Manfaat Sabun Pepaya Campur Susu Beruang Untuk Kesehatan

Asing mendengar istilah seperti ini? Sabun pepaya yang dicampur dengan susu beruang (susu bear brand). Meskipun terdengar asing, Anda perlu mencobanya sebab salah satu khasiat manfaat sabun BDL pepaya yang dicampur dengan susu beruang adalah memutihkan kulit. Susu bear brand ini adalah susu steril yang dijual secara kalengan, yang merupakan produk Nestle dan berisikan susu encer yang berasal dari susu sapi.

Manfaat Sabun Pepaya Campur Susu Beruang Untuk Kesehatan

Mencerahkan kulit agar wajah lebih bercahaya

Susu memang terkenal akan manfaatnya dalam dunia kecantikan. Manfaat susu beruang sendiri adalah memutihkan kulit. Susu memiliki berbagai kandungan nutrisi lengkap untuk membuat kesehatan kulit agar tetap lembut dan cerah. Susu dapat meremajakan dan mempercantik kulit karena mengandung asam beta hidroksi yang berfungsi untuk mengganti sel kulit mati. Bahkan, manfaat susu juga seringkali dikaitkan dengan kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, dan tembaga dalam membuat kulit menjadi sehat. Bahkan susu beruang juga mengandung vitamin (A, B, dan D), serta mineral (kalsium, magnesium, dan selenium). Susu beruang yang diaplikasikan secara topikal pada kulit akan membantu mencegah timbulnya jerawat, psoriasis, infeksi kulit yang bersifat patogenik, dan lesi. Hal ini disebabkan susu memiliki kandungan trigliserida dan lemak tertentu. Bahkan, kandungan vitamin D pada susu akan melindungi kulit dari sinar UV, sehingga mencegah kemungkinan terjadinya kanker kulit.

Selain itu, ekstrak pepaya juga kerap kali mengandung zat yang sangat baik dan sesuai untuk kulit, yang dikenal sebagai arbutin dan papain (seringkali dianggap sebagai zat pencerah kulit). Kandungan ekstrak pepaya lain yang penting yaitu karbohidrat, berbagai macam vitamin (vitamin A, B, C, E, dan K), mineral (magnesium, kalium, dan kalsium), berbagai macam senyawa fitokimia. Manfaat vitamin C yang terkandung dalam ekstrak pepaya seringkali sebagai antioksidan yang akan memberikan nutrisi bagi kulit Anda agar dapat terlihat tetap sehat, serta membantu melawan kulit yang telah rusak dan mati. Bahkan, manfaat antioksidan ini dipercaya dapat membantu menebalkan jaringan epidermis di kulit, mempercepat berbagai penyembuhan luka, serta menghambat enzim di kulit yang dapat menyebabkan pigmentasi yang tidak merata.

Bahkan, manfaat vitamin A untuk kulit pada susu beruang dan ekstrak pepaya dapat membantu melawan radikal bebas, mencegah pemecahan kolagen yang akan menjaga integritas kulit.

Selain itu, manfaat sabun pepaya campur susu beruang untuk kesehatan, yaitu:

  • Mencegah hiperpigmentasi atau penggelapan bagian kulit agar tetap dapat cerah dan mencegah penuaan dini atau antiaging karena kandungan alpha hydroxyl acids.
  • Menghidrasi kulit sehingga dapat membantu memberikan nutrisi dan merangsang pembentukan sel baru
  • Mempermudah respirasi sel sehingga wajah terasa lebih segar dan tidak kering lagi, bahkan dapat berseri-seri
  • Melembabkan kulit agar tampak lebih kenyal dan kencang, sehingga kulit lebih halus karena sabun pepaya mengandung kakao
  • Mengencangkan kulit tubuh apabila digunakan secara teratur
  • Menghilangkan bekas noda jerawat, flek hitam, komedo, bekas luka, dan sel kulit yang telah mati
  • Melindungi kulit dari berbagai radikal bebas dan radiasi
  • Membantu pengelupasan sel kulit mati hingga kulit jauh lebih bercahaya dan sehat
  • Menyamarkan kerutan atau teknik mengikis disposisi kulit yang menumpuk pada epidermis sehingga regenerasinya berlangsung optimal
  • Mengurangi kadar minyak pada kulit wajah

Cara Membuat Sabun Pepaya Campur Susu Beruang

Cara membuat sabun pepaya yang dicampur susu beruang sangat mudah, yaitu dengan mengikuti langkah berikut.

  1. Siapkan bahan yang dibutuhkan, yaitu 1 batang sabun pepaya dan 1 kaleng susu cair beruang. Pilihlah sabun pepaya yang aman, dimana merknya sudah terdaftar di BPOM. Selain itu, perlu diperiksa terlebih dahulu expired date karena campuran ini akan disimpan nantinya, maka bahan dengan tanggal kadaluarsa yang lebih lama yang perlu dipersiapkan.
  2. Memotong sabun pepaya terlebih dahulu menjadi beberapa bagian agar halus.
  3. Selanjutnya, potongan sabun dimasukkan dan diletakkan di atas panci di kompor, kemudian susu beruang dituang secukupnya menggunakan sendok.
  4. Kompor dinyalakan dan dipanaskan dengan suhu api yang keci. Potongan sabun pepaya diaduk sambil ditekan dengan menggunakan sendok.
  5. Aduk terus hingga tercampur dengan susu, dan kemudian sabun akan meleleh menjadi cairan dan larut ke dalam susu, sehingga susu tercampur warnanya dengan sabun pepaya (menjadi jingga)
  6. Selanjutnya, dituang ke dalam wadah. Tunggu hingga dingin, baru dapat digunakan
  7. Hasil campuran tersebut dituang ke dalam kotak dengan tujuan untuk disimpan, agar dapat digunakan secara berulang.
  8. Penggunaannya dapat dilakukan selayaknya menggunakan sabun pencuci wajah yang dapat dilakukan sebelum mandi atau sebelum tidur.
  9. Kemudian, digosokkan secara menyeluruh pada wajah hingga berbusa, kemudian dibilas hingga bersih.
  10. Hal ini perlu dilakukan rutin setiap hari, perlahan-lahan akan menimbulkan efek yang terasa bagi kulit wajah.
  11. Selain itu, perlu diingat bahwa sabun ini tidak dapat dimanfaatkan sebagai masker, tidak didiamkan, namun harus segera dibilas.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : kecantikan