya akan omega 3 dan folat yang terbukti baik untuk kesehatan jantung dan ibu hamil ternyata telur ikan lele juga menyimpan banyak manfaat yang tidak boleh diabaikan.

  1. Telur Ikan Lele Tinggi Kandungan Protein

Sudah menjadi rahasia umum jika telur ikan sangatlah tinggi kandungan proteinnya, tidak terkecuali telur lele. Protein memiliki peranan sangat penting bagi kesehatan dan protein yang berasal dari ikan memiliki fungsi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan protein yang didapatkan dari tumbuhan. Walaupun banyak suplemen protein yang bisa dikonsumsi tapi mengkonsumsi makanan tinggi protein jauh lebih baik.

  1. Mengandung Lemak Tidak Jenuh

Ada berbagai macam jenis lemak. Kebanyakan orang selalu mengasumsikan bahwa lemak selalu dikaitkan dengan masalah berat badan padahal ada banyak juga fungsi lemak pada sistem metabolisme tubuh manusia seperti sebagai sumber energi. Telur ikan lele mengandung lemak tidak jenuh yang tak hanya baik sebagai sumber energi tapi juga baik untuk kesehatan jantung.

  1. Kaya Vitamin B12 untuk Kesehatan Otak

Salah satu alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan telur ikan lele sebagai salah satu menu andalan keluarga adalah selain tinggi protein, kandungan vitamin B12 yang terdapat pada telur ikan lele juga baik untuk kesehatan otak. Siapa yang tidak ingin anak-anaknya berprestasi di sekolah? Belajar bukan satu-satunya solusi tapi asupan nutrisi yang baik dan seimbang juga penting.

  1. Vitamin D untuk Pertumbuhan Optimal

Selain kaya akan kandungan vitamin B12, telur ikan lele juga kaya akan vitamin D. Jika dikonsumsi oleh anak usia pertumbuhan, vitamin D dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang mereka sehingga anak akan cenderung tumbuh lebih tinggi dibandingkan teman-teman seusianya.

  1. Mencegah Kanker

Sebagai salah satu jenis makanan yang kaya akan antioksidant, telur ikan lele juga baik untuk mencegah kanker. Antioksidan membantu meregenerasi sel mati dengan lebih cepat dan mencegah segala jenis penyakit yang dapat diakibatkan oleh pengaruh buruk radikal bebas yang salah satunya adalah kanker.

  1. Tinggi Kalori

Jika kegemukan menjadi masalah Anda maka sebaiknya menghindari makanan tinggi kalori. Namun bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, mengkonsumsi makanan tinggi kalori sangatlah penting karena akan membantu menunjang aktifitas serta mengoptimalkan pertumbuhannya.

  1. Mengandung Zat Besi

Selain tinggi kalori, telur ikan lele juga mengandung zat besi yang tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi tapi juga mengoptimalkan produksi sel darah marah. Fungsi sel darah merah sendiri sangat penting bagi metabolisme tubuh yaitu mengdistribusikan oksigen beserta nutrisi secara optimal ke seluruh bagian sel tubuh.

  1. Menyehatkan Jantung

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa telur ikan lele mengandung lemak tak jenuh yang sangat sehat bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah untuk menyehatkan jantung. Oleh karena itu pastikan selalu mengkonsumsi telur ikan lele secara teratur.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Telur ikan lele mengandung banyak sekali antioksidan, vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Fungsi utamanya adalah untuk membantu meningkatkan sistem imun sehingga Anda tidak akan mudah sakit dan kalaupun terserang virus atau penyakit proses pemulihannya akan jauh lebih cepat karena Anda sudah memiliki sistem pertahanan tubuh yang sangat baik.

  1. Membantu Regenerasi Sel

Memiliki sistem metabolisme yang sehat sangat berpengaruh dengan proses regenerasi sel pada tubuh. Fungsinya sangat banyak sekali dimana sel-sel yang rusak akan dapat dengan segera digantikan dengan sel yang sehat. Salah satunya adalah pada sel kulit, dengan memiliki sel kulit yang selalu sehat maka secara otomatis Anda juga akan senantiasa selalu terlihat awet muda dan terlihat segar jauh lebih lama.

Telur ikan lele merupakan salah satu jenis makanan yang sangat sehat hanya jika Anda dengan tepat mengolahnya. Terlalu sering mengkonsumsi telur ikan lele juga bisa sangat berbahaya bagi kesehatan karena telur ikan lele cukup tinggi kalori sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas. Selain itu kandungan kolesterol pada telur ikan lele juga bisa memacu naiknya level kolesterol jika dikonsumsi secara berlebih.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan